Rekomendasi Pengobatan Infeksi Kandung Kemih

Share dan Tag Temanmu di :

Setelah mengetahui apa itu infeksi kandung kemih dan penyebab terjadinya, pada artikel ini akan dibahas mengenai pengobatan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi infeksi ini. Pengobatan bisa dilakukan dua cara, yaitu penanganan mandiri dan penggunaan antibiotik berdasarkan resep dokter.


Untuk menghindari resistensi antibiotik, mungkin dokter tidak akan memberikan obat antibiotik untuk infeksi kandungan kemih yang ringan. Resistensi antiobiotik yaitu kondisi dimana bakteri justru malah bertahan hidup dan beradaptasi walaupun sudah diberikan antibiotik. Hal ini bisa berdampak pada berkurangannya keefektifan pengobatan pada masa yang akan datang.

Gejala infeksi kandung kemih yang ringan, biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, tanpa harus melakukan pengobatan khusus. Penanganan mandiri hanya bisa dilakukan jika infeksi kandung kemih yang dialami masih dalam tahap ringan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk menangani infeksi ini:

-Menghindari konsumsi minuman keras
-Untuk beberapa waktu hindari terlebih dahulu untuk berhubungan seksual, karena hal tersebut bisa membuat infeksi bertambah parah.
-Untuk beberapa orang, dengan mengonsumsi potasium sitrat atau sodium bikarbonat mampu membantu untuk meredakan sakit ketika buang air kecil.
-Mengonsumsi obat seperti paracetamol atau ibuprofen untuk pereda rasa sakit.

Sedangkan untuk mengatasi infeksi kandung kemih parah atau kambuhan, disarankan melakukan pengobatan antibiotik sesuai dengan resep dokter. Biasanya gejala-gejala infeksi kandung kemih akan membaik setelah mengonsumsi antibiotik. Namun, jika tidak membaik segeralah temui dokter.

Walaupun tidak semua kandung kemih bisa dicegah, namun kita bisa melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini agar terhindar dari infeksi kandung kemih:

-Gunakanlah pakaian dalam berbahan katun
-Hindari penggunaan celana ketat
-Jangan menahan atau menunda buang air kecil, karena bisa membuat kandung kemih tegang sehingga rentan mengalami infeksi. Saat buang air kecil, pastikan juga seluruh air seni terbuang, tidak disisakan.
-Kurangi penggunaan bedak atau sabun yang mengandung parfum di area genital.
-Beberapa makanan dan minuman seperti kopi, jus buah-buahan, atau makanan pedas bisa memperparah infeksi kandung kemih yang dialami seseorang
-Kurangi mandi dengan cara berendam, agar area genital tidak terlalu lama terpapar bahan kimia dari produk pembersih.
Bagi wanita, biasakan mengelap area genital dari arah depan ke belakang.

Jika infeksi kandung kemih muncul setelah melakukan hubungan seksual, kosongkan kandung kemih Anda setelah berhubungan  seksual agar bakteri bisa terbuang melalui urine. Jika infeksi kandung kemih Anda parah atau kambuhan dan berkaitan dengan aktivitas seksual, penderita bisa mengonsumsi antibiotik setelah melakukan hubungan seksual. Namun jika kambuhan tersebut tidak terkait dengan hubungan seksual, maka penderita bisa mengonsumsi antibiotik setiap 6 bulan sekali dengan dosis rendah.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Senin, 07 November 2016 08:42:48

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Gangguan Tidur Microsleep…

Microsleep merupakan salah satu…

Obat Kimia
Rekomendasi Pengobatan Infeksi Kandung…

Setelah mengetahui apa itu…

Alami
Obat Alami Glaukoma Yang…

obat alami glaukoma pada…

Manfaat
Mengenali Manfaat Daging Kodok…

Kodok memang hewan yang…

Alami
Obat Tradisional Untuk Mengatasi…

Selain dengan metode pengobatan…

Obat Kimia
Obat Oles Gatal Kutu…

Obat oles gatal kutu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Simvastatin Penurun Kolesterol Dalam Darah

LDL atau kolesterol jahat gampang…

Obat Kimia
Benzoyl Peroxide Obat Untuk Mengatasi Jerawat

Benzoyl Peroxide Obat Untuk Mengatasi…

Obat Kimia
Kirim Pertanyaan
Top