Fakta Menarik Tentang Bayi Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Fakta menarik tentang bayi

Bayi merupakan salah satu makhluk yang paling rentan, dan belum bisa melakukan apa-apa kecuali menangis. Seringkali orang tua yang baru memiliki bayi, kebingungan bagaimana cara untuk mengurusnya. Nah, ada beberapa fakta menarik tentang bayi, termasuk bayi baru lahir yang mungkin belum kalian ketahui yang bisa menjadi panduan untuk mengasuh Si Kecil, lho! Berikut penjelasannya :


- Kulitnya sensitif, mudah terbakar
Ada yang tahu tentang kebiasaan orang tua menjemur bayi yang baru lahir dibawah sinar matahari? Ya, kebiasaan tersebut sering dilakukan oleh banyak orang tua. Namun, hal tersebut ternyata bisa membahayakan. Mengapa? Karena kulit bayi masih sangat tipis dan sensitif, sehingga membuatnya mudah terbakar. Jika sudah terbakar, artinya kulit tersebut sudah dirusak oleh radiasi dari sinar ultraviolet, dan bisa menyebabkan kanker kulit.

Karena mudah terbakar, maka disarankan untuk tidak menjemurnya secara langsung lebih dari 10 menit. Jika ingin mengajak Si Kecil beraktivitas di luar ruangan, pastikan kulitnya terlindungi oleh pakaian yang menutupi seluruh kulitnya, dan oleskan juga tabir surya khusus bayi pada kulit yang tidak bisa tertutupi. Perlu diketahui sinar matahari yang paling berbahaya yaitu dari pukul 10 pagi hingga 4 sore.

- Cara bayi berinteraksi sosial
Salah satu cara bayi untuk berinteraksi sosial bisa jadi dengan cara menangis, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang sekelilingnya. Terkadang bayi juga bisa berpura-pura batuk, lalu menunggu reaksi yang keluar dari orang tuanya. Jika orang tua sudah merespon, Si Kecil bisa tertawa, pura-pura batuk kembali, terlihat senang, atau bisa saja pura-pura menangis. Dan kemudian, bisa kembali senang lagi dengan sekejap. Kebiasaan ini biasanya dilakukan ketika bayi berusia sekitar enam bulan.

- Bayi bisa memproteksi dirinya ketika ingin terjatuh
Bayi di bawah usia tiga bulan, ternyata memiliki naluri yang disebut dengan refleks moro. Jadi, ketika Si Kecil terkejut atau merasa akan terjatuh, ia mungkin dapat menggerakkan lengannya ke sisi samping tubuhnya, guna untuk mencegahnya terjatuh.

- Jangan sering memandikannya
Tidak perlu memandikan Si Kecil terlalu sering, apalagi hingga dua kali dalam sehari. Karena kulit bayi baru lahir itu sangat sensitif, jadi jika dimandikan terlalu sering bisa membuat kulitnya kering, dan menimbulkan ruam-ruam. Selain itu, jika Si Kecil sering kali terkena air, bisa membuat tali pusarnya lebih lama terlepas. Jadi, sebelum tali pusarnya tersebut terlepas, orang tua cukup menyekanya saja dengan kain basah.

Tapi jika tali pusarnya sudah terlepas dan pulih, Si Kecil disarankan untuk mandi sekali atau dua kali saja dalam seminggu. Dan apabila Si Kecil sudah menginjak beberapa bulan, Anda bisa memandikannya setiap hari, meski sebenarnya hal tersebut tidak terlalu penting untuk dilakukan, karena tubuh bayi tidak terlalu kotor seperti tubuh orang dewasa. Apabila Si Kecil sudah dimandikan, disarankan untuk mengoleskan pelembab ke seluruh tubuhnya, agar kulitnya tidak kering.

- Waktunya dihabiskan oleh tidur
Bayi yang baru lahir biasanya menghabiskan waktunya untuk tidur. Kebutuhan tidur setiap bayi berbeda-beda, namun rata-rata bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 8 hingga 18 jam sehari. Perlu diketahui, jangan biarkan bayi tertidur selama lebih dari 3 jam dengan kondisi perut yang kososng, terutama saat di jam aktivitas kerja, pagi hingga sore hari. Jika lebih dari itu, bangungkan dan segeralah berikan ASI.

Mengurus seorang bayi, bukanlah pekerjaan yang mudah, namun tidak sesulit yang kamu bayangkan pula. Karena banyak tingkah laku mereka yang lucu, sehingga saat Anda mengasuhnya akan terasa menyenangkan.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Kamis, 03 November 2016 08:02:36

Related Post :
Ibu Dan Anak
Kenali Penyebab Dan Tanda…

Informasi tentang susah buang…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Penyebab dan gejala stroke…

Ibu Hamil
Fakta Hyperemesis Gravidarum yang…

Sama seperti kehamilan sebelumnya,…

Kesehatan
Tutut Si Keong Sawah…

Tutut si keong sawah…

Alami
Obat Herbal Untuk Mengatasi…

Rekomendasi alternatif obat herbal…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Gula darah…

Berbagai gejala gula darah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Tips Cara Mencegah Cacar Air Pada Anak

Cacar air merupakan sebuah penyakit…

Ibu Dan Anak
Berbagai Penyebab Sembelit Pada Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Ini berbagai penyebab sembelit pada…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap Kurus Meski Makan Banyak

Berikut ini berbagai penyebab anak…

Kirim Pertanyaan
Top