Tips Cara Mengatasi Kapalan Di Kaki

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Cara Mengatasi Kapalan Di Kaki 

Kaki adalah salah satu anggota tubuh yang memiliki banyak fungsi. Oleh karena itu, jika ada masalah pada kaki yang bisa membuat fungsinya menurun, pasti akan sangat tidak nyaman. Kapalan di kaki merupakan salah satu hal yang bisa membuat kita tidak nyaman saat berjalan.


Sebelum mengetahui cara untuk mencegah kapalan, kita bahas dulu mengenai kapalan itu sendiri. Kapalan (callus) merupakan bagian kulit yang mengeras atau menebal sebagai bentuk perlindungan terhadap gesekan dan tekanan. Sebenarnya kapalan akan melindungi kulit agar tidak mudah melepuh atau mengalami kerusakan. Biasanya kulit yang mengalami kapalan ini berwarna kuning dan kurang sensitif. Pada umumnya, kapalan juga sering muncul di daerah kaki, tapi bisa juga muncul di bagian buku-buku jari dan tangan. 

Kapalan berbeda dengan mata ikan (corn), biasanya mata ikan memiliki ukuran yang kecil, bulatan melingkar, dan keras. Sedangkan kapalan ukurannya lebih luas dengan tepi yang tidak begitu jelas. Yuk kita kenali bagaimana cara mencegah kapalan !

  • Memilih sepatu yang tepat

Menggunakan sepatu yang nyaman, karena sepatu yang terlalu kecil atau tidak sesuai dengan dengan kaki bisa memicu timbulnya kapalan di kaki. Maka, pastikan sepatu yang digunakan itu sudah nyaman, tidak terlalu sempit. 

  • Ganti sepatu secara teratur

Bagian sepatu yang sudah rusak, seperti pada sol atau lapisan sepatu bukan hanya membuat tidak nyaman saat memakainya saja, ternyata hal tersebut juga bisa menimbulkan kapalan. Karena bagian yang sudah usang tersebut bisa menjadi sarang bakteri, sedangkan sol yang sudah usang tidak bisa membantu melindungi permukaan kaki saat berjalan. 

  • Hindari terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi memiliki bentuk ujung yang lancip, yang mampu memicu kapalan di kaki. Agar terhindar dari kapalan, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi. 

  • Hindari menggunakan sepatu dengan tinggi hak berbeda

Bukan hanya sepatu hak tinggi saja yang memicu terjadinya kapalan, ternyata sepatu yang sudah usang, atau yang memiliki tinggi hak yang berbeda juga dapat memicunya. Mengapa? Karena kondisi sepatu yang seperti itu dapat menimbulkan tekanan berbeda pada tulang tumit, yang bisa menimbulkan kapalan. 

Jika kapalan  sudah terlanjur ada, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti:

  • Rendam di air hangat
  • Merendam kaki di air hangat bisa membantu untuk melunakkan kapalan, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menghilangkan bagian kulit yang keras.
  • Mengoleskan pelembab 
  • Mengoleskan krim pelembab pada bagian kapalan juga bisa melunakkan kapalan itu sendiri
  • Gunakan bantalan

Agar kapalan tidak menganggu Anda saat berjalan, alternatif lainnya bisa menggunakan bantalan yang bisa diperoleh di apotek. Bantalan ini mampu melindungi kulit dari kapalan, namun Anda harus tetap memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Hati-hati menggunakan bantalan dengan kandungan salicylic acid, karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi pada kulit. 

  • Hilangkan lapisan kulit yang keras

Untuk menghilangkan lapisan kulit yang keras, lakukanlah secara perlahan, bisa menggunakan kain lap, papan amril, batu apung, atau kikir yang bisa membantu untuk menghilangkan lapisan kulit yang mengeras akibat kapalan.

Selain tips yang kami berikan, Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dan lebih tepat. Apalagi jika kapalan yang Anda derita sudah parah dan menimbulkan sakit. Biasanya dokter akan memberikan obat yang bisa menghilangkan kapalan, memangkas kulit berlebih, memberikan obat untuk mengurangi infeksi, atau bisa juga dilakukan operasi jika kapalan memang sudah parah. 

Bagi Anda penderita diabetes, tidak disarankan untuk melakukan tindakan sendiri terhadap kapalan yang bisa melukai kulit. Karena kapalan ini bisa mengganggu konsentrasi dan kenyamanan dalam beraktivitas, maka Anda bisa menghindarinya atau menyembuhkannya sedari dini, sebelum menjadi lebih parah.

By Ana Rediana - Tips Selasa, 08 November 2016 15:58:36

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Singkong Mentah Bisa…

Singkong merupakan salah satu…

Tips
Cara Mengatasi Alergi Kulit…

Cara mengatasi alergi kulit…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Tips
Tips Mudah Mengobati Luka…

Jika Anda mengalami luka…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Gaharu…

Kegunaan, khasiat serta manfaat…

Tips
Tips Cara Melahirkan Normal…

Melahirkan bisa menjadi proses…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tips Tetap Sehat Meski Makan Gorengan Dari Dokter Jantung

Makan gorengan diketahui dapat menimbulkan…

Tips
Tips Mendeteksi Keberadaan Kutu Rambut

Tips mendeteksi keberadaan kutu rambut…

Kirim Pertanyaan
Top