Diagnosis Penyakit ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)

Share dan Tag Temanmu di :

Mendiagnosis ITP

ITP atau idiopathic thrombocytopenic purpura merupakan kelainan pada sel pembekuan darah atau trombosit yang jumlahnya menurun, yakni ada di angka 150.000/mm3 dan menimbulkan pendarahan berupa bintik merah sampai ruam kebiruan.


Diagnosis penyakit ITP dilakukan dengan cara memastikan gejala pendarahan maupun jumlah trombosit rendah bukan disebabkan karena penyakit lain. Jika tidak didapati adanya penyebab tertentu, maka bisa disimpulkan pasien mengalami ITP. Berikut kami berikan prosedur yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis ITP.

- Tes darah lengkap. Tes darah tersebut berguna untuk menghitung jumlah sel-sel darah putih, sel-sel darah merah, serta trombosit darah. Penderita ITP mempunyai jumlah sel darah merah serta sel darah putih normal, namun jumlah trombositnya rendah.

- Tes fisik serta riwayat kesehatan lengkap. Tanda-tanda apakah ada pendarahan yang terjadi di bawah kulit akan diperiksa dokter. Tidak hanya itu, dokter pun menanyakan mengenai riwayat penyakit yang pernah diderita serta jenis obat-obatan atau suplemen yang dikonsumsi.

- Pemeriksaan sumsum tulang. Prosedur tersebut dapat membantu mengenali penyebab rendahnya jumlah trombosit dalam tubuh. Trombosit diproduksi dalam sumsum tulang. Prosedur yang umumnya dilakukan adalah berupa biopsi sumsum tulang maupun aspirasi sumsum tulang. Sampel jaringan baik yang padat atau pun cair diambil dari sumsum tulang yang sama.

Lalu bagaimana cara mengobati ITP? ITP pada anak-anak biasanya pulih dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Biasanya ITP akan pulih dalam waktu enam bulan, pada kondisi ITP kronis akan pulih kurang lebih beberapa tahun setelahnya. Pada orang dewasa, ITP ringan tidak membutuhkan penanganan khusus melainkan harus terus diawasi serta melakukan pemeriksaan jumlah trombosit rutin.

Jika gejala yang dirasa cukup mengganggu serta kadar trombosit cukup rendah, maka dokter akan menyarankan pengobatan seperti mengonsumsi obat-obatan tertentu atau bahkan operasi. Tujuan pengobatan ITP adalah untuk memastikan jumlah trombosit aman dan mencegah terjadinya pendarahan. Beberapa obat-obatan yang harus dihindari saat menderita ITP adalah ibuprofen, aspirin, dan obat-obatan pengencer darah.

Obat-obatan di atas harus dihindari karena efeknya bisa melemahkan fungsi trombosit dalam tubuh manusia. Anda juga sebaiknya menghindari aktivitas ataupun olahraga yang dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera yang disertai dengan pendarahan.

Sedangkan obat-obatan yang bisa diberikan untuk pasien ITP adalah kortikosteroid, thrombopoietin receptor agonist, intravenous immune globulin, dan terapi biologis. Contoh obat biologis yang digunakan adalah rituximab yang diberikan ketika kortikosteroid tidak bisa membantu. Obat tersebut berguna mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 01 November 2016 08:31:16

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Asma Penyebab…

Asma merupakan penyakit yang…

Tips
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak…

Ada beberapa cara menghilangkan…

Tips
Begini Cara Membuat Ramuan…

Berikut adalah cara membuat…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Gigi…

Cara ampuh mengatasi gigi…

Ibu Dan Anak
Usia Berapa Bayi Boleh…

Usia Berapa Bayi Boleh…

Penyakit
Jenis Penyakit Paru-paru Serta…

Informasi tentang jenis penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Ketahui Beberapa Gejala yang Menyertai Penyakit Migrain

Migrain biasnaya menyerang pengderita dengan…

Penyakit
Diagnosis Hidradenitis Suppurativa dan Cara Mengatasinya

Hidradenitis Suppurativa merupakan penyakit kulit…

Kirim Pertanyaan
Top