Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun salam telah di kenal sejak dulu oleh para bangsa yunani yang pada akhirnya tersebar di sebagian benua Eropa dan benua Amerika. Daun inipun dimanfaatkan secara berbeda di setiap negaranya. Misalnya di India dan juga pakistan, daun ini seringh kali di gunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan parum. Sedangkan di negara kita, daun yang memiliki aroma khas ini sering kali di jadikan bumbu dalam masakan terutama yang berbau daging, sehngga memiliki daya tarik tersendiri.


Di kenal dengan nama  latin syzygium polyanthum, daun salam memiliki begitu banyak kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Beberapa diantara kandungan daun salam tersebut adalah vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, tanin, minyak atsiri, ekstrak metanol, ekstrak tanol yang memiliki sifat anti bakterial dan anti-jamur serta mengandung minyak essensial yang memiliki eugenol dan metil kavikol.

Dari berbagai kandungan tersebut, jelas sekali bahwasannya selain untuk masakan tersimpan berbagai macam khasiat dan manfaat daun salam bagi kesehatan, yang bisa anda petik untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan seperti kolesterol, hipertensi, asam urat, diabetes dan lainnya. Dan berikut manfaat daun salam dan cara pengolahannya.

1. Daun salam untuk kolesterol

Kolesterol pada dasarnya baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi berbeda halnya jika kolesterol jahat berada dalam jumlah berlebihan di dalam tubuh. Karena pada umumnya, kolesterol sendiri terbagi ke dalam 2 bagian yaitu kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. adaopun jkolesterol jahat memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Dan untuk mengusir  dan mengatasi masalah kolesterol jahat tersebut, anda dapat mengatasinya dengan cara alami yaitu menggunakan air rebusan daun salam. Manfaat daun salam untuk kolesterol sendiri bisa anda dapatkan dengan cara meminum air rebusan daun salam untuk rutin 2 kali sehari.

2. Daun salam untuk hipertensi

Manfaat lain yang bisa ambil dari daun salam adalah untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Manfaat daun salam untuk hipertensi mulai ini bisa anda rasakan setelah sebelumnya anda mengonsumsi  air rebusan daun salam setiap hari. Kandungan mineral yang terdapat di dalamnya mampu membuat peredaran darah semakin lancar dan secara alami mengurangi tekanan darah tinggi anda. Untuk khasiat daun salam yang lebih optimal, anda dapat menambahkan daun sambilito ke dalamnya.

3. Daun salam untuk asam urat

Seiring bertambahnya usia, kesehatan organ tubuh seperti tulang dan sendi juga ikut menurun. Salah satu keluhan kesehatan yang sering di alami khususnya oleh  para lansia adalah asam urat dan juga rematik. Salah satu bahan alami yang dapat anda gunkan adalah daun salam. Manfaat daun salam untuk asam urat sendiri adalah dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa sakit yang di timbulkan. Minum rebusan daun salam setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Daun salam untuk kesehatan saluran pencernaan

Kandungan vitamin dan mineral yang di miliki oleh daun salam juga, menyebabkan fungsi daun salam juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan. Beberapa diantaranya dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan lainnya. Adapun untuk mengatsi diare, anda dapat  meminum air rebusan daun salam  yang di campur dengan sedikit garam.

5. Daun salam untuk kesehatan mata

Air rebusan daun salam juga dapat di gunakan untuk mengobati sakit mata serta mejaga ksehatan mata. Untuk mengobati sakit mata, caranya sangat mudah, anda dapat mengusapkan air rebusan daun salam rutin setiap hari minimal dua kali sehari.

6. Daun salam untuk diabetes

Jika kini anda tengan memiliki kadar gula yang tinggi, anda dapat mencoba menggunakan daun salam untuk mengatasinya. Karena belakangan ini banyak dari peneliti yang melakukan penelitian bahwasannya manfaat daun salam untuk diabetes pun patut untuk di perhitungkan. Cara mengolahnya sangatlah sederhana. Sebelumnya siapkan 7 lembar daun salam kering dan air bersih sebanyak 3 gelas. Setelah itu, rebus daun salam yang pastinya telah di cuci terlebih dahulu tersebut bersama 3 gelas air. Setelah hanya tersisa 1 gelas, anda dapat mengangkat dan mendiamkannya sampai dingin.minum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari sebelum anda makan.

Selain dari pada yang telah di informasikan diatas, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun salam bagi kesehatan lainnya, seperti daun salam untuk asam lambung, radang tenggorokan, maag, memutihkan gigi kuning hingga pencegah kanker. Adapun cara memiliki daun salam untuk digunakan sebagai obat tradisional, anda dapat menggunakan daun salam segar yang berdaun lebar dan berwarna hiijau. Sedangkan jika anda ingin menggunakan daun salam kering, anda dapat memilih daun salam kering yang tidak mutah dan juga tidak berlubang.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 08 November 2016 14:15:54

Related Post :
Penyakit
Mengetahui Komplikasi Pada Penderita…

Jika ditangani secara baik,…

Tips
Cara Untuk Mengurangi Risiko…

Mengurangi risiko terjangkitnya suatu…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Aneh! Penyakit Ini Bikin…

Berbeda dengan penyakit pada…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Kanker…

Diagnosis dan pengobatan kanker…

Penyakit
Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang…

Meskipun jarang menunjukkan gejala,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Tin Atau Ara Bagi Kesehatan

Selain buahnya, khasiat dan manfaat…

Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top