Penyebab Sesak Nafas saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Sesak nafas saat hamil adalah hal yang normal terjadi. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan terlalu khawatir karena kasus sesak nafas ibu hamil ini tidak begitu berbahaya. Namun, meski demikian, ada juga sesak nafas yang mengindikasikan hal serius.


Di awal kehamilan, Anda mungkin telah merasakan sesak nafas. Seiring usia kehamilan bertambah, sesak nafas dapat terasa lebih parah karena diafragma tertekan rahim yang kian membesar. Tetapi, umumnya pernafasan sudah membaik beberapa minggu menjelang persalinan yakni saat bayi mulai turun ke panggul. Saat itu, tubuhmu sudah terasa lebih ringan.

Berikut kami berikan poin-poin penyeba bsesak nafas saat sedang hamil.

  • Tubuh memerlukan oksigen lebih banyak karena bukan hanya Anda  yang menghirupnya tetapi juga bayi. Hal tersebut dapat membuat Anda merasa harus menghirup udara lebih banyak dengan menarik nafas dalam-dalam.

  • Rahim yang kian membesar menekan paru-paru.

  • Ketika hamil, hormone progesterone meningkat. Hormon tersebut dapat member stimulasi pusat pernafasan dalam otak. Akibatnya, jumlah udara yang dibuang dan dihirup ketika bernafas akan lebih besar dibandingkan dengan ketika Anda tidak hamil, meski frekuensi pernafasan tidak banyak berubah.

Sesak nafas bisa lebih parah ketika bayi yang sedang di kandung posisinya masih tinggi, Anda mengandung anak kembar, atau pun mempunyai cairan ketuban yang melimpah. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut kami berikan cara mengatasi sesak nafas saat hamil.

Supaya Anda tidak sesak nafas yang terlalu menyiksa, Anda direkomendasikan untuk tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Jangan paksakan diri melakukan banyak hal saat sedang beraktivitas. Selain itu, berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sesak nafas ketika sedang hamil.

  • Saat mengalami sesak nafas, angkat lengan ke atas kepala. Gerakan tersebut dapat mengangkat tulang rusuk serta membuat Anda dapat menghirup udara lebih banyak.

  • Sesak nafas biasanya disebabkan karena tubuh yang tidak fit. Anda disarankan untuk berolahraga ringan dengan rutin. Jangan berolahraga yang membuat Anda lelah berlebih. Anda bisa mencoba berjalan santai setiap pagi. Manfaatnya tidak hanya memperlancar pernafasan untuk Anda, tetapi juga bayi akan mendapat lebih banyak oksigen.
     
  • Saat tidur, coba untuk tidur dengan kepala yang agak naik. Anda bisa menambahkan bantal tambahan sebagai sandaran kepala.

  • Ketika duduk, pastikan dalam kondisi tegak sehingga paru-paru dapat mempunyai lebih banyak ruang untuk udara.

By Sri Maryati - Ibu Hamil Rabu, 09 November 2016 11:43:34

Related Post :
Manfaat
Manfaat Femmilove Untuk Mengatasi…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Pertolongan Pertama untuk Atasi…

Untuk mencegah luka diabetes…

Alami
Obat Epilepsi Tradisional Untuk…

selain obat generik, Obat…

Kesehatan
Waspadai Maraknya Gorengan Plastik!…

Meskipun gorengan termasuk salah…

Penyakit
Mewaspadai Gejala Miom Pada…

Miom merupakan sejenis tumor…

Penyakit
Waspadai Wabah Penyakit Yang…

Waspadai wabah penyakit yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Tips Keselamatan Berenang Pada Masa Kehamilan

Tips keselamatan berenang pada masa…

Ibu Hamil
Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Sungsang yang Harus Diwaspadai

Posisi bayi sungsang termasuk kelainan…

Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top