Gejala Penyakit Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya

Share dan Tag Temanmu di :

Demam berdarah atau yang akrab disebut DBD merupakan penyakit yang membuat penderita mengalami rasa sakit luar biasa bahkan sampai terasa ke tulang. Demam berdarah disebabkan virus yang ditularkan lewat gigitan nyamuk. Terdapat seratus juta kasus DBD yang terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. Sebagian mewabah dengan tiba-tiba dan bisa menjangkiti ribuan orang dalam waktu yang singkat.


Indonesia berada di posisi kedua penderita DBD terbanyak di dunia setelah Brazil. Menurut data yang didapat dari Kementrian Kesehatan tahun 2009 sampai tahun 200, kematian yang disebabkan DBD di Indonesia mencapai 1125 kasus. Data tersebut membuat Indonesia menempati negara tertinggi nomor satu dalam kasus DBD di Asia Tenggara.

Gejala DBD biasanya akan terlihat di 3 sampai 14 hari pertama setelah masa inkubasi dan ditandai dengan demam tinggi mencapai 41 derajat celcius. Masa inkubasi merupakan jarak waktu antara virus pertama masuk sampai gejala pertama muncul.

Penyebab demam berdarah yang utama adalah virus dengue yang menyebar ke manusia lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. DBD tidak dapat menular secara langsung dari seseorang ke yang lain tanpa perantara nyamuk tersebut. Nyamuk ini berkembang biak di daerah yang memiliki penduduk padat dan beriklim hangat atau lembab.

Ketika Anda mengalami gejala demam lebih dari satu minggu disertai flu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ciri-ciri orang yang mengalami demam berdarah diantaranya adalah demam sampai 41 derajat celcius, nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, nyeri tulang, sampai sakit di bagian belakang mata. Dokter umumnya akan memeriksa darah untuk mengetahui apakah terdapat virus dengue dalam tubuh Anda atau tidak.

Untuk mengobati DBD tidak ada obat khusus, tetapi gejala penyakit tersebut dapat diatasi menggunakan minum banyak cairan, mengonsumsi parasetamol, serta istirahat cukup. Jika pengobatan tersebut diterapkan, DBD bisa sembuh dalam waktu seminggu atau dua minggu.

Pada beberapa kasus, DBD dapat berkembang menjadi komplikasi serius yang disebut juga dengan DBD berat. DBD berat dapat menyebabkan penderita mengalami kerusakan organ, penurunan tekanan darah, dan pendarahan. Oleh sebab itu, penderita DBD berat harus ditangani secepatnya karena risikonya bisa berujung pada kematian.

Meski sampai sekarang belum ada vaksin untuk menangkal DBD, tetapi ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini menjangkiti Anda diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan bak mandi serta menaburkan serbuk abate supaya jentik nyambuk bisa mati.
  • Mensterilkan rumah serta lingkungan sekitar rumah, misal dengan rutin menyemprotkan pembasmi nyamuk.
  • Memasak kawat anti nyamuk di ventilasi rumah.
  • Menggunakan kelambu di keranjang Anda.
  • Menggunakan pakaian yang dapat melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

By Sri Maryati - Penyakit Senin, 07 November 2016 10:23:39

Related Post :
Kesehatan
Dampak Negatif Rutin Konsumsi…

Kopi instan memang dapat…

Alami
Gusi Berdarah? Coba Atasi…

Cara alami atasi gusi…

Tips
Tips Meredakan Sakit Maag…

Ramuan bras kencur merupakan…

Tips
Tips Mengatasi Bopeng Bekas…

Terdapat banyak bahan alami…

Penyakit
Penyebab Utama Terjadinya Migrain…

Penyebab utama terjadinya migrain…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Ensefalopati Serta…

Tahukah anda apa itu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit Dan Gangguan Pada Sistem Saraf Manusia

Penyakit atau gangguan sistem saraf…

Penyakit
Mengenal Metode Pengobatan Hipertiroid Yang Sering Di gunakan

Berikut adalah metode pengobatan hipertiroid…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Berikut ini adalah berbagai jenis…

Kirim Pertanyaan
Top