Daun Keji Beling Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Daun keji beling adalah salah satu dari deretan tanaman obat herbal yang telah terkenal sejak lama untuk mengobati beberapa penyakit seperti batu ginjal salah satunya. Tumbuhan keji beling sendiri memiliki nama ilmiah Strabilanthes cripus Bl,  yang merupakan jenis tumbuhan familia Acan thaceae. Tumbuhan ini dapat di temukan tumbuh liar di hutan, tepi sungai, tebing-tebing ataupun di jadikan sebagai pagar hidup di pekarangan maupun di taman-taman. Karena pada dasarnya tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian 50-1200 meter di atas permukaan laut.

foto daun keji beling

Adapun ciri-ciri dari tanaman keji beling adalah semak, batang berusa, berbentuk bulat, bercabang, berambut kasar, berwarna hijau dengan mencapai ketinggian 1 hingga 2 meter. Sedangkan bentuk daun keji beling sendiri adalah daun berwarna hijau tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan, bentuknya langset sedikit melonjong, kedua permukaan kasar, tepi bergerigi, ujung dan tepi meruncing pertulangan menyirip dengan panjang 9-18 cm dan lebar 3-8 cm.

Selain itu, tanaman ini memiliki perbungaan yang majemuk, berkumpul dalam bulir yang padat, dengan mahkota bunga berbentuk corong, terbagi lima dan berwarna kuning. Sedangkan buahnya berbentuk gelondong, berisi 2-4 biji (biji bulat, pipih, kecil-kecil dan warnanya coklat).

Di beberapa wilayah Indonesia, keji beling juga sering kali di sebut dengan daun pecah beling, ngokilo dan juga enyoh kelo.

Daun keji beling dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh

Akhir-akhir ini banyak penelitian di lakukan seputar kandungan daun keji beling sebelum memastikan adanya manfaat daun keji beling untuk kesehatan. Dan dari peneliian tersebut di nyatakan bahwasannya tumbuhan ini memiliki kandungan kalsium karbonat yang cukup tinggi di dalamnya. Sedangkan daunnya mengandung berbagai kandungan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan, yang mana di antaranya adalah kalium, kalsium, natrium, ferum dan juga fosfor. Daun ini juga memiliki kandungan kafein yang rendah di dalamnya.


Dan dari beberapa kandungan tersebut terkumpul beberapa manfaat atau khasiat daun keji beling yang sangat baik untuk mengobati beberapa penyakit, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Peluruh batu ginjal

Manfaat daun keji beling untuk batu ginjal bisa anda dapatkan dengan cara mempersiapkan terlebih dahulu 50 g daun keji beling, 7 batang meniran segar, dan 7 lembar daun wungu dan di cui hingga bersih. Kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air sampai menjadi setengahnya. Setelah di saring dan di dinginkan, anda dapat mengonsumsinya 2/3 gelas perharinya.

Selain itu, anda juga dapat meramu ramuan daun keji beling lainnya  dengan bahan dasar 5 lembar daun keji beling, 5 lembar daun tempuyung segar, 6 buah tonggol jagung, kemudian di cuci dan di rebus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin dan di saring, di bagi 3 kali minum, dan habisakan dalam sehari. Lakukan setiap hari sampai rasa sakit dan batu ginjal anda meluruh.

Melancarkan kencing

Bagi anda yang kini tengah mengalami kesulitan atau merasakan sakit saat kencing,anda dapat mengonsumsi ramuan keji beling sebagai solusinya. Manfaatnya bisa di dapatkan dengan cara mengambil daun keji beling segar sebanyak 25 glalu cuci sengan bersih dan rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih ampai tersisa separuhnya. Setelah agak dingin, ramuan dapat di minum. Cukup sehari sekali untuk mengonsumsinya.

Penghancur batu empedu alami

Manfaat daun keji beling lainnya adalah dapat menghancurkan batu empedu secara alami. Anda hanya perlu menyediakan 5 hekai daun keji beiling, serta 7 helai daun wungu. Kedua jenis daun di bilas hingga bersih kemudian di masak dengan menggunakan 3 gelas air mendidih hingga menyisakan 2 gelas saja. Dalam keadaan hangat, anda bisa meminum ramuan ini. Lakukan secara rutin maksimal 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Mengatasi susah BAB

Bagi anda yang kini mengalami konstipasi atau susah BAB, anda juga dapat mengonsumsi ramuan daun keji beling sebagai alternatifnya. Caranya cukup dengan menyediakan segenggam daun keji beling segar yang vbaru di petik dan kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun ini dengan menggunakan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas air. Saring ramuan tersebut dan telah agak hangat anda dapat mengonsumsinya sekaligus 1 gelas.

Meredakan nyeri ambeien

Khasiat daun keji beling lainnya adalah untuk mengatasi wasir atau ambeien. Sebelumnya sediakan daun keji beling segar sebanyak 35 g. Cuci dan masukkan ke dalam panci stainless steel dan tuangkan 6 gelas air ke dalamnya. Rebus hingga medidih dan hanya tersisa hingga 3 gelas. Saring dan minum ramuan tersebut secara berkala.

manfaat dan kegunaan daun keji beling lainnya adalah dapat mengatasi penyakit tumor, diabetes, sakit kuning (liver), maag, kolesterol, dan juga gigitan semut atau serangga. Caranya juga sangat sederhana yaitu dengan mengonsumsinya sebagai lalapan setiap hari. Adapun untuk mengatasi gigitan semut atau serangga, anda dapat dapat menggosok-gosokan daun berkhasiat ini yang sebelumnya di lumatkan terlebih dahulu.

Nah, itulah informasi lengkap yang dapat kami sajikan seputar daun keji beling dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami informasikan dapat bermanfaat dan khususnya menambah wawasan anda seputar obat tradisional.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 03 November 2016 11:38:29

Related Post :
Penyakit
Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang…

Meskipun jarang menunjukkan gejala,…

Alami
Obat Alzheimer Alami Yang…

Obat alzheimer alami bisa…

Manfaat
Ini Manfaat Kacang Kapri…

Ini beragam manfaat yang…

Alami
Resep Ramuan Alami Untuk…

Resep ramuan alami untuk…

Penyakit
Mengenal Penyakit ITP Pada…

Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP)…

Manfaat
Manfaat Buah Sawo Yang…

Banyak manfaat mengonsumsi buah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Tin Atau Ara Bagi Kesehatan

Selain buahnya, khasiat dan manfaat…

Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top