Gejala Dan Diagnosis Jantung Berdebar

Share dan Tag Temanmu di :

Jantung berdebar lebih cepat dan tidak beraturan memang seringkali membuat kita tidak nyaman. Kondisi seperti itu dapat dirasakan sebagai detak jantung kuat dan cepat. Selain dirasakan di dada, dapat juga dirasakan pada tenggorokan atau lehar, juga saat Anda berada dalam keadaan beraktivitas, istirahat, saat duduk, berdiri, maupun berbaring.


Kondisi sering merasa pusing dan sesak di dada, bisa menjadi salah satu pertanda ada kelainan pada jantung. Jantung yang berdebar disebabkan oleh fibrilasi atrium atau supraventricular tachycardia yang biasa disertai dengan gejala mudah lelah, angina, atau dyspnea. Gejala lainnya bisa juga disertai dengan berkeringgat, mual, dan gemetar, atau penurunan berat badan yang mungkin menyertai pada penderita hipertiroid.
    
Berhati-hatilah jika terjadi palpitasi yang tidak kunjung reda setelah beberapa menit, yang disertai dengan sakit pada area dada, pusing, sesak nafas dan pingsan. Jika kondisi badan Anda menjadi tidak sehat atau mengalami gangguan pada jantung, segeralah menemui dokter. Memiliki catatan harian yang berisi kecepatan denyut jantung per menit dapat mempermudah doket dalam menganalisis dan mencari penyebab palpitasi.

Mengetahui perbedaan gejala dari penyebab yang berbeda, dapat membantu dokter mendapatkan diagnosis serta penangan yang lebih mudah. Biasanya dokter memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan aktivitas, atau makanan apa saja yang biasa di konsumsi penderita sebelum gejala muncul. Dokter juga biasanya menanyakan apakah di keluarga memiliki riwayat penyakit jantung untuk mengetahui gangguan pada jantung. Pemeriksaan fisik, seperti memeriksa nadi, mendengarkan suara jantung dengan stetoskop, mengukur tekanan darah, dan mencari apakah kelenjar tiroid membesar, biasanya dilakukan dokter dalam pemeriksaan awal.

Selain itu, tes darah juga biasa dilakukan untuk membantu mengetahui penyebab jantung berdebar. Dari tes darah tersebut bisa diketahui apakah penderita mengalami hipertiroid (kelebihan hormon tiroid) atau anemia. Untuk beberapa kasus, penderita jantung berdebar memerlukan tes tambahan yang biasa dilakukan bersama kardiologis.

Elektrokardiografi (EKG) merupakan salah satu pemeriksaan penunjang pada kasus seperti ini. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurata, pemeriksaan EKG bisa dilakukan saat penderita melakukan aktivitas sehari-hari. Selain EKG, ada juga tes ekokardiogram yang berguna untuk memindai jantung, tes ini menggunakan gelombang ultrasound.

Pencegahan jantung berdebar atau palpitasi ini bisa dilakukan dengan menghindari faktor-faktor pemicu, seperti mengurangi konsumsi kafein, nikotin, obat-obatan tertentu seperti amfetamin (narkoba) atau kokain, serta mengurangi stress. Mulailah hidup sehat, dan membiasakan tubuh serta pikiran untuk lebih tenang dengan melatih pernapasan atau melakukan relaksasi seperti meditasi atau yoga.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 08 November 2016 09:45:14

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Ini Penyebab Buang…

Waspadai ini penyebab buang…

Tips
Cara Efektif Atasi Lidah…

Mengonsumsi makanan atau minuman…

Penyakit
Mengetahui Kaitan Antara Sirosis…

Kanker hati seringkali dikaitkan…

Alami
Obat Telinga Bernanah Menahun…

Obat telinga bernanah menahun…

Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran…

Perawatan alami setelah keguguran…

Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Tanda…

Penyebab munculnya tanda lahir…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Makanan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa makanan yang berbahaya…

Kesehatan
Ketahui Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Ketahui efek samping setelah operasi…

Kesehatan
Jenis Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes seringkali menghindari mengonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top