Faktor Yang Dapat Meningkatkan Resiko Terkena Jet Lag

Share dan Tag Temanmu di :

Faktor yang meningkatkan resiko terkena jet lag

Jet lag adalah perasaan lelah atau disertai kebingungan usai menempuh perjalanan udara yang panjang sebagai akibat dari tubuh yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan zona waktu baru. Jet lag bisa mengganggu pola tidur seseorang dan membuatnya merasa lesu dan mengantuk.

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkenajet lag. Diantaranya adalah jumlah zona waktu yang dilintasi cukup banyak, sering bepergian dengan pesawat seperti pilot atau pebisnis yang sering keluar negeri, usia yang sudah senja, dehidrasi, kurang tidur, stress, dan mengonsumsi kopi atau minuman keras selama penerbangan.


Jet lag bukan sebuah kondisi medis yang serius. Kondisi tersebut akan segera membaik dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Untuk mengurangi dampaknya, Anda dapat berupaya untuk menyesuaikan diri pada jam biologis di zona waktu baru terutama dalam urusan tidur, makan, dan beraktivitas.

Di dalam tubuh terdapat sebuah hormon bernama melatonin yang dikeluarkan tubuh malam har dan berfungsi untuk memberitahu otak ketika tubuh perlu tidur. Selain hormon melatonin, dalam tubuh juga ada jam internal yang dipengaruhi cahaya alami. Hormon melatonin akan berhenti diproduksi ketika cahaya menyinari tubuh serta membantu Anda untuk bangun.

Ketika Anda sulit tidur di malam hari setelah sampai di zona waktu yang baru, Anda mungkin perlu diberi obat yang mengandung melatonin untuk memudahkan tidur Anda. Obat yang mengandung melatonin efektif dikonsumsi tiga jam sebelum waktu tidur.

Selain obat yang mengandung hormon melatonin, Anda juga bisa mengonsumsi pil tidur. Namun sebelum menggunakannya, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Pil tidur berguna untuk membantu orang yang mengalami jet lag. Namun karena obat tersebut dapat membuat kecanduan, dokter jarang menganjurkan konsumsi obat tersebut lebih dari beberapa hari. Terlebih, pil tidur juga menimbulkan efek samping seperti diare, sakit kepala, dan hidung berair.

Tidak ada cara yang dapat dipakai untuk mencegah jet lag. Terlebih ketika Anda bepergian melintasi beberapa zona waktu. Namun Anda dapat mengurangi efek dari jet lag. Caranya dengan mengubah rutinitas tidur, tidur cukup, check in secara online, menghindari dehidrasi, membatasi konsumsi minuman keras dan kafein, istirahat selama perjalanan, dan sampai di tujuan dengan lebih awal.

Jika Anda pergi dengan jarak jauh missal untuk menghadiri rapat atau konferensi penting, Anda dapat tiba di tujuan beberapa hari lebih awal. Hal tersebut untuk memberikan tubuh kesempatan beradaptasi dengan perubahan pola tidur yang terjadi.

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 07 November 2016 10:04:58

Related Post :
Tips
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi…

Kesehatan
Sering Merasa Haus? Waspada…

Anda sering merasa haus?…

Ibu Dan Anak
Cara Merawat Kulit Bayi…

Cara Merawat Kulit Bayi…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Sangat penting untuk mengetahui…

Tips
Tips Dan Cara Mencegah…

Berikut adalah tips dan…

Kesehatan
Ini Penyebab Suara Serak…

Selain batuk, ini penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kebaikan Konsumsi Serat Bagi Penderita Diabetes

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat…

Kesehatan
Mengenal Kondisi Phantosmia atau Fenomena Bau Hantu

Sering mencium bau busuk atau…

Kirim Pertanyaan
Top