Hati-Hati Kanker Payudara Juga Bisa Dialami Pria

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian utama pada perempuan. Namun, apakah Anda tahu jika pria pun memiliki risiko terserang kanker payudara sama seperti wanita ?

Ya, meskipun tidak memiliki payudara seperti wanita, namun pria juga memiliki sejumlah kecil jaringan payudara. Payudara dari seorang pria dewasa hampir sama dengan payudara seorang gadis sebelum pubertas. Pada anak perempuan, jaringan ini tumbuh dan berkembang, sedangkan pada pria tidak.


Awalnya para ahli menduga jika kanker payudara pada pria lebih parah dibandingkan jika terjadi pada wanita. Namun, setelah diteliti, keparahan antara pria dan wanita adalah sama. Yang membuat kanker payudara pada pria terlihat lebih parah adalah karena pada stadium awal, kanker payudara pria seringkali tidak terdeteksi. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya informasi yang diketahui masyarakat bahwa kanker payudara juga bisa dialami oleh pria. Maka dari itu, kanker payudara pada pria sering terlambat didiagnosis.

Hal tersebut juga bisa disebabkan karena pria cenderung curiga sesuatu yang aneh di daerah dada dan menyangkal jika itu berasal dari payudara. Juga karena jaringan payudara laki-laki lebih kecil, sehingga lebih sulit untuk dirasakan dan dulit dideteksi lebih awal. Ini juga berarti bahwa tumor dapat menyebar lebih cepat ke jaringan sekitarnya.

Faktor Risiko Kanker Payudara pada Pria

Pria yangberusia di bawah 35 tahun sangat jarang sekali mendapatkan kanker payduara. Kemungkinan penyakit ini naik seiring dengan usia. Kebanyakan kanker payudara pada pria terjadi antara usia 60 dan 70 tahun. Selain itu, faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada pria adalah 

  • Intake estrogen
  • Riwayat paparan radiasi pada dada
  • Penyakit hati yang berat (sirosis)
  • Sebuah kondisi genetik langka yang disebut dengan sindrom Klinefelter
  • Penyakit testis seperti mumpsorchitis, cedera testis, testis tidak turun
  • Adanya pembesaran payudara (ginekomastia) dari hormon atau obat perawatan
  • Adanya kanker payudara pada saudara perempuan dekat (ibu, nenek, tante, kakak kandung, adik kandung, atau yang lainnya)

Waspadai Gejala Kanker Payudara pada Pria

Biasanya kanker payudara pada stadium awal tidak menimbulkan gejala. Namun, berikut ini beberapa gejala kanker payudara pada pria yang harus diwaspadai :

Benjolan di payudara

Benjolan di sekitar payudara merupakan tanda awal dari penyakit kanker payudara pada pria. Meskipun jika tidak menimbulkan rasa sakit ketika diraba, namun jika Anda menemukan benjolan tidak wajar tersebut sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Puting berdarah


Tanda penyakit kanker payudara pada pria selanjutnya yaitu keluarnya cairan berupa darah atau cairan berwarna putih dari puting susu. Perlu diketahui, jika Anda mengalami kondisi tersebut, maka itu berarti kanker payudara yang Anda lamai sudah parah.

Gangguan fungsi tubuh

Sel-sel kanker payudara termasuk jenis sel kanker yang paling agresif menyerang tubuh. Akibatnya fungsi tubuh pun dapat terganggu dan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan lainnya. Bahkan dapat menyerang kesehatan prostat dan hati pada pria.

Rasa lelah dan lemah


Sama seperti penyakit kanker lainnya, gejala kanker payudara juga termasuk rasa lemah dan lelah pada tubuh. Hal ini disebabkan karena perkembangan sel kanker mampu mengganggu fungsi tubuh sehingga menyebabkan tubuh lelah, lemah, dan bahkan dehidrasi.

Kehilangan berat badan dan nafsu makan

Hal ini disebabkan karena sel kanker mampu mengganggu fungsi tubuh, maka penyerapan nutrisi di dalam tubuh tidak berlangsung maksimal. Selain itu, nafsu makan juga bisa hilang. Akibatnya berat badan mengalami penurunan.

Pengobatan kanker payudara pada umumnya akan dilakukan operasi untuk membuang kanker pada bagian dada yang terkena. Biasanya tindakan operasi akan diikuti dengan terapi pemblokiran hormon jangka panjang dengan menggunakan obat. Dalam beberapa kasus, juga akan digunakan radioterapi atau kemoterapi untuk tujuan yang sama.

Kemungkinan sembuh untuk kanker payudara pada pria tidak sebaik pada wanita. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran atas kondisi tersebut dan mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendiagnosisnya. Kemungkinan untuk sembuh pada pria dari kanker payudara biasanya bergantung pada sejauh apa kanker telah menyebar pada tubuh sebelum didiagnosis. Kanker payudara yang telah didiagnosis pada stadium awal biasanya dapat disembuhkan dengan sukses, namun pengobatan yang efektif aakn sulit dilakukan jika sel kanker telah menyebar melebihi jaringan payudara.

By Sri Maryati - Penyakit Jum'at, 11 November 2016 15:42:18

Related Post :
Manfaat
Benarkah Minum Air Jahe…

Selain untuk menambah rasa…

Manfaat
Manfaat Jagung Untuk Mengatasi…

Manfaat jagung untuk mengatasi…

Kesehatan
Inilah Penyebab Konsumsi Makanan…

Anda mungkin pernah melihat…

Manfaat
Ini Manfaat Sehat Dari…

Beragam manfaat kacang arab…

Kesehatan
Ketahui Berbagai Penyebab Kaki…

Berbagai penyebab kaki terasa…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Kedelai Secara…

Meskipun memiliki manfaat bagi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Mewaspadai penyebab dan gejala penyakit…

Penyakit
Ketahui Bahaya Gigi Berlubang Jika Dibiarkan

Dalam bahasa medis penyakit gigi…

Kirim Pertanyaan
Top