Tips Cara Mengajari Anak Agar Cepat Berbicara

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Cara Mengajari  Anak Agar Cepat Berbicara

Anak kecil yang baru belajar berbicara memang sangat menggemaskan. Di usia satu tahun, biasanya Si Kecil sudah mulai bisa mengucapkan satu atau beberapa kata yang mudah diucapkan. Sebenarnya, sejak dilahirkan ke dunia, seorang bayi sudah belajar bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan orang terdekatnya. Seperti dengan cara menangis untuk mengekspresikan rasa lapar, lelah, atau tidak nyaman.


Secara bertahap, Si Kecil pun bisa mengetahui dan mengerti bagaimana cara untuk mengekpresikan apa yang dia lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Si Kecil bisa belajar dengan cepat dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Disinilah  peran orang tua sangat penting bagi perkembangan Si Kecil terutama dalam berbahasa. 

Beberapa ahli percaya, bahwa dengan mengajak anak mengobrol atau berbicara adalah salah satu cara efektif untuk merangsang sang anak agar bisa berbicara. Bahkan penelitian menunjukkan, anak-anak yang sering diajak berbicara sejak dari usia dini akan memiliki kosakata yang lebih banyak, dan memiliki tata bahasa yang jauh lebih baik dibanding yang tidak. Nah, untuk mengajari anak agar bisa berkomunikasi dengan baik, kita bisa melakukan langkah berikut ini: 

  • Rajin Mengajak Anak Berbicara

Bagi anak, setiap hari merupakan sebuah petualangan. Jadi penting bagi orang tua untuk menanyakan apa saja yang telah dilakukannya, atau mengajaknya berbicara dalam berbagai aktivitas. Misalnya, “Adek, makan dulu yuk!, makanannya enak lho, ayo makan supaya Adek cepat besar, dan pintar.” Atau jika sang anak mulai pintar berbicara, sebelum tidur ajaklah untuk menceritakan kegiatan apa saja yang telah dilakukannya, seperti, “Hari ini main sama siapa aja, Dek? Dimana? Seru enggak?” dan lain-lain. Cobalah untuk memberikan pertanyaan yang memiliki jawaban yang lebih bervariatif, tidak hanya “iya” dan “tidak” saja. 

  • Membacakan Cerita

Semakin dini anak mendengarkan cerita-cerita yang baik, semakin baik pula untuk perkembangannya. Orangtua bisa mulai membacakan buku-buku cerita bergambar yang sederahana. Selain sebagai salah satu cara untuk mengajari anak berbicara, mengenalkan buku kepada anak sejak kecil pun bisa menumbuhkan kegemaran anak dalam membaca atau menyukai buku-buku. 

  • Mengarang Cerita Bersama

Kita juga bisa belajar untuk mengarang cerita bersama, misalnya dengan memunculkan berbagai tokoh yang disukainya, memberikan konflik dan petualangan. Ceritanya, tentu harus menarik minat Si Kecil, dan bersifat edukatif.

  • Mendengarkan Musik Bersama

Musik juga ternyata cukup membantu dalam tumbuh kembang anak. Karena anak kecil menyukai musik dan gerakan. Saat mereka mendengarkan lagu-lagu, mereka mulai belajar berirama, bahasa, dan dunia di sekitarnya. Tidak heran juga jika sang anak menyukai lagu tersebut, dia seringkali menggerak-gerakkan anggota tubuhnya. 

  • Bertanya 

Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada Si Kecil mengenai benda-benda yang ada di sekitarnya. Misalnya kita bisa menunjuk beberapa benda seperti pohon, binatang, meja, kursi, dan lain-lain, dan menanyakan apa namanya. Itu mampu mengasah daya ingat Si Kecil, juga mengajari banyak hal-hal baru yang belum ia ketahui. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir di dalam keluarga yang banyak berbicara, memiliki IQ yang lebih tinggi saat berusia tiga tahun, daripada mereka yang terlahir di keluarga pendiam. Jadi, yuk mulai latih Si Kecil untuk terus aktif dalam berbicara, agar kemampuan berbahasanya terus meningkat. 

By Ana Rediana - Tips Sabtu, 12 November 2016 15:41:42

Related Post :
Daun
Khasiat Manfaat Daun Randu…

Khasiat manfaat daun randu…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Syaraf…

Mengenal gejala penyebab syaraf…

Kesehatan
Jenis-jenis Sayuran Terbaik Untuk…

Punya berat badan yang…

Kesehatan
Gaya Hidup Sehat untuk…

Ada banyak cara yang…

Alami
Obat Diuretik Alami untuk…

Selain obat yang telah…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun…

Informasi seputar Kandungan gizi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Cara melancarkan buang air besar…

Tips
Tips Diet Sehat Alami Tanpa Obat

Memiliki badan ideal adalah dambaan…

Tips
12 Tips Menghilangkan Suara Serak Secara Alami Dengan Cepat

Tips menghilangkan suara serak atau…

Kirim Pertanyaan
Top