Tips Memilih Minyak Goreng Yang Sehat Untuk Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Memilih Minyak Goreng Yang Sehat Untuk Tubuh.

Minyak adalah salah satu keperluan utama untuk memasak. Begitu pentingnya peran minyak, sehingga jangan sampai salah memilihnya, karena setiap jenis minyak mengandung nutrsi yang bisa mempengaruhi kesehatan. Bijak dalam memilih minya pun bisa membantu kondisi kesehatan termasuk bisa untuk mengendalikan kolesterol, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan lain-lain.


Beberapa jenis minyak yang sering digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut: 

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang mampu bertahan dalam waktu lama pada suhu ruangan. Minyak ini juga memiliki aroma yang wangi, sehingga tidak heran jika banyak digunakan untuk memanggang kue atau menjadi pelengkap jenis makanan lain. Minyak kelapa memiliki kandungan 90 persen lemak jenuh, yang berisiko mampu meningkatkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang kita kenal dengan kolestrol jahat yang berisiko terkena penyakit jantung. 

Namun adanya antioksidan pada minyak ini pun berpotensi sebagai penyehat jantung, karena berperan dalam mencegah pembentukan plak di dinding pembuluh darah. Dengan demikian, peran antioksidan mampu menjaga rongga pembuluh darah agar tidak menyempit. Namun walaupun demikian, kita perlu berhati-hati dalam memilih minyak kelapa, karena saat ini banyak minyak kelapa yang dipasarkan melewati banyak proses yang mampu merusak antioksidan dan zat-zat penting lainnya. 

  • Minyak sawit

Minyak ini memiliki kandungan asam palmitat yang masih tergolong pada asam lemak jenuh. Kandungan ini juga berpotensi untuk meningkatkan kadar LDL dan semua jenis kolesterol. Namun, efeknya terhadap penyakit kardiovaskular masih menjadi perdebatan di dunia medis. Namun disamping kelemahannya, minya sawit juga memiliki kandungan asam oleat dan linoleat yang tergolong asam tidak lemak tidak jenuh, serta vitamin A dan E sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung didalamnya juga mampu mencegah kerja dari enzim dalam pembentukan kolesterol.

  • Minyak Kanola

Berbeda dengan minyak sawit dan kelapa, minyak ini justru memiliki kandungan asam lemak jenuh yang rendah, hanya sekitar 7% saja. Senyawa vitamin E tokoferol dan zat-zat yang lain, dipercaya mampu melindungi jantung. Penelitian terhadap pola makan dengan menggunakan minyak kanola, mampu mengurangi kadar kolesterol dibanding dengan minyak lainnya. 

  • Minyak Zaitun

Minyak ini sangat bagus digunakan untuk kesehatan, karena sepuluh kali lebih banyak mengandung lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut kemungkinan berkaitan dengan kemampuan minya zaitun dalam menekan kadar LDL sebagai kolesterol buruk, dan mampu memperbaiki kadar kolesterol total dan trgliserida tinggi (hiperlipidemia), dan mampu mencegah hipertensi. Menurut studi penelitian, mengonsumsi minyak zaitun secara continue dapat mencegah terjadinya stroke

Bukan hanya mencegah adanya penyakit kardiovaskular, minyak zaitun juga dapat membantu untuk menekan risiko kanker payudara, gangguan hati, peradangan usus, dan radang pankreas akut. Minyak ini juga dipercata bisa mendukung kesehatan mental dengan menekan depresi, sekaligus mencegah terjadinya perkembangan penyakit Alzheimer atau kepikunan. Untuk mendapat banyak manfaat dari minyak ini, dianjurkan untuk mengonsumsi dua sendok makan atau 23 gram setiap harinya. Minyak ini juga bisa digunakan dalam masakan seperti saat menumis sayur, campuran salad, atau memoles daging sebagai pengganti dari mentega. 

Pentingnya minyak dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkuri. Oleh sebab itu bijaklah dalam memilih minyak, perhatikan kandungan nutrisinya dengan membaca label kemasan secara teliti. 

By Ana Rediana - Tips Jum'at, 11 November 2016 15:21:00

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Croup Infeksi…

Mengenal penyakit croup infeksi…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Menjaga Kesehatan…

Tips cara menjaga kesehatan…

Kesehatan
Makanan Ini Berbahaya Jika…

Meskipun asma bisa dicegah…

Kesehatan
Penyebab Lain Gatal di…

Selian ketombe, ternyata terdapat…

Kesehatan
Wajib Tahu! Jenis-jenis Kanker…

Berikut ini jenis-jenis kanker…

Obat Kimia
Obat Pseudoephedrine Untuk Mengatasi…

Obat pseudeophedrine untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Pancaroba

Tips menjaga kesehatan anak saat…

Tips
Latihan Mengerucutkan Bibir Bantu Redakan Sesak Nafas

Terdapat berbagai terapi pengobatan sesak…

Tips
Cara Mudah Mencegah Dan Mengatasi Ngorok Saat Tidur

Berikut adalah beberapa langkah, tips…

Kirim Pertanyaan
Top