Diagnosis Kanker Hati Dan Tahap Perkembangannya

Share dan Tag Temanmu di :

Seperti kita ketahui, pemeriksaan atau diagnosis kanker hati dapat dilakukan dengan USG dan juga AFP (alfa fitoprotein) melalui tes darah. Namun, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan penunjang lainnya untuk mendiagnosis kanker hati, yaitu dengan cara:



1. MRI (Magnetic Resonance Imaging). Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara pengambilan tampilan organ hati dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio.

2. CT scan. Dengan melakukan CT Scan, organ hati Anda akan difoto dengan sinar X khusus.

3. Biopsi. Penderita akan diambil contoh jaringan hatinya dengan sebuah jarum. Contoh/sampel tersebut kemudian akan diuji di laboratorium untuk mendeteksi sel-sel bersifat kanker.

4. Laparoskopi. Penderita akan dibuatkan goresan kecil pada perut, itu berfungsi untuk memasukkan kamera endoskopi untuk memeriksa hati si penderita. Tes ini dijalankan dengan pembiusan total.

Walaupun ada beberapa cara untuk mendiagnosis adanya kanker hati, namun bukan berarti penderita perlu melakukan semua jenis tes tersebut. Kanker hati juga melakukan perkembangan dengan beberapa tahap. Seperti yang dilakukan oleh BCLC (Barcelona Clinic Liver Cancer) yang membagi lima tahap perkembangan kanker hati, diantaranya:

- Stadium O
Pada stadium ini pasien masih dalam kondisi sehat, hatinya masih berfungsi dengan baik, tapi terdapat tumor berdiameter kurang dari 2 cm.

- Stadium A
Di stadium A, kondisi dan fungsi hatinya masih baik, tapi sudah tumbuh sebuah tumor dengan ukuran kurang dari 5 cm, atau terdapat tiga tumor atau lebih dengan diameter kurang dari 3 cm.

- Stadium B
Penderita sudah memiliki beberapa tumor dalam hati, namun belum berpengaruh pada fungsi hatinya.

- Stadium C
Fase berbahaya karena kanker telah mulai menyebar ke dalam pembuluh darah, nodus getah bening sekitarnya atau bagian tubuh yang lain. Pada stadium ini, tubuh tidak begitu sehat dan fungsi hatinya tidak bekerja dengan begitu baik.

- Stadium D
Fase terakhir dimana pengidap menunjukkan gejala tahap akhir dari kanker hati, seperti penumpukan cairan dalam perut. Sebagian besar fungsi hati telah kehilangan kemampuannya.

Lalu bagaimana pengobatannya? Pengidap kanker hati ini akan diberikan pengobatan dengan jenis pengobatan yang sesuai dengan stadium kanker tersebut. Ada tiga cara utama yang dapat dilakukan untuk pengobatan kanker hati:

- Pertama, dilakukan Reseksi atau operasi, yaitu mengambil bagian organ hati yang terkena kanker.
- Kedua, dilakukan transplantasi hati dengan operasi untuk mengganti organ dengan hati yang baru.
- Ketiga, dilakukan pengangkatan dengan menggunakan frekuensi radio atau Radiofrequency ablation/RFA. Cara ini dilakukan dengan menggunakan panas untuk membunuh sel-sel bersifat kanker.

Penderita kanker hati ini bisa sembuh total, dengan catatan saat didiagnosis masih berada pada stadium A. Namun penyembuhan total tidak dapat dilakukan jika kanker tersebut sudah berada pada stadium B atau C. Bagi penderita stadium D, perawatan dilakukan hanya untuk meringankan rasa sakit yang dialami penderita saja. Dan untuk langkah pencegahan kanker hati, anda dapat melakukan kebiasaan hidup sehat mulai dari sejak ini.

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 12 November 2016 08:18:34

Related Post :
Ibu Dan Anak
Bahaya Minuman Berenergi Jika…

Efek buruk dan bahaya…

Kesehatan
Makanan dan Minuman Penyebab…

Makanan dan minuman penyebab…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Kanker Serviks…

Mengenal penyakit kanker serviks…

Tips
Anda Cukup Kompres Pakai…

Anda cukup kompres pakai…

Penyakit
Hati-Hati Kanker Payudara Juga…

Kanker payudara bukan hanya…

Penyakit
Ketahui Bahaya Gigi Berlubang…

Dalam bahasa medis penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ini Cara Mendeteksi Penyakit Hidrosefalus Sejak Dalam Kandungan !

Inilah cara mendeteksi penyakit hidrosefalus…

Penyakit
Mengetahui Kaitan Antara Sirosis dengan Kanker Hati

Kanker hati seringkali dikaitkan dengan…

Penyakit
Mengetahui Komplikasi Bell’s Palsy

Mengetahui komplikasi bell's palsy penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top