Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Kulit Wajah

Share dan Tag Temanmu di :

Faktor-faktor pemicu jerawat.

Jerawat adalah salah permasalahan kulit wajah yang pernah di alami oleh banyak orang. Tentunya kondisi ini sering kali membuat risih dan mengurangi kepercayaan diri penderitanya. Namun tahukah anda? Selain kurang menjaga kebersihan kulit, ternyata ada faktor lain penyebab timbulnya jerawat. Beberapa faktor tersebut dapat berupa kebiasaan buruk penyebab munculnya jerawat atau pun yang lainnya. Dan berikut informasi selengkapnya.


1. Perubahan hormon

Salah satu penyebab timbulnya jerawat pada orang-orang dewasa disebabkan karena perubahan kadar hormon. Delapan dari sepuluh kasus jerawat pada orang dewasa, terutama wanita, adalah karena wanita lebih sering mengalami perubahan hormon pada masa-masa tertentu, misalnya saat menjelang menstruasi. Sedangkan pada wanita hamil, biasanya jerawat timbul disaat usia kandung tiga bulan pertama. Hal tersebut biasa disebut sindrom ovarium polikistik, karena selain munculnya jerawat, biasanya kenaikan berat badan serta munculnya kista kecil dalam ovarium pun bisa saja terjadi.

2. Masa pubertas

Masa pubertas biasanya dialami oleh remaja. Biasanya pada masa ini, produksi sebum oleh kelenjar minyak akan meningkat diiringi dengan tingginya produksi hormon testosteron. Terkadang, produksi sebum tersebut bisa saja melebihi kuantitas yang dibutuhkan oleh kulit.

3. Efek samping penggunaan kosmetik

Untuk kondisi kulit yang sensitif, harus berhati-hati dalam pemilihan produk kosmetik. Karena efek samping yang diberikan bisa saja menimbulkan jerawat.

4. Iritasi akibat benda yang dikenakan

Jerawat bisa juga disebabkan karena adanya gesekan atau tekanan dari benda yang kita gunakan terhadap kulit secara terus menerus. Misalnya bintik yang muncul pada kening akibat dari penggunaan ikat kepala, atau bintik di punggung akibat penggunaan ransel yang sering digunakan.

5. Keturunan

Jika orang tua memiliki masalah dengan jerawat, biasanya hal tersebut menurun kepada anaknya. Bahkan tingkat keparahannya bisa lebih tinggi, terutama sebalum memasuki usia dewasa.

6. Efek samping obat-obatan

Efek penggunaan obat-obatan seperti steroid, lihium, antiepilepsi, vitamin B6, B2 dan B12 secara terus menerus biasanya berefek menimbulkan jerawat.

7. Stress

8. Kecanduan merokok

Masih banyak orang yang tidak memahami masalah jerawat, padahal hampir sebagian besar orang mengalami masalah tersebut. Pemahaman yang kurang lengkap, seringkali menimbulkan sejumlah anggapan yang tidak masuk akal mengenai jerawat, misalnya:

- Jerawat bisa ditularkan dari orang lain.

- Meremas komedo dianggap menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat, padahal justru akan membuat gejalanya semakin parah, bahkan dapat meninggalkan bekas luka.

- Melakukan hubungan seksual bisa berdampak kepada kemunculan jerawat.

- Jerawat timbul disebabkan oleh pola makan yang tidak baik.

- Kebersihan atau kulit yang kotor bisa menyebabkan jerawat.

- Berjemur secara alami dan buatan, bisa menyembuhkan jerawat.

Semua anggapan tersebut tidak benar, karena jerawat muncul akibat reaksi biologis yang terjadi dibalik permukaan kulit. Perlu diketahui, jika kulit kita sedang berjerawat, mencuci muka lebih dari dua kali sehari, justru akan menimbulkan efek yang tidak baik pada kulit.

Sedangkan berjemur dibawah sinar matahari belum terbukti secara pasti dapat mengatasi jerawat. Banyak obat jerawat yang justru membuat kulit wajah lebih sensitif saat terkena sinar matahari, akibatnya membuat kulit menjadi rusak, bahkan berisiko kanker kulit.

Dibeberapa situs mengatakan, bahwa pasta gigi bisa mengeringkan jerawat. Pasta gigi memang mengandung zat antibakteri, namun terdapat juga kandungan yang bisa membuat iritasi dan merusak kulit. Oleh sebab itu, penggunaan pasta gigi tidak disarankan untuk mengeringkan jerawat. Untuk mengetahui pengobatan yang lebih aman, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

By Nida Saripah - Kulit Sabtu, 05 November 2016 08:19:14

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Anjuran Dan Pantangan Makanan…

Anjuran dan pantangan makanan…

Daun
Luar Biasa! Ini Khasiat…

Luar biasa! Berikut adalah…

Manfaat
Kegunaan Daun Kumis Kucing…

Kegunaan daun kumis kucing…

Penyakit
Ketahui 4 Bahaya Keloid…

Ketahui 4 bahaya keloid…

Penyakit
Waspadai Bahaya Dan Komplikasi…

Berikut adalah berbagai bahaya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Mengenal Manfaat Dan Fungsi Tabir Surya Untuk Kulit

Mengenal manfaat dan fungsi tabir…

Kulit
Begini Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Pada Bayi Yang Tepat

Begini cara mengatasi kulit mengelupas…

Kulit
Mengetahui Kebaikan Habbatussauda untuk Kecantikan Kulit

Selain baik bagi kesehatan, ternyata…

Kirim Pertanyaan
Top