Dampak Negatif Bagi Orang Yang Jarang Mandi Pagi Dan Sore

Share dan Tag Temanmu di :

Dampak Negatif Bagi Orang Yang Jarang Mandi Pagi Dan Sore

Mandi adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan semua kotoran, dan bakteri yang melekat pada tubuh. Kegiatan umum yang dilakukan dua kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari yang bertujuan agar badan tetap bersih, segar dan sehat.


Mengapa tubuh perlu mandi?

Perlu diketahui, manusia memiliki dari 3 jt kelenjar keringat yang bisa ditemukan di dermis dan permukaan kulit. Disaat melakukan aktivitas fisik, kelenjar tersebut akan mengeluarkan keringat setiap hari sebanyak kurang lebih 2 liter. Pengeluaran keringat tersebut tentunya disertai dengan keluarnya kotoran dari dalam tubuh. Jika keringat dibiarkan, maka akan berakibat munculnya bau badan. Oleh hal itu, kita memerlukan mandi untuk membersihkan kotoran yang menempel ditubuh kita.

Sebagian orang, mandi menjadi kegiatan yang sangat berat dilakukan yang biasanya memiliki alasan karena sedang sakit atau cuaca dingin. Padahal jika kita jarang mandi, akan muncul berbagai masalah seperti:

1. Bau badan

Akibat jarang mandi akan timbul bau badan, masalah yang cukup mengganggu penampilan. Bau badan terjadi ketika saat keringat, parfum dan bakteri dalam tubuh kita bercampur menjadi satu yang akan berakibat bau tidak sedap.

2. Gangguan eksema

Gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti debu, pasir, keringat, dan berbagai bakteri lainnya. Ciri penyakit ini muncul lepuhan atau gelembung kecil pada kulit yang jika pecah akan mengeluarkan cairan sehingga terjadi peradangan yang diakibatkan karena kulit gatal dan kering.

3. Gangguan susah tidur

Salah satu bahaya kurang tidur yaitu akan menyebabkan keadaan fisik yang kurang bersemangat. Setelah seharian beraktivitas, apalagi aktivitas dibawah sinar matahari tubuh pasti mengeluarkan keringat berlebih yang bercampur dengan kotoran dan bakteri.

4. Gatal-gatal

Setelah beraktivitas disiang hari tubuh akan mengeluarkan keringat disertai munculnya kuman dan dan berbagai mikroba lainnya yang melekat pada tubuh. Mikroba dan kuman bisa berkembangbiak dengan pesat pada tubuh yang lembab yang akan menimbulkan rasa gatal pada sebagian maupun seluruh tubuh.

5. Stress dan depresi

Stress dan depresi juga bisa pemicu dari akibat jarang mandi. Yang disebabkan karena ketegangan otot dan saraf dalam tubuh akibat kelelahan melakukan berbagai akitivitas. Maka dari itu, segeralah untuk membersihkan badan dengan mandi yang akan menimbulkan relaksasi pada saraf dan otot pada tubuh sehingga kita terhindar dari stress.

6. Tubuh menjadi lemas tidak bergairah

Debu dan keringat yang bercampur setelah aktivitas mengakibatkan tubuh terasa lengket dan banyak ion negatif yang masuk ke tubuh. Sehingga hal itu akan menghilangkan gairah kita untuk melakukan aktivitas lain. Mandi menggunakan air dingin bisa mengeluarkan ion negatif dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih segar.

7. Meningkatkan suhu tubuh

Meningkatnya suhu tubuh setelah aktivitas seharian. Hal ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Tetapi pada saat masih berkeringat jangan langsung mandi, tunggu beberapa menit hingga keringat hilang.

8. Efek sosial

Efek dari perubahan prilaku (seperti sering menggaruk) dan bau badan yang tidak enak akibat tidak mandi sehingga membuat orang-orang merasa terganggu dengan bau tidak sedap yang keluar dari tubuh kita. Walaupun kita telah berusaha menutupi dengan menggunakan parfum tetapi justru akan menambah masalah bau badan.

Manfaat mandi dua kali sehari dapat memberikan efek positif bagi tubuh dan kesehatan kita. Sempatkanlah mandi meski sedang sibuk karena dengan mandi akan membuat tubuh lebih bersih dan segar dan tentunya semangat kembali untuk melakukan aktivitas lainnya. Tapi ingat jauhi mandi malam karena akan menimbulkan dampak negatif apalagi dengan air dingin.

By Ana Rediana - Kesehatan Sabtu, 12 November 2016 08:00:49

Related Post :
Kesehatan
Jangan Abaikan ! Ini…

Selain nikmat, ikan baronang…

Kesehatan
Dampak Negatif Minuman Cepat…

Waspadai bahaya atau dampak…

Kesehatan
Pantangan Dan Jenis Makanan…

Pantangan dan jenis makanan…

Manfaat
Mengenal Manfaat Gandasuli Untuk…

Tahukah anda apa manfaat…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Gejala Dan…

Tahukah anda apa itu…

Alami
Bahan Alami Untuk Mengobati…

Bagi anda yang sedang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Salah Posisi Angkat Beban Bisa Memicu Sakit Pinggang

Kebiasaan salah posisi angkat beban…

Kesehatan
Kesehatan
Awas ! Jangan Konsumsi Makanan Kadaluarsa Ini Bahayanya

Informasi tentang bahaya mengkonsumsi makanan…

Kirim Pertanyaan
Top