Manfaat Daun Kaca Piring Sebagai Obat Tradisional

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin anda mengenal tanaman kaca piring. Banyak orang yang menyukai tanaman ini karena memiliki bentuk bunga yang begitu anggun dan juga aromanya yang sangat harum. Sehingga tanaman ini sering kali menjadi tanaman hias di halaman rumah ataupun menjadi pagar hijau pemabatas halaman. Namun apakah anda juga mengetahui, bahwa manfaat daun kaca piring juga tidak kalah istimewa untuk kesehatan? Jika anda belum mengetahinya, berarti anda wajib untuk menyimak ulasan informasi berikut ini.


Kaca piring atau kacapiring memiliki nama latin gardenia augusta yang merupakan tanaman perdu tahunanan yang berasal dari suku kopi-kopian (rubiaceae). Tanaman ini juga sering kali di knal dengan nama binomial gardenia jasminnoides yang berarti 'seperti melati', karena tanaman kacapiring memiliki bunga berwarna putih dan juga sangat harum seperti melati, meski tanama ini pada dasrnya tidak memiliki hubungan dengan marga jasminum (melati). Di daerah bali, tanaman ini di kebal dengan nama jempiring dan bunganya sering kali di jadikan maskot pulau denpasar.

Ciri-ciri tanaman kacapiring ini diantaranya memiliki cabang, ranting maupun daun yang lebat. Batang pohon  tanaman perdu ini mampu mencapai ketinggian berkisar 1-2 meter. Memiliki bunga yang cukup besar berwarna putih indah laksana bunga mawar putih dengan posisi melingkar membentuk kesatuan yang anggun. Daunnya sendiri berbentuk oval, tebal, licin,  dan mengkiklap pada  pada permukaan telapak daun bagian atasnya.

Tanaman kaca piring juga sangat mudah tumbuh di semabarang tempat, baik di daerah dingin maupun di daerah panas. Namun tumbuhan ini lebih cocok tumbuh di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter di atas permukaan laut. Sedang pengembangbiakan tanaman ini dapat di lakukan dengan cara stek, biji, da cangkok batang. Da karena keharuman bunganya yang semerbak, kaca piring memiliki nilai komersil untuk di buat minyak wangi.

Di Indnesia sendiri, tanaman kaca piring memiliki nama berbeda di setiap daerahnya, diantaranya kacapiring (Indonesia,sunda), ceplong piring (Jawa), Jempiring (Aceh, Bali), Meuleu bruek, Raja putih (Aceh).

Kandungan kimia daun kaca piring dan efek farmakologis yang di hasilkannya:

Menurut hasil penelitian dan penapisan fitokimia menunjukkan bahwasannya saun kaca piring menganduga beberapa senyawa yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh di antaranya aalah flavonoid, saponin, tanin galat, dan steroid/ triterpenoid. Sedangkan dalam abu daun terkandung beberapa kandungan lainnya seperti natrium, kalsium, kalium, magnesium, besi, tembaga, dan juga timbal. Selain daunnya buah kaca piring yang pahit juga berhasiat dalam meningkatkan fungsi hati karena bersifat sedative, kolagoga, antiradang, antibiotik, antiperitik, peluruh dahak, dieuritik dan lainnya.

Khasiat dan manfaat daun kaca piring sebagai obat tradisional

Dalam dunia pengobatan herbal, daun kaca piring cukup di perhitungkan dalam pengobatan beberapa penyakit seperti sariawan, diabetes melitus, demam dan sembelit atau susah buang air besar. Adapun cara pengolahannya untuk setiap penyakit adalah sebagai berikut.

Manfaatdaun kaca piring untuk diabetes

Cara memanfaatkan daun kaca piring untuk diabetes cukup sederhana. Sebelumnya anda siapkan terlebih dahulu dayn kaca piring yang telah di bersihkan. Setelah itu rebus daun kaca piring dengan 2 gelas air, dan ankat setelah mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah dingin, anda dapat mengonsumsi air rebusan kaca piring secara sekaligus, dan ulangi secara teratur setiap hari.

Manfaat daun kaca piring untuk sariawan

Untuk mengoati sariawan, anda siapkan terlebih dahulu 9 lembar daun kaca piring, 2 sendok makan madu dan 1 otong gula aren. Sete;lah itu, remas-remas daun kaca pirirng di tambah dengan 1 cangkir air  kemudian di saring. Stelah itu, campur air remasna tadi dengan madu dan juga gula aren aduk sampai merata. Di minum 2 kali sehari secara teratur hingga sariawan anda sembuh.

Manfaat daun kaca piring untuk demam

Siapkan terlebih dahulu 9 lembar daun kaca piring dan 1 gula batu. Kemudian remas-remas daun kaca piring menggunakan 1 gelas air  dan saring. kemudian campurkan  dengan gula batu sambil di aduk hingga merata. Setelah ramuan tercampur rata, anda dapat meminumkannya kepada penderita demam.

Adapun untuk mengatasi susah buang air besar (sembelit), anda memerlukan buah kaca piring sebagai bahan utamanya. Caranya rebus 3 buah aca piring dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minum secara teratur 2 kali sehari. Namun anda jangan memberikannya kepada penderita diare karena dapat memperburuk kondisinya.

Nah, itulah informasi lengkap yang dapat kami suguhkan seputar manfaat daun kaca piring sebagai obat tradisional. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan khususnya dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 01 November 2016 16:18:53

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur…

Bayi prematur merupakan bayi…

Penyakit
Gejala Dan Cara Mencegah…

Informasi lengkap mengenai faktor…

Obat Kimia
Aminofilin Obat Untuk Penyakit…

Aminofilin Obat Untuk Penyakit…

Penyakit
Langkah-Langkah Diagnosis Infeksi Ginjal

Langkah-langkah diagnosis infeksi ginjal…

Tips
Tips Cara Pemakaian Obat…

Tips cara pemakaian obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Daun
Berbagai khasiat Dan manfaat Daun Rambai Bagi Kesehatan

Selain buahnya, nyatanya khasiat dan…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top