Gejala Infeksi Kandung Kemih Pada Anak Dan Dewasa

Infeksi kandung kemih terjadi karena adanya peradangan pada kandung kemih. Infeksi tersebut biasnaya disebabkan oleh adanya bakteri, dan bisa saja semakin parah jika bakteri tersebut menyebar ke ginjal.


Wanita lebih berpotensi mengalami infeksi kandung kemih dibanding pria. Hal tersebut dikarenakan saluran utera (saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh) pada wanita lebih pendek, dan mulut uretra wanita juga terletak lebih dekat dengan anus. Tidak ada batasan usia wanita yang berpotensi mengalami infeksi ini. Tapi, wanita yang aktif melakukan hubungan seksual, sedang hamil, atau yang melewati menopause berisiko lebih tinggi.

Walaupun resiko terjadinya infeksi kandung kemih lebih besar pada wanita, namun infeksi tersebut bisa berakibat lebih parah pada pria. Pemicu infeksi kandung kemih pada pria biasanya dari infeksi prostat, atau karena adanya pembengkakan pada prostat dan juga adanya penyumbatan sistem kandung kemih akibat tumor. Pria yang sering melakukan seks anal tanpa menggunakan pelindung, memiliki resiko lebih tinggi mengalami infeksi ini.

Ada perbedaan gelaja infeksi  kandung kemih pada orang dewasa dan juga anak-anak. Beberapa gejala infeksi kandung kemih yang biasa dialami orang dewasa adalah:

-Ada rasa nyeri, terbakar, atau seperti menyengat saat buang air kecil
-Frekuensi buang air kecil lebih sering tapi hanya sedikit urin yang keluar
-Tubuh mudah lemah dan demam
-Warna urin lebih pekat, gelap, dan beraroma lebih kuat
-Terdapatnya hematuria atau darah pada urine
-Perut bagian bawah (tepatnya diatas tulang panggul) atau di pungguh bagian bawah terasa nyeri

Sedangkan gejala yang seringkali terjadi pada anak, yaitu sering mengompol tidak disengaja pada siang hari. Gejala lainnya bisa seperti:

-Mudah marah
-Berkurangnya nafsu makan
-Mudah lemas dan lelah
-Kesakitan saat buang air kecil
-Muntah-muntah

Jika saat buang air kecil, urine bercampur dengan darah, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Jika gejala infeksi tersebut kambuh setelah penderita menyelesaikan dosis antibiotik, mungkin penderita membutuhkan obat jenis lainnya.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 04 November 2016 08:10:26

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..

  • bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan cepat?

    0 Balasan

    Kesehatan

    Selain dengan minum obat penurun kolesterol, adakah cara yang ampuh dan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi? supaya kolesterol saya cepat turun karena kolesterol itu seperti lumpur dan takutnya pas sprint…

  • apa makanan untuk meningkatkan libido

    0 Balasan

    Kesehatan

    akhir-akhir ini vitalitas stamina saya berkurang, ada yang menyarankan untuk mengkonsumsi daging kambing, apa benar daging kmbing dapat meningkatkan libido, bukankah akan menyebabkan hipertensi? tolong dijawab..

  • cara mengatasi kaki terkilir tanpa di urut

    0 Balasan

    Kesehatan

    Kemarin kaki saya terkilir saat sedang main sepak bola. Saya tidak langsung mengurutnya dan hanya mengompresnya dengan es batu. Apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati kaki terkilir…

  • sakit kepala seperti ditekan disebabkan oleh apa ?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Selamat pagi, Saya ingin menanyakan apakah penyebab dari sakit kepala yang terasa seperti ditekan ? Sakit kepala ini sering dirasakan, terutama sesaat setelah bangun tidur. Adakah cara yang tepat untuk…


Kesehatan
Efek Negatif Sering Mabuk Karena Minuman Keras

Mengonsumsi minuman keras atau minuman…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung Paling Tepat

Makanan sehat untuk penderita asam…

Kesehatan
Jenis Terapi Kesuburan Yang Tepat Saat Program Hamil

Yuk memgenal jenis terapi kesuburan…

Tambah Pertanyaan
Top