Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

ISK atau Infeksi Saluran Kemih memang termasuk penyakit yang ringan, namun jangan sekali-kali anda menyepelekannya karena jika dibiarkan infeksi bisa menyebar ke ginjal sehingga akan membahayakan. ISK yaitu jenis infeksi yang sangat umum terjadi, pria maupun wanita bisa terkena bahkan tidak memandang usia. ISK terjadi adanya peradangan pada salah satu bagian / semua saluran kemih yang terdiri dari uretra, kandung kemih dan ureter akibat terinfeksi oleh bakteri.


Hal yang lebih sering terkena ISK pada perempuan, terlebih ketika memasuki masa menopause, kehamilan, pengantin baru (aktif secara seksual) dan orang dengan diabetes melitus.

Mengetahui sedikit gejala dari ISK yaitu sering merasa ingin kencing, rasa panas seperti terbakar saat kencing, air seni yang keluar hanya sedikit, perubahan warna urin, demam, mual, sakit perut dan muntah.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

  • Perbanyak minum air putih

Setidaknya 250 ml setiap jam disiang hari yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah urin yang diproduksi sehingga akan mempercepat penyembuhan ISK karena setiap kali anda kencing, maka kandung kemih dan saluran lainnya akan dibersihkan dan juga akan membantu mengusir bakteri berbahaya.

Jangan ditahan jika anda sudah merasa ingin kencing. Apabila ditahan maka akan sia-sia usaha kita, karena bakteri akan berkembangbiak lebih banyak.

  • Konsumsi blueberry dan nanas

Blueberry memiliki sifat menghambat bakteri sementara nana memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan ISK.

  • Cuka apel atau jus apel

Cuka apel atau jus apel memiliki kandungan kalium dan enzim serta mineral lain yang mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Minuman ini juga dapat digunakan sebagai antibiotik alami untuk pengobatan ISK.

  • Terapi kompres hangat

Dengan cara ini akan meminimalkan tekanan pada kandung kemih dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh ISK dan juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah penyebaran infeksi bakteri selanjutnya. Caranya, sediakan botol yang sudah diisi air panas dan letakan diperut bagian bawah.

  • Baking Soda

Baking soda bersifat basa sehingga akan menyeimbangkan keasaman pada urin dan juga bertindak sebagai pereda nyeri. Selain untuk mengobati ISK, baking soda juga dapat menghilangkan batu ginjal yang disebabkan asam urat.

  • Selalu menjaga kebersihan pribadi

Agar mempercepat proses penyembuhan infeksi anda harus selalu menjaga kebersihan terutama saat sehabis kencing dengan mengusap dari depan kebelakang setiap kali setelah kencing. Setelah berhubungan selalu biasakan untuk kencing dan mandi dengan air mengalir tidak dibolehkan berendam juga hindari menggunakan produk wewangian disekitar area kewanitaan.

  • Mengenakan celana yang tepat

Celana yang tepat dari berbahan katun karena bisa menjaga daerah genital tetap kering. Jangan memakai celana jeans ketat karena akan menyebabkan berkeringat dan kelembaban yang menguntungkan untuk pertumbuhan bakteri.

  • Periksakan ke dokter

Walaupun telah menerapkan cara mengobati ISK diatas, anda harus tetap memeriksakan ke dokter walau penyakit anda alami masih ringan, ini merupakan langkah awal agar infeksi tidak menjadi semakin parah atau menyebar ke ginjal / infeksi ginjal nanti dokter akan memberikan obat antibiotik yang penting dalam melawan bakteri.

  • Obati antibiotik untuk ISK

Resep obat antibiotik akan bervariasi pada wanita maupun pria. Wanita dianjurkan untuk minum antibiotik selama tiga sampai empat hari sementara pria dianjurkan untuk minum antibiotik selama tujuh sampai sebelas hari.

Apabila antibiotik oral yang diminum tidak menunjukan hasil yang maksimal, maka obat antibiotik intravena / suntik dapat diberikan sehingga pada kondisi ini pasien perlu perawatan yang intensif.

By Ana Rediana - Alami Sabtu, 05 November 2016 15:40:25

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pengobatan infeksi saluran kemih (ISK) secara alami maupun dengan obat yang diberikan dokter seperti obat antibiotik untuk melawan bakteri.
Alami - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?

  • apa manfaat mengonsumsi air daun kersen ?

    1 Balasan

    Alami

    Dok, saya sering kali melihat ibu saya mengonsumsi air rebusan daun kersen. Dan ketika saya tanya, katanya itu baik untuk kesehatan dan bisa mengobati penyakit juga. Apakah benar daun kersen…


Alami
Obat Alami Maag Kronis Untuk Anak Dan Ibu Hamil

Penyakit maag merupakan sebuah gangguan…

Alami
Obat Impetigo Alami Yang Efektif Untuk Anak Dan Dewasa

Obat impetigo alami ini sangat…

Alami
Obat Asam Lambung Alami Bahan Murah Berkhasiat

Obat Asam Lambung Alami paling…

Tambah Pertanyaan
Top