Resiko Lain Penyebab Kanker Hati Selain Gangguan Hati

Share dan Tag Temanmu di :

Risiko lain penyebab kanker hati

Pada artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa kanker hati dipicu oleh sirosis, hepatitis B dan hepatitis C. Namun ada beberapa faktor lain pemicu terjadinya kanker hati, diantaranya adalah :


1. Hepatitis Autoimun
Terjadi saat kondisi genetik yang langka ini muncul ketika ketahanan alami tubuh atau sistem imun yang biasanya melawan infeksi, justru sebaliknya, menyerang sel-sel hati yang sehat. Pengidap hepatitis autoimun terhadap kanker hati ini lebih kecil daripada penderita gangguan hati atau sirosis hati lain.

2. Sirosis bilier primer
Sirosis bilier primer menyerang saluran empedu, yang merupakan jaringan pipa untuk mengalirkan empedu ke sistem pencernaan. Kerusakan ini menyebabkan penumpukan empedu di dalam hati. Penumpukan tersebut juga bisa merusak organ dan menyebabkan sirosis. Diperkirakan sekitar 5 % yang menderita sirosis saluran empede tingkat lanjut, akan menderita kanker hati di kemudian hari.

3. Hemokromatosis
Adanya hemokromatosis, yaitu kondisi genetis saat tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi yang diserap dari makanan. Penumpukan zat besi tersebut lah yang akhirnya mampu meracuni dan merusak organ hati. Sekitar 10 persen penderita kanker hati disebabkan oleh sirosis akibat hemokromatosis.

Perlu adanya pemeriksaan secara berkala bagi orang-orang yang lebih beresiko mengidap kanker hati. Beberapa pemeriksaan yang menunjang atau diagnosis kanker hati mungkin bisa dilakukan, salah satunya berguna untuk memastikan apakah benar dan tidaknya terdapat sel kanker dalam organ hati, dan apakah sel tersebut berasal dari organ tubuh yang lain atau kanker hati primer.

Pemeriksaan juga perlu dilakukan agar si penderita mengetahui berapa besar area penyebarannya dan seberapa besar gumpalan kanker di hati tersebut. Hal ini juga dilakukan agar kita mengetahui ada di stadium berapa penderita tersebut. Dengan melakukan pemeriksaan, dokter akan memperoleh gambaran mengenai fungsi dan kondisi organ hati pasiennya, dan pengaruhnya terhadap kondisi tubuh serta penanganan apa yang harusnya dilakukan.

Jika gejala-gejalanya muncul, pada umumnya penderita harus menjalani pemeriksaan pemantauan untuk mendeteksi kanker hati secara lebih detail dan intensif. Ada dua tahap yang biasanya dilakukan saat pemeriksaan, pertama dilakukan tes darah, lalu di USG (ultrasonografi).

Mengapa tes darah ini dilakukan, yaitu untuk mendeteksi ada atau tidaknya protein di dalam darah, hal ini biasa disebut AFP (alfa fitoprotein). Hampir setengah atau bahkan lebih dari penderita kanker hati primer memproduksi protein tersebut dalam dalam darahnya. Sedangkan pemeriksaan USG dilakukan agar mengetahui ada atau tidaknya kelainan pada organ hati.

Bagi penderita kanker hati atau sirosis, hepatitis B dan C lebih baik menkonsultasikan dirinya secara rutin, minimal enam bulan sekali. Karena semakin dini penyakit ini diketahui, maka pengobatan kanker hati bisa di lakukan dengan lebih mudah.

By Nida Saripah - Penyakit Senin, 14 November 2016 07:48:47

Related Post :
Tips
Cara Mudah Mengatasi Migrain…

Cara mudah mengatasi migrain…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Selain mengonsumsi obat, penderita…

Kesehatan
Tips Mencegah Penyakit Tipes…

Tips agar penyakit tipes…

Penyakit
Definisi Gejala Gagal Ginjal…

Penyakit gagal ginjal kronis…

Penyakit
Jangan Sepelekan! Ini Gejala…

Jangan sepelekan! inilah berbagai…

Daun
Mengenal Lebih Dekat Khasiat…

Selain sering kali di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil

  • Penyakit ganglion pada usia 5 tahun

    1 Balasan

    Penyakit

    Berapa lama keberhasilan obat ini untuk anak usia 5 tahun?? Dan apakah anak usia 5 tahun bisa terkena ganglion??

  • khasiat dan manfaat daun putri malu

    1 Balasan

    Penyakit

    berapa dosis yang tepat untuk mengobati batuk berdahak pada anak usia enam tahun

  • Apakah bronkitis bisa sembuh total ?

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat pagi, saya memiliki kakak yang baru-baru ini didiagnosis mengidap penyakit bronkitis. Setelah melakukan serangkaian pengobatan, apakah penyakit bronkitis itu bisa sembuh total ?


Penyakit
Berbagai Penyebab Telinga Bernanah Yang Perlu Anda Waspadai

Berikut adalah berbagai faktor penyebab…

Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Mewaspadai penyebab dan gejala penyakit…

Penyakit
Ciri Ciri dan Cara Menghindari Bakteri Salmonella

Ciri Ciri dan Cara Menghindari…

Kirim Pertanyaan
Top