Perawatan Jerawat Dimulai Dari Diagnosis Yang Tepat

Share dan Tag Temanmu di :

Perawatan Jerawat Dimulai Dari Diagnosis Yang Tepat

Jerawat menjadi salah satu hal yang paling dibenci oleh semua orang, terutama bagi wanita. Jerawat biasanya bisa didiagnosis dokter dengan melihat kulit penderitanya secara langsung. Dengan melakukan pemeriksaan, dokter bisa menentukan jenis jerawat yang tumbuh dan juga bisa mengukur tingkat keparahannya. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter akan mengetahui langkah apa yang harus dilakukannya.


Tindakan yang tepat dilakukan jika memiliki jerawat

Menjaga kebersihan kulit terutama di area yang sering timbulnya jerawat sangatlah penting. Bersihkan area tersebut minimal dua kali sehari dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah. Agar tidak terjadi iritasi dan merusak kulit, jangan menggosoknya terlalu keras. 

Saat ini banyak produk pelembab atau kecantikan yang telah lulus melalui tahap pengujian agar tidak menimbulkan komedo atau jerawat. Jika kulit Anda kering, gunakanlah pelembab khusus dan hindari produk kecantikan yang dapat menyumbat pori-pori. 

Meski jerawat sulit untuk dihilangkan, namun masih bisa dikendalikan dengan pengobatan. Pada umumnya obat-obatan untuk jerawat berupa gel, pelembab, atau krim yang sudah banyak tersedia di apotek. Jika kulit Anda sensitif, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terutama jika pengobatan yang dijual bebas di pasaran tidak membuahkan hasil atau bahkan memberikan efek samping yang tidak baik, seperti:

  • Menimbulkan bengkak pada wajah, mata, bibir, atau lidah
  • Menyebabkan radang tenggorokan dan sesak napas
  • Pingsan

Biasanya dokter memberikan saran untuk menggunakan produk yang mengandung konsentrat benzoil peroksida yang rendah. Namun, kita harus tetap berhati-hati karena di bidang industri, bahan tersebut juga seringkali digunakan sebagai bahan pemutih pakaian. Mungkin saja penderita membutuhkan antibiotik atau krim yang lebih kuat, jika jerawat tersebut tergolong parah dan timbul di beberapa bagian tubuh, seperti punggung atau dada. Ingatlah, penggunaan obat tersebut harus sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Komplikasi jerawat

Jika pertumbuhan jerawat semakin parah, tanyakan pada dokter kulit atau kecantikan Anda. karena jerawat yang parah dan tidak segera diobati akan menimbulkan depresi dan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda. 

Pengobatan jerawat membutuhkan proses dan kesabaran. Tidak disarankan untuk memencet jerawat karena bisa meninggalkan bekas atau bahkan luka permanen. Biasanya pengobatan akan terlihat optimal jika sudah dalam tiga bulan. 

Saat timbul jerawat, basanya kulit menjadi berminyak, bahkan terkadang bisa terasa sakit atau panas apabila disentuh. Ada enam jenis jerawat, diantaranya: 

  • Pustula, jerawat jenis ini biasanya menimbulkan benjolan kecil yang pada ujungnya terdapat penumpukan nanah. 
  • Komedo hitam, merupakan bintik berwarna hitam yang biasanya ada di sekitar hidung. Warna hitam tersebut berasal pigmentasi yang terjadi di dalam lapisan pada folikel rambut. 
  • Papul, jerawat jenis ini memiliki benjolan kecil dan menimbulkan efek sakit. Ukurannya yang kecil memiliki warna merah dengan tekstur yang lunak. 
  • Nodul, jerawat jenis ini termasuk kategori yang parah, sama dengan kista. Nodul adalah benjolan besar, terbentuk di balik permukaan kulit dengan tekstur kasar dan menyakitkan. 
  • Kista, sama seperti nodul, memiliki benjolan dengan ukuran besar, namun berisi nanah dan terlihat seperti bisul.
  • Komedo putih, sekilas memiliki bintik hampir sama dengan komedo hitam. Disebabkan karena adanya akumulasi sebum yang mengeras di dalam pori-pori kulit. 

Munculnya jerawat dikarena adanya folikel rambut yang tersumbat oleh kotoran, percampuran sel kulit mati, dan sebum atau zat yang diproduki kelenjar minyak yang berfugsi untuk mencegah kekeringan pada kulit. Proses tersebut bisa membuat infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada daerah sumbatan tersebut. 

Untuk kasus komedo hitam, sumbatan folikel tersebut membuka pori-pori kulit. Sedangkan pada kasus komedo putih, sumbatan folikel tersebut menciptakan tonjolan. Baik jerawat maupun komedo, sebaiknya tidak dianggap enteng, karena jika dibiarkan bisa menjadi jerawat parah. 

By Ana Rediana - Kesehatan Rabu, 09 November 2016 15:40:48

Related Post :
Tips
Cara Efektif Menyembuhkan Bicara…

Cara efektif menyembuhkan biacara…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket)…

Sudah tidak asing lagi…

Kewanitaan
Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa…

Tanpa disadari, beberpa kebiasaan…

Kewanitaan
Kebiasaan Buruk Ini Jadi…

Kebiasaan buruk ini sering…

Kesehatan
10 Makanan Yang Baik…

Daftar makanan yang baik…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita Hindari Demi Kesehatan Vagina

Hal-hal yang harus wanita hindari…

Kesehatan
Makanan Pemicu Radang Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Meskipun penyebab usus buntu tidak…

Kesehatan
Mengenali Penyebab dan Faktor Risiko Down Syndrome

Down syndrome merupakan kelainan kromosom…

Kirim Pertanyaan
Top