7 Cara Mengajari Anak untuk Belajar Hidup Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Dengan mengajari anak untuk hidup sehat sejak dini maka manfaatnya akan terasa sampai mereka dewasa nanti. Salah satu cara mengajari mereka untuk hidup sehat adalah membuatnya sadar mengenai pentingnya asupan nutrisi sehat serta mempunyai gaya hidup aktif. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi dan kurang aktif bergerak bisa memicu berat badan berlebih, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, sampai meningkatnya risiko depresi.


Berikut kami bahas mengenai cara mengajari anak untuk belajar hidup sehat.

  1. Mengatur porsi yang cukup. Prinsip sederhana yang bisa diajarkan pada anak mengenai hidup sehat adalah tidak makan atau minum berlebihan. Orang tua perlu mengajarkan kepada anak untuk tidak terlalu memanjakan lidah seperti sering memberikan makanan gurih seperti mie instan. Jika anak terlalu sering mengonsumsi makanan gurih, biasanya dia menjadi tidak suka mengonsumsi sayuran yang rasanya tidak seenak mie instan.

  2. Membiasakan untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Anak dapat mengenali rasa lapar dan kenyang dengan lebih baik saat dia mengunyah makanan dengan perlahan. Tunggu 15 menit sebelum memberikan makanan tambahan. Jika anak masih lapar setelah diberi makan, berikan tambahan dengan porsi lebih kecil.

  3. Mengajak anak belanja serta menyiapkan makanan. Ketika berbelanja, orang tua bisa membaca bersama anak tentang kandungan nutrisi dari label pada kemasan makanan. Hal tersebut tentu bisa membantu anak menyadari pentingnya nutrisi yang sehat.

  4. Menjadikan makan bersama sebagai rutinitas. Ketika makan bersama keluarga, Anda sebagai orang tua bisa mengisinya dengan percakapan menyenangkan dan ajang sharing bersama anak. Kebiasaan tersebut juga baik untuk memberikan contoh kepada anak tentang mengonsumsi makanan sehat termasuk buah dan sayur.

  5. Tidak menjadikan makanan sebagai penghargaan atau hukuman. Hal tersebut bisa membuat anak takut kekurangan makanan. Misal,  menghukumnya untuk langsung tidur sebelum mendapatkan makan malam justru hanya membuat anak kelaparan. Begitu juga makanan manis atau permen sebagai penghargaan, sebaiknya dihindari.

  6. Pastikan minum air yang cukup. Cara mengajari anak untuk hidup sehat adalah dengan membiasakan minum air putih yang cukup. Hindari minum air soda atau minuman manis lain terlalu banyak untuk menghindari obesitas.

  7. Mengajarkan untuk aktif bergerak dan berolahraga. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk merangsang anak terus bergerak. Diantaranya adalah naik sepeda atau bermain di taman. Berbagai manfaat olahraga lainnya juga membuat anak untuk tidur lebih nyenyak, mempunyai berat badan ideal, lebih tahan stress, dan terhindar dari risiko obesitas.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 12 November 2016 10:45:54

Related Post :
Alami
Obat Fistula Ani Tradisional…

Selain melalui prosedur operasi,…

Tips
Cara Efektif Menyembuhkan Bicara…

Cara efektif menyembuhkan biacara…

Obat Kimia
Retinoic Acid Obat Untuk…

Retinoic acid obat untuk…

Kesehatan
Mengenal Gangguan Tidur Microsleep…

Microsleep merupakan salah satu…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang selada, kandungan…

Manfaat
Manfaat Ketan Hitam Untuk…

Penelitian mengenai manfaat ketan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Gejala Penyakit Kawasaki Pada Anak

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit yang…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak

Cara mencegah penyakit diabetes pada…

Kirim Pertanyaan
Top