Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Bedah Jantung

Share dan Tag Temanmu di :

Perasaan cemas pasti akan dirasakan oleh kebanyakan pasien yang akan melakukan operasi bedah jantung. Sebelum operasi dilaksanakan, pasien diharapkan untuk melakukan berbagai persiapan yang bertujuan untuk mengurangi kecemasan. Merasa rileks membuat Anda ada dalam kondisi optimal sehingga bisa memperlancar prosedur operasi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips mengenai persiapan sebelum bedah jantung yang bisa dilakukan.


Tujuan bedah jantung berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk mengganti katup jantung untuk memperlancar aliran darah melalui jantung, ada juga yang bertujuan untuk memperbaiki bagian jantung yang rusak. Tujuan bedah jantung lainnya adalah untuk meletakkan alat medis tertentu di daerah jantung dalam rangka membantu kinerja jantung agar lebih baik.

Sebelum Anda menjalani operasi bedah jantung, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.

  • Mengikuti saran dokter. Sebelum tindakan dilakukan, dokter bedah akan memberikan petunjuk supaya tindakan tersebut akan berjalan lancar. Baiknya Anda mematuhi petunjuk yang diberikan dokter. Bisa juga dengan mencatat setiap detail petunjuk tersebut.

  • Tanyakan hal yang perlu dilakukan. Tidak hanya mendapatkan intruksi dari dokter, Anda juga direkomendasikan untuk menanyakan apa yang harus dilakukan terkait operasi yang akan dilaksanakan. Misal aturan minum obat sebelum serta setelah operasi, jam makan dan menu yang dapat dikonsumsi, serta tata cara pemulihan setelah operasi.

  • Terbuka mengenai obat-obatan. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, termasuk obat herbal sekalipun sebaiknya beritahu dokter bedah Anda. Begitu juga jika Anda mengonsumsi minuman beralkohol.

  • Ikuti petunjuk dokter menjelang operasi. Biasanya, orang yang akan dioperasi harus berpuasa dan tidur cukup di malam hari. Benda asing pada tubuh seperti kuteks, lensa kontak, sampai gigi palsu sebaiknya dilepas. Sebelum masuk kamar operasi, berbagai bentuk perhiasan juga harus dilepas.

  • Persiapan masa pemulihan. Pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter tentang segala sesuatu selama masa pemulihan seperti jenis makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi. Anda bisa meminta dukungan dari keluarga dalam menjalani tahap pemulihan.

  • Ada orang yang mengantar Anda saat bepergian. Usai bedah jantung dijalani, dokter menyarankan Anda untuk tidak pergi sendirian, apalagi dengan menggunakan kendaraan yang dikemudikan sendiri.

  • Mempersiapkan kesehatan pribadi. Persiapkan kesehatan Anda dengan hal-hal yang tampaknya sepele tapi memiliki efek baik untuk keberlangsungan hidup seperti rutin mencuci tangan baik sebelum atau sesudah menyiapkan makanan, berhenti merokok, menjaga kebersihan gigi dan mulut, dan menghindari stress.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 03 November 2016 10:37:39

Related Post :
Kewanitaan
Tanda dan Gejala Menopause…

Tanda dan gejala menopause…

Obat Kimia
Obat Dexamethasone Dipakai Untuk…

Efek samping dan fungsi…

Penyakit
Cara Mengatasi Bronkitis Yang…

Cara mengatasi bronkitis yang…

Penyakit
Mengenal Infeksi Bakteri Ureaplasma…

Infeksi bakteri Ureaplasma bisa…

Kesehatan
Kebiasaan Sepele Ini Bikin…

Kebiasaan sepele ini bikin…

Penyakit
Diagnosis Penyakit ITP (Idiopathic…

Diagnosis penyakit ITP atau…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag

Nangka merupakan buah yang kaya…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Olahan Makanan dari Ikan Sapu-Sapu

Sebenarnya jika dipelihara dalam kolam…

Kesehatan
3 Makanan Ini Bantu Imbangi Kolesterol saat Idul Adha

Mengonsumsi daging kambing diduga dapat…

Kirim Pertanyaan
Top