Mewaspadai Gejala dan Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Share dan Tag Temanmu di :

Sakit dada sebelah kiri biasanya menjadi gejala adanya masalah dengan jantung. Lalu bagaimana jika sakit yang dirasa ada di dada sebalah kanan? Sakit dada sebelah kanan biasanya jarang diperhatikan karena orang-orang lebih berkonsentrasi pada jantung yang terdapat di dada sebelah kiri. Padahal, sakit di sebelah kanan dada bisa mengindikasikan penyakit serius yang menimpa tubuh.

    

Berbagai gejala fisik dapat dirasakan ketika seseorang mengalami sakit di bagian dada sebelah kanan, yakni adanya sensasi perih dalam rongga dada maupun di belakang tulang dada, nyeri dada ketika mengubah posisi tubuh, nyeri dada yang terasa sangat menusuk, dada terasa ditekan, sesak, dan diremas, terasa aliran balik dari saluran cerna dalam mulut, serta sakit ketika bernafas terutama ketika dalam posisi berbaring.

Berikut kami berikan beberapa kemungkinan penyebab timbulnya rasa sakit pada sebelah kanan dada:

  • Infeksi virus penyebab batuk dan flu dapat menjadi penyebab timbulnya rasa sakit dada sebelah kanan. Rasa sakit akan terasa menjadi ketika batuk dan bernafas panjang.

  • Stres bisa memperburuk gangguan saluran cerna. Jika saluran cerna terganggu, sakit dada sebelah kanan bisa saja muncul.

  • Olahraga atau beraktivitas yang melibatkan kinerja otot dada secara berlebih dapat menyebablan sakit dada di sebelah kanan. Sakit tersebut umumnya berasal dari nyeri otot lalu memburuk saat otot kanan dada digerakkan.
     
  • Sakit dada di bagian kanan bisa diakibatkan karena infeksi jaringan paru atau pneumonia dan radang selaput paru atau pleuritis. Selain itu, ada pula pneumothorax yakni kondisi paru yang kempis karena trauma dari luar sehingga tekanan udara dalam paru-paru menjadi terganggu.

  • Adanya peradangan pada hati atau yang akrab disebuat hepatitis merupakan salah satu kondisi kesehatan yang membuat dada sebelah kanan menjadi sakit. Hati yang lokasinya berdekatan dengan dinding rongga dada kanan  merupakan penyebab bagian dada terasa sakit ketika hati mengalami masalah yang serius.

  • Cedera pada otot, tulang, dan syaraf juga dapat menjadi penyebab dada sebelah kanan terasa nyeri. Tulang iga kanan yang patah pun demikian, terlebih ketika batuk dan bernafas. Tendon dan otot yang ada diantara tulang rusuk kanan dapat mengalami cedera karena batuk terlalu keras seperti batuk rejan.

  • Masalah pencernaan seperti GERD dapat menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Hal tersebut dikarenakan kerongkongan yang menjadi masalah dalam penyakit GERD berbagi jaringan syaraf yang sama dengan jantung. Radang pankreas pun dapat menyebabkan rasa sakit pada dada sebelah kanan bawah terlebih ketika berbaring.

By Sri Maryati - Penyakit Jum'at, 04 November 2016 13:10:59

Related Post :
Ibu Dan Anak
Cara Tenangkan Bayi Sering…

Tips menenangkan bayi sering…

Tips
Tips Memilih Sabun Untuk…

Tips Memilih Sabun Untuk…

Kesehatan
Ini Bahayanya Jika Malas…

Pembalut adalah produk kewanitaan…

Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa…

Salah membersihkan telinga dengan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Tips
Cara Sederhana untuk Bantu…

ternyata ada cara sederhana…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Mengenal Penyakit Syringoma Atau Tumor Jinak Di Kulit Sekitar Mata

Mengenal penyakit syringoma atau tumor…

Penyakit
Mengetahui Komplikasi Bell’s Palsy

Mengetahui komplikasi bell's palsy penyakit…

Penyakit
Waspadai ! 8 Jenis Kanker Ini Dapat Menyerang Wanita

Selain kanker serviks, ada berbagai…

Kirim Pertanyaan
Top