Gejala-Gejala Penyakit Cacar Air yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Cacar air atau yang disebut dengan varisela biasanya diderita anak-anak yang usianya di bawah 10 tahun. Tetapi terkadang penyakit ini juga menyerang orang dewasa. Orang yang pernah mengalami cacar air, selanjutnya tidak akan tertular lagi.


Penyakit cacar air ditandai dengan munculnya ruam-ruam pada kulit yang kemudian berubah menjadi bintil berwarna merah berisi cairan dan terasa sangat gatal. Cacar air selanjutnya akan kering dan menjadi koreng lalu terkelupas. Prosesnya memakan waktu 7 sampai 14 hari. Bagian tubuh yang bisa ditumbuhi cacar air adalah belakang telinga, wajah, kulit kepala, tangan, dan kaki.

Pengobatan penyakit yang disebabkan virus varisela zoster ini tidak memerlukan penanganan khusus. Secara umum, tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi gejala seperti gejala gatal. Obat yang biasa dipakai untuk menangani cacar air adalah parasetamol yang berguna untuk menurunkan demam serta losion atau bedak untuk mengurangi rasa gatal pada kulit.

Namun tidak semua anak yang terkena cacar air bisa sembuh otomatis tanpa penanganan medis. Jika cacar air terjadi pada anak, sebaiknya bawa ke dokter dan waspadai munculnya infeksi pada bintil-bintil kulit atau jika anak mengalami kesulitan bernafas dan sakit dada.

Biasanya orang dewasa yang mengidap cacar air memiliki gejala lebih parah dan memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi. Obat antivirus bisa efektif dalam mengobati cacar air pada orang dewasa jika diberikan di tahap awal. Cacar air pada bayi baru lahir, perempuan hamil, dan orang yang memiliki system kekebalan tubuh lemah juga rentan terkena komplikasi. Sebelum cacar air terjadi, penyakit ini dapat dicegah dengan vaksinasi. Di tanah air, cacar air memang tidak masuk ke dalam daftar imunisasi wajib untuk anak tetapi dianjurkan.

Gejala penyakit cacar air yang paling umum adalah berupa ruam merah yang muncul di seluruhtubuh. Namun ada pula gejala lain yang bisa dialami sebelum ruam muncul diantaranya adalah sakit kepala, demam, rasa mual sampai tidak nafsu makan, kelelahan, dan rasa sakit pada otot. Gejala di atas umumnya terjadi pada penderita dewasa dibandingkan anak-anak. Ruam yang gatal akan muncul setelah gejala di atas terjadi. Namun tidak semua pengidap mengalami gejala yang sama.

Mengenai ruam, biasanya akan melalui tiga tahapan yakni ruam menjadi bentol kecil-kecil yang sangat gatal, kemudian bentol tersebut berisi cairan yang tidak kalah gatal, selanjutnya setelah satu atau dua hari, bintil akan mengering dan menjadi koreng sehingga mengelupas sendiri.

Segera hubungi dokter jika saat mengidap cacar air terdapat gejala yang tidak biasa seperti sakit dada, sulit bernafas, mulut kering, jarang buang air kecil, dan kulit di sekitar bintil terasa perih dan berwarna kemerahan karena infeksi.

By Sri Maryati - Penyakit Selasa, 01 November 2016 13:33:34

Related Post :
Obat Kimia
Asam Salisilat Obat Untuk…

Asam salisilat obat untuk…

Manfaat
Fakta Menarik Seputar Manfaat…

Berikut adalah fakta menarik…

Kesehatan
Waspada! Bahan Kimia Ini…

Beberapa makanan, khususnya makanan…

Manfaat
Manfaat Buah Salak Untuk…

Dampak positif dari mengonsumsi…

Penyakit
Gejala Penyebab Ejakulasi Dini…

Gejala penyebab ejakulasi dini…

Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Minum…

Ketahui bahayanya bagi kesehatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Cara Pencegahan Kanker Paru-Paru Sejak Dini

Cara pencegahan kanker paru-paru sejak…

Penyakit
Mengenal Penyebab Penyakit Batu Empedu Dan Gejalanya

Informasi tentang penyebab batu empedu…

Penyakit
Mengenal Penyakit Radang Amandel Atau Tonsilitis Beserta Gejalanya

Penyakit radang amandel atau tonsiltis…

Kirim Pertanyaan
Top