Penyebab Dan Cara Mendiagnosis Infeksi Kandung Kemih

Share dan Tag Temanmu di :

Bakteri dari luar yang masuk kedalam saluran kemih melalui uretra dan berkembang biak, menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya infeksi kandung kemih. Bakteri tersebut bisa masuk dan berkembang biak apabila seseorang menyisakan urin dalam kandung  kemih saat buang air kecil. Tersisanya urine tersebut bisa disebabkan oleh sistem saluran air seni yang terhambat, misalnya akibat adanya tumor atau pembesaran prostat pada pria. Sedangkan pada wanita, saat hamil bisa bisa memberikan tekanan di bagian panggul dan juga kandung kemih, sehingga urine tersisa.


Sekitar 70 hingga 95 persen kasus infeksi kandung kemih disebabkan oleh bakteri e-coli. Tapi bakteri lain seperti Klebsiella Species, Proteus Species, Enterobacteriaceae, Enterococcus Faecalis, dan bakteri ragi pun bisa menjadi penyebabnya. Bakteri Staphylococcus saprophyticus juga bisa menjadi penyebab infeksi kandung kemih pada wanita yang berusia muda.
    
Infeksi akibat bakteri biasanya lebih umum terjadi pada wanita, hal tersebut karena posisi uretra wanita lebih berdekatan dengan anus, yang menyebabkan bakteri dari anus lebih mudah berpindah ke uretra. Namun, selain posisi yang berdekatan tersebuh, perpindahan bakteri pada wanita bisa terjadi saat:

-Melakukan hubungan seksual
-Memakai kontrasepsi diafragma
-Memasukkan pembalut jenis tampon
-Menyeka dengan tisu setelah membuang air dengan posisi dari belakang ke depan. Risiko tersebut bisa dihindari jika dilakukan berlawanan, yaitu dari depan ke belakang
-Saat memasuki masa menopause, karena pada mas ini wanita memproduksi cairan vagina lebih sedikit, sehingga memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Biasanya dokter akan bertanya mengenai gejala-gejala yang dialami untuk mendiagnosis infeksi kandung kemih ini. Ada beberapa tes yang dilakukan untuk mendiagnosis infeksi kandung kemih, diantaranya:

-Tes menggunakan kertas dipstick. Kertas ini mengandung bahan kimia yang akan bereaksi saat berhadapan dengan bakteri tertentu dengan mengubah warna kertas.
-Tes urine. Sampel urine penderita akan diperiksa di laboratorium untuk memastikan bakteri apa yang menjadi penyebab terjadinya infeksi kandung kemih. Tes ini juga bisa sekaligus untuk mengetahui jika terdapat penyebab atau kondisi lain dari infeksi kandung kemih.
-Melakukan sistoskopi. Tes ini dilakukan dengan menggunakan kamera kecil untuk memeriksa kandung kemih penderita.
Melakukan tes USG dan sinar-X, namun tes ini biasanya dilakukan kepada penderita yang mengalami kondisi kandung kemih kambuhan dan tidak merespon saat diberikan antibiotik.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 05 November 2016 10:20:41

Related Post :
Kesehatan
Mewaspadai Dampak Negatif Berdiri…

Fakta medis mengungkapkan bahwa…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Ini khasiat dan manfaat…

Penyakit
Penyebab dan Diagnosa Penyakit…

Konjungtivitis bisa dikenali dari…

Kesehatan
5 Fakta Sindrom Putri…

Berikut ini merupakan beberapa…

Penyakit
Pilihan Jenis Terapi yang…

Ada banyak jenis terapi…

Ibu Dan Anak
Inilah Penyebab Anak Sering…

Berbagai penyebab anak sering…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Gerakan OLaharaga Sederahana Di Rumah Untuk Membakar Lemak

Berikut adalah gerakan olahraga sederhana…

Kesehatan
Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Kanker Tulang

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh…

Kesehatan
Cara Tepat Menggunakan Daun Sirih Untuk Atasi Mata Buram

Berikut ini cara tepat menggunakan…

Kirim Pertanyaan
Top