Ketahui Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih Sejak Dini

Share dan Tag Temanmu di :

ISK atau infeksi saluran kemih adalah penyakit yang disebabkan masuknya dan berkembangnya bakteri yang merugikan didalam saluran kemih. Bakteri yang berada disaluran kemih akan menimbulkan peradangan, mengeluarkan toksin atau racun yang mengiritasi saluran kemih dan nantinya memberikan khas ciri-ciri infeksi saluran kemih. Menurut definisi, infeksi saluran kemih berarti infeksi yang dapat terjadi disepanjang jalur saluran kemih yang dimulai dari ginjal hingga kesaluran kemih bagian bawah (uretra).


Berikut ini beberapa ciri-ciri infeksi saluran kemih yang sering terjadi antara lain:

1. Sakit saat berkemih

Ciri yang paling utama adalah perasaan sakit terasa panas atau rasa terbakar saat anda berkemih atau kencing. Ciri-ciri infeksi saluran kemih ini paling utama didapatkan pada infeksi yang melibatkan kandung kemih dan saluran kemih bagian bawah.

2. Rasa ingin berkemih

Penderita merasa ingin berkemih atau kencing meski beberapa menit atau 1/2 jam sebelumnya baru saja kencing atau rasa keinginan untuk kencing yang terus menerus. Kadang seringkali si penderita merasa keinginan berkemih yang tidak tertahankan seperti pada keadaan normal. Sering terjadi pada infeksi yang melibatkan salura kencing bagian bawah dan kandung kemih  .

3. Penderita akan sering terbangun pada malam hari karena perasaan ingin berkemih yang sangat kuat. Ini merupakan bagian dari gejala perasaan ingin berkemih yang sering dan tidak dapat ditahan.

4. Sakit pada perut bagian bawah

Infeksi saluran kemih berupa nyeri pada daerah kandung kemih atau pada perut bagian bawah. Seperti rasa tidak nyaman atau perasaan aneh diperut bagian bawah. Gejala yang sangat nyeri pada daerah kandung kemih kemungkinan adanya batu kandung kemih yang harus anda waspadai.

5. Kencing berwarna kemerahan

Saat air kencing berwarna kemerahan bahkan menyerupai warna darah ini merupakan gejala infeksi yang terjadi pada saluran kemih dan kandung kemih atau bisa terjadi karena adanya penyakit ginjal lain seperti batu dan glomerulonephritis.

6. Demam

Pada penyakit infeksi saluran kemih, demam biasanya menandakan adanya proses infeksi yang lebih serius. Pada umumnya demam terjadi pada keadaan infeksi ginjal dan saluran kemih bagian atas dan penyakit tersebut merupakan keadaan yang lebih serius dibandingkan infeksi kandung kemih dan saluran kemih bagian bawah.

7. Nyeri pada pinggang bagian belakang kiri atau kanan

Apabila anda mengalami nyeri pinggang mendadak yang terjadi terus menerus disertai dengan adanya demam tinggi itu menandakan adanya proses infeksi saluran kemih yang telah melibatkan organ ginjal dan saluran kemih bagian atas. Selain nyeri pinggang, infeksi pada ginjal dan saluran kemih bagian atas juga dapat menimbulkan nyeri pada samping punggung dan selangkangan.

Selain ciri-ciri infeksi saluran kemih diatas, sebaiknya anda mengetahui faktor apa saja yang membuat penyakit ini sering terjadi terutama pada wanita yang sudah menikah. Sehingga infeksi saluran kemih ini sering disebut sebagai 'honeymonn cystitis' karena sering terjadi pada wanita yang baru menikah. Selain itu, infeksi saluran kemih pun sering menjangkit ibu hamil juga banyak menyerang pria berusia diatas 50 tahun yang mengalami pembesaran prostat.

Mengetahui ciri-ciri infeksi saluran kemih sejak dini dapat membantu dokter dan diri anda untuk mendiagnosis dan mengobati serta menyembuhkan penyakit ini.

By Ana Rediana - Penyakit Sabtu, 05 November 2016 08:08:40

Related Post :
Kesehatan
Resep Ramuan Air Jahe…

Selain memperbanyak minum air…

Penyakit
Mengenal Penyakit Croup Infeksi…

Mengenal penyakit croup infeksi…

Tips
Cara Agar Minus Pada…

Berbagai tips dan cara…

Kesehatan
Jenis Olahraga Untuk Mencegah…

Jenis olahraga untuk mencegah…

Kulit
Tips Sehat Mencegah Penuaan…

Berikut adalah tips dan…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Bahaya Kesemutan (Kebas) Pada Kaki Tangan dan Kepala

Kesemutan (kebas) adalah kondisi yang…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Pilek

Pilek ialah infeksi ringan yang…

Penyakit
Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Ciri-ciri kanker payudara pada wanita…

Kirim Pertanyaan
Top