Langkah-langkah Pencegahan Kanker Ovarium

Share dan Tag Temanmu di :

Karena penyebab secara pastinya belum diketahui, maka dalam pencegahannya pun belum bisa dilakukan secara pasti. Bagi Anda yang memiliki risiko tinggi terkena kanker ovarium, pengangkatan ovarium dan tuba falopi sebelum terkena kanker juga bisa dilakukan untuk meminimalisasi risiko.


Prosedur tersebut biasanya dilakukan bagi penderita di usia 35 hingga 40 tahun atau saat Anda memutuskan untuk tidak memiliki keturunan lagi. Kanker ovarium berada di urutan kedua setelah kanker serviks dan kanker endometrium yang harus diwaspadai wanita. Ada beberapa hal yang bisa menurunkan risiko terkena kanker, terutama metode yang bisa menghentikan proses ovulasi. Langkah-langkah tersebut diantaranya:

-Menjalani proses kehamilan dan menyusui, karena hal ini dapat menurunkan risiko terjadinya kanker ovarium
-Menggunakan kontrasepsi berbentuk pil. Mengkonsumsi pil kontrasepsi selama lima tahun mampu mengurangi risiko terjangkitnya kanker ovarium
-Menerapkan pola hidup sehat dan menghindari obesitas dapat menghindari terkena kanker ovarium. Pola hidup yang sehat bisa dilakukan dengan olahraga secara teratur, dan memilih pola makan yang sehat dan seimbang. Makanan yang dapat mengurangi resiko kanker adalah sayuran, jagung, wortel, karbohidrat, mengonsumsi vitamin A, C, dan makanan yang kaya serat.
-Melakukan pemeriksaan rutin. Wanita bisa melakukan ginekologi atau USG untuk mendeteksi penyakit ovarium. Pemeriksaan tersebut bisa mencegah terjadinya kista ovarium dan lesi lainnya terjadi yang dapat menyebabkan kanker ovarium.
-Laktasi berkepanjangan. ASI yang diperpanjang mampu mencegah peran kanker ovarium dalam jangka pender sekitar 4 hingga 6 bulan. Lebih dari itu akan merangsang sekresi hipofisis oksitosin di saat yang sama, juga mampu meningkatkan produksi gonadotropin.
-Penggunaan hormon. Para ahli dari Modern Cancer Hospital Guanzhou mengatakan, wanita harus berhati-hati dalam penggunaan hormonnya. Banyak wanita yang memiliki gangguan menstruasi, sebuah survei menemukan bahwa haid yang tidak teratur dalam jangka panjang, mampu meningkatkan risiko kanker ovarium
-Meningkatkan aktivitas fisik. Perbanyaklah melakukan aktivitas fisik daripada hanya bersantai, buatlah suasana hati Anda menjadi menyenangkan. Melakukan aktivitas ini dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

Itulah beberapa tips yang bisa menurunkan risiko terkena kanker ovarium. Ketahui juga gejala kanker ovarium, supaya anda bisa melakukan pencegahan kanker ovarium sejak dini.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 11 November 2016 08:36:52

Related Post :
Ibu Dan Anak
Penyebab Nafsu Makan Berlebihan…

Buah hati anda memiliki…

Kesehatan
Awas! Penyebab Sering Kentut…

Penyebab sering kentut atau…

Kesehatan
Bahaya Sering Minum Minuman…

Bahaya sering minum minuman…

Kesehatan
Manfaat Terapi Bekam Untuk…

Manfaat terapi bekam untuk…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda…

Kanker otak adalah tumor…

Kulit
Mengenal Manfaat Dan Fungsi…

Mengenal manfaat dan fungsi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Waspada! Orang Tipe Ini Rentan Alami Kanker Payudara

Berikut ini merupakan beberapa tipe…

Kesehatan
Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe? Ini Penyebabnya

Kulit kepala berkerak seperti ketombe?…

Kesehatan
Terapi Pengobatan untuk Mengatasi Keluhan Sesak Nafas

Berikut ini beberapa jenis terapi…

Kirim Pertanyaan
Top