Cara Merawat Area Organ Intim Bayi yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Bayi yang baru lahir memiliki area organ intim yang masih sangat sensitif, halus, dan rentan terkena iritasi. Oleh karena itu, dalam membersihkan dan merawatnya perlu kemampuan khusus dan ketelatenan agar bayi terhindar dari iritasi. Dalam menjaga organ intim bayi agar selalu bersih, Anda mungkin berpikir untuk sering membersihkannya dengan air dan sabun. Namun hal tersebut bisa jadi salah. Karena terlalu sering melakukan hal tersebut dapat membuat organ intim bayi teriritasi. Tetapi di sisi lain, Anda juga tidak disarankan untuk membiarkan organ intimnya bersentuhan terlalu lama dengan popok yang terkontaminasi urin dan tinja.


Berikut kami berikan tips cara merawat area organ intim bayi yang perlu diketahui :

  • Bersihkan organ intim bayi dengan cepat setelah Anda mengetahui bahwa dia baru saja buang air besar. Biasanya, ciri bayi yang baru melakukan buang air besar adalah dengan aroma kurang sedap yang muncul di sekitarnya. Jangan lama-lama membiarkan popoknya penuh tinja. Segera bersihkan. Jangan sampai tinja bercampur dengan urin karena bisa lebih mengiritasi kulit bayi.

  • Pakai air saja atau bisa juga air dicampur dengan sabun bayi cair yang bebas alkohol dan pewangi untuk membersihkan area organ intimnya. Anda juga bisa membersihkan organ intimnya dengan tisu basah yang juga harus bebas alkohol dan pewangi. Sabun ataupun tisu basah yang mengandung dua zat tersebut dapat mengganggu keseimbangan komposisi pelindung alami kulit bayi.

  • Keringkan area organ intim dengan handuk lembut. Cukup dengan cara menepuk-nepuk area tersebut. Tidak dianjurkan untuk menggosoknya terlalu sering karena permukaan kulitnya masih sangat sensitif.

  • Jika bayi atau balita Anda hanya menghabiskan waktu di rumah, sebaiknya bebaskan dia dari popok.

    Namun ada hal yang perlu diperhatikan karena ada ketidaksamaan dalam merawat organ intim bayi perempuan dan organ intim bayi laki-laki. Saat membersihkan organ intim bayi perempuan, usap area tersebut selalu dari depan ke belakang. Hal tersebut untuk mencegah bakteri dari anus berpindah ke vagina. Jika popoknya sudah penuh tinja dan sebagian tinja masuk ke bibir vagina, Anda dapat membuka bibir vagina menggunakan jari yang sudah bersih. Tidak usah mengorek kotorannya terlalu dalam karena bagian tersebut dapat bersih dengan alami. Tidak dianjurkan untuk membersihkan area sensitif menggunakan sabun.

    Sedangkan untuk bayi laki-laki, membersihkan penis bayi dapat dilakukan dengan menyekanya menggunakan bagian popok yang masih bersih. Selanjutnya, Anda dapat mengelap dengan kain bersih yang telah dibasahi air, bisa juga ditambah dengan sabun khusus bayi. Usapkan kain di seluruh area organ intim bayi. Setelah semuanya bersih, lalu pakaikan popok yang baru.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 05 November 2016 13:05:14

Related Post :
Manfaat
Manfaat Lidah Buaya Untuk…

Manfaat lidah buaya untuk…

Kesehatan
Benarkah Daging Kambing Dapat…

Benarkah daging kambing dapat…

Kesehatan
Persiapan yang Perlu Dilakukan…

Sebelum melakukan oprasi bedah…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Berikut adalah pertolongan pertama…

Obat Kimia
Bahaya Penggunaan Antibiotik Yang…

Waspadai bahaya penggunaan antibiotik…

Alami
Tanaman Obat Herbal Yang…

Tanaman obat Herbal yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Bayi mempunyai perut yang masih…

Ibu Dan Anak
Dampak Negatif Paparan Polusi Udara Terhadap Otak Anak

Polusi udara merupakan suatu kondisi…

Ibu Dan Anak
Cara Mengajari Anak Menggosok Gigi

Menggosok gigi merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top