Cara Mencegah Dan Mengatasi Gastroenteritis (Flu Perut)

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Mengatasi Gastroenteritis (Flu Perut) Dan Pencegahannya

Sebelum kita mengetahui cara untuk mencegah dan mengatasi gastroenteritis, yuk kita simak terlebih dahulu apa itu gastroenteritis. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi pada perut atau usus yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Gastroenteritis juga biasa disebut dengan flu perut, flu lambung, atau virus perut. Infeksi ini menyebabkan terjadinya mual, muntah, diare, keram perut, bahkan terkadang menyebabkan demam.


Obat-obatan antibiotik tidak akan berpengaruh terhadap virus yang sudah menginfeksi. Jadi, jangan memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja yang sakit akibat infeksi virus. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi flu perut ini ini, diantaranya adalah:

  • Perbanyak minum

Jika kesulitan untuk minum air, gunakanlah sedotan. Hindari mengonsumsi jus buah-buahan, karena bisa memicu meningkatnya gejala diare yang alami. Disarankan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit dan mudah untuk dicerna. Seperti pisang, bubur, atau ikan. Hal ini untuk membantu pemulihan bagi peru Anda. berhentilah makan saat mual mulai terasa kembali.

  • Perbanyak istirahat

Pada saat pemulihan mungkin akan terasa sangat lelah dan lemah, maka disarankan untuk memiliki waktu istirahat yang lebih banyak. 

  • Hindari es krim dan minuman bersoda

Minuman berenergi bisa menggantikan elektrolit dalam tubuh, dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa. Sedangkan es krim, permen, atau minuman bersoda bisa memperparah diare pada anak-anak. 

  • Berikan ASI atau susu formula pada bayi

Setelah muntah atau diare, berikan cairan pada bayi sekitar 15 hingga 20 menit. Hal tersebut dilakukan agar perut bayi bisa beristirahat terlebih dulu. Berikan ASI jika bayi tersebut masih mengonsumsinya, atau bisa juga dengan susu formula atau oralit jika bayi sudah bisa minum dari botol.

Gastroenteritis atau flu perut ini juga  bisa dicegah, berikut beberapa cara untuk mencegah terjadinya infeksi usus:

  • Mencuci tangan

Cucilah tangan secara menyeluruh termasuk di sela-sela kuku dan juga punggung tangan hingga bersih. Gunakan sabun cuci tangan dan juga air hangat lalu gosok setidaknya sekitar 20 detik. Jika tidak ada sabun atau air, gunakanlah tisu atau pembersih tangan khusus yang mampu membunuh kuman. 

  • Gunakan peralatan pribadi

Selalu gunakanlah peralatan pribadi, seperti memakai peralatan makan dan minum sendiri. Hindari memakai peralatan makan secara bergantian dengan orang lain. Pastikan pula tidak menggunakan handuk secara bergantian.

  • Menjaga Jarak

Jika Anda melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi gastroenteritis ini, usahakan untuk menjaga jarak dengannya, dan hindari bersentuhan langsung dengan orang tersebut, atau hindari untuk menyentuh barang-barang yang digunakan oleh orang yang terinfeksi tersebut. 

  • Bersihkan barang-barang

Sebaiknya Anda membersihkan barang-barang, tempat, dan juga permukaan yang sudah disentuh oleh orang yang terinfeksi gastroenteritis yang tinggal serumah dengan  Anda.

Jika Anda senang bepergian atau menggunakan fasilitas tempat umum, sebaiknya berhati-hati dalam memilih minuman atau makanan yang akan dikonsumsi.

Berikuti ini merupakan beberapa hal yang perlu untuk dihindari:

  • Hindari konsumsi makanan mentah baik sayuran atau buah-buahan yan sudah dikupas dan disentuh oleh tanga orang lain.
  • Jangan mengonsumsi daging yang tidak matang, pastikan terlebih dahulu untuk memasaknya hingga matang
  • Belilah air minum dalam kemasan, hal ini untuk menghindari mengonsumsi air yang terkontaminasi oleh orang lain.
  • Termasuk saat menggosok gigi, disarankan tetap menggunakan air dalam kemasan.
  • Hindari mengonsumsi es batu, karena es batu itu tidak terjamin kebersihannya. Bisa jadi air yang digunakan sudah terkontaminasi oleh virus. 

Beberapa penjelasan mengenai gastroenteritis ini semoga bisa membantu Anda.

By Ana Rediana - Penyakit Kamis, 10 November 2016 15:48:19

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Beberapa anggapan umum yang…

Manfaat
Mengetahui Beragam Manfaat Daging…

Di Indonesia sendiri daging…

Alami
Bahan Alami Untuk Mengobati…

Bagi anda yang sedang…

Manfaat
Manfaat Kunyit Untuk Mengobati…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Dampak Melakukan Perawatan Wajah…

Baru-baru ini Roro Fitria…

Kesehatan
Inilah Penyakit Yang Timbul…

Inilah penyakit yang timbul…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri Saluran Tuba Falopi Tersumbat

Berikut adalah tanda dan ciri-ciri…

Penyakit
Penyakit
Kenali Penyakit Polio Serta Penyebab Dan Gejalanya

Mengenal penyakit polio serta jenis-jenis,…

Kirim Pertanyaan
Top