Manfaat Daun Tapak Dara Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Share dan Tag Temanmu di :

Mengenal manfaat daun tapak dara bagi kesehatan merupakan perkara yang sangat menguntungkan bagi anda. Pasalnya, dengan begitu, anda dapat memanfaatkan bahan alami ini anda sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang mungkin anda dan kelurga anda derita. Sehingga anda tidak perlu pergi ke apotik dan mengeluarkan baiaya sedikitpun.


Tapak dara atau tanaman yang memiliki nama latin Catharantus roseus merupakan tanaman liar kecil yang berasal dari benua amerika, yang mana tanaman ini kini telah banyak di temukan di negara lainnya dan termasuk mudah di jumpai di Indonesia. Di berbagai daerah Indonesia sendiri tanaman tapak dara memiliki panggilan yang berbeda, diantaranya adalah tanaman serdadu, tapak doro, kembang sari china, paku rune, kembangan tembaga, tai lantuan, rutu-rutu, rumput jalangn, kemuting cina dan lainnya.

Adapun ciri-ciri khusus dari tanaman ini adalah batang tanamana berkayu, dahan bercabang, berbatang bulat dengan diameter yang kecil, bentuk daun bulat telur dan berwarna hijau, buahnya berbentuk silindris, ujung buah lancip, buah berbulu halus, bunga muncul dari ketiak daun, bunga berwarna putih dan merah muda dengan kelopak yang kcil, berbentuk paku, mahkota bunga berbentuk terompet, ujungnya melebar dan bunganya merata dan juga cantik.

Khasiat dan manfaat daun tapak dara untuk mengobati berbagai Penyakit

Tanaman obat herbal ini memilki kandungan 70 jenis alkeloid yang terdapat pada bagian akar, batang, daun dan juga biji yang termasuk 28 bi-indole alkaloid. Alkaloid sendiri merupakan zat yang memiliki efek sebagai antikanker yang meliputi leurosine (VLR), vinblastine (VLB), vincristine (VCR), catharanthine, vincadioline, leurosidine, dan lochnerine. Selain itu, alkeloid juga berefek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) adalah leurosine, catharantine, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline dan vindolinine. Sedangkan komponen aktif vinblastine dan leurocristine (vincristine) merupakan jenis alkaloid yang terdapat pada bagian akar.

Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat dalam daun tapak dara adalah serpentine, ajmalicine, reserpine, norharman, akuammine, vincamine, vinleurosin dan vinrosidin. Sehingga selain dapat mejadi pengobatan dan pencegahan kanker serta menjadi obat diabetes alami, manfaat daun tapak dara lainnya untuk mengobati berbagai macam penyakit sangatlah banyak diantaranya adalah dapat mengobati luka bakar, bisul, penyakit leukimia, anemia, mencegah pembelahan kelenjar, mengobati tumor pigmen, batu ginjal serta mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara Meramu daun tapak dara untuk mengobati berbagai penyakit

Manfaat daun tapak dara untuk diabetes melitus

- Bahan: 22 lembar daun tapak dara dan 2 gelas air.
- Cara membuat: Setelah itu, cuci bersih daun tapak dara dan rebus hingga mendididh. Setelah di angkat dinginkan dan saring ramuan. Minulah ramuan daun tapak dara ini 3x1 hari. Lakukan secara teratur agar lekas sembuh.

Manfaat daun tapak dara untuk obat darah tinggi, pendarahan akibat penurunanan trombosit, leukimia, obat kanker, limpa dan liposarkoma

- Bahan: Daun tapak dara 15 gr dan air 500 ml.
- Cara membuat: Cuci bahan hingga bersih, setalah itu rebus dan buiarkan hingga mendidih dan tersisa menjadi 200 ml. Dinginkan kemudian saring. Minum ramuan tradisional ini secara sekaligus.

Manfaat daun tapak dara untuk mengobati batu ginjal

- Bahan: 15 lembar daun tapak dara, 10 lembar daun keji beling, dan 3 gelas air.
- Cara mengolahnya: Sebelum ke proses perebusan, pastikan bahan-bahan telah di cuci bersih. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Minum sebanya 2 kali dalam sehari.

Manfaat daun tapak dara untuk mengobati leukimia

- Bahan: 20-25 gram daun tapak dara yang telah di keringkan, 1 liter air dan adas pulawaras.
- Cara mengolahnyal: Campurkan semua bahan dan angkat setelah mendidih. Jika telah dingin saring dan anda dapat mengonsumsinya 2x sehari, yaitu pada pai dan sore hari.

Manfaat daun tapak dara untuk mengobati luka bakar

- Bahan: 5-8 lembar daun tapak dara, 1 genggam beras.
- Cara mengolah: tumbuk daun dara yang telah di bersihkan sebelumnya dengan segenggam beras  hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian tubuh anda yang terbakar. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara tersebut secara teratur hingga luka sampai mengering.

Manfaat daun tapak dara untuk mengobati gondongan, bisul, pembengkakan dan borok

- Bahan: 1 genggam daun tapak dara.
- Cara mengolah: tumbuk segenggam daun tapak dara tersebut dan tempelkan pada bagian kulit yang sakit.

Selain daunnya, bagian lain dari tumbuhan tapak dara seperti batang, akar dan juga bunganya pun sering kali di jadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit asma, bronkitis, demam berdarah, batuk dan lainnya.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampai seputar manfaat daun tapak dara untuk mengobati berbagai penyakit. Semoga apa yag kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi anda sekalian.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 05 November 2016 14:29:24

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Ketahui Makanan dan Minuman…

Ketahui makanan dan minuman…

Ibu Dan Anak
Harus Tahu! Inilah Panduan…

Proses menyusui memang bukan…

Manfaat
Manfaat Mengangkat Kaki Ke…

Manfaat Mengangkat Kaki Ke…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Gejala penyebab dan pengobatan…

Ibu Hamil
Cara Menghilangkan Varises Pada…

Cara menghilangkan varises pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Senna Untuk Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Daun
Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top