Barang-Barang Berikut Bisa Jadi Agen Penyebar Kuman

Share dan Tag Temanmu di :

Kuman atau mikroba hampir terdapat di seluruh penjuru bumi. Umumnya, kuman bisa dengan mudah ditemukan di berbagai permukaan benda termasuk di tubuh Anda. Di dalam makanan dan minuman juga tidak menutup kemungkinan adanya kuman. Begitu juga dengan udara yang dihirup, air yang dipakai sehari-hari, tumbuhan yang ditanam, sampai hewan peliharaan yang dianggap sebagai teman juga tidak terlepas dari kehadiran kuman. Namun beruntung sebagian besar kuman tidak begitu membahayakan untuk tubuh manusia.

Meski demikian, sebagian jenis kuman lain merupakan agen yang bisa membahayakan kesehatan. Jika kebanyakan kuman dapat ditanggulangi dengan dilawan system kekebalan tubuh, maka sedikit diantara mereka merupakan lawan yang tangguh. Kuman tangguh tersebut mempunyai kemampuan untuk bermutasi terus menerus sehingga dapat menembus system kekebalan tubuh manusia.


Mirisnya kuman yang berhaya tersebut bisa mudah menyebar karena kelalaian dalam merawat barang, bahkan di rumah sekalipun yang dianggap sebagai area bersih. Belum lagi, gaya hidup atau perilaku yang tidak mengindahkan kebersihan pribadi atau personal hygiene. Barang-barang yang ditempati kuman di rumahnya umumnya merupakan sesuatu yang sering digunakan, baik sendiri ataupun barang yang penggunaannya berbagi dengan anggota keluarga lain.

Salah satunya adalah telepon genggam atau HP. Aktivitas keseharian mengharuskan kita bergerak di ruangan terbuka. Karena tidak kasat mata, kuman bisa dipastikan banyak yang menempel di tangan.Tanpa disadari, kita memegang telepon genggam. Penyebaran kuman pada telepon genggam juga bisa terjadi ketika kita meminjamkannya pada teman.

Tas tangan juga bisa menjadi agen penyebaran kuman. Ketika kita sibuk berpindah tempat saat bersekolah atau pun bekerja, mulai dari saat beranjak dari kendaraan, sampai di kantor, duduk di kafe, berbagai macam kuman mungkin sudah hinggap dalam tas.

Begitu juga dengan wadah tisu toilet ketika orang-orang bergantian mengambil tisu maupun saat mengisi kembali tisu ke dalam wadah. Saat itu pula berbagai macam kuman serta bakteri dapat terkumpul di dalamnya. Waspadai pula tisu yang dipakai karena berisiko dihinggapi kuman yang jika dipakai bisa berpotensi menimbulkan infeksi rahim, infeksi kandung kemih, serta radang paru-paru.

Spons untuk dijadikan alat cuci peralatan makanan juga berpotensi sebagai agen penyebar kuman. Sebuah penelitian terkait dengan kebersihan dapur mengungkapkan, spons pencuci piring bisa mengandung 200 ribu kali lebih banyak kuman dibandingkan dengan dudukan toilet. Bisa disimpulkan bahwa spons merupakan peralatan rumah tangga yang paling banyak mengandung kuman.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 14 November 2016 11:49:32

Related Post :
Penyakit
Waspada! Kerusakan Mata Ini…

Diabetes merupakan penyakit jangka…

Alami
Kecap dan Jeruk Nipis…

Campuran kecap dan jeruk…

Alami
Obat Hidrosefalus Alami Untuk…

Obat hidrosefalus alami untuk…

Penyakit
Gejala Penyakit Gonore pada…

Mengetahui gejala penyakit gonore…

Penyakit
Deretan Penyakit Langka yang…

Mengetahui deretan penyakit langka…

penyakit infeksi
Kenali Gejala Endokarditis Dan…

Tahukah anda apa itu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Terapi Pengobatan Untuk Penderita Insomnia

Insomnia merupakan sebuah kelainan berupa…

Kesehatan
Waspada! Ternyata Kebiasaan Sepele Ini Bisa Memicu Insomnia

Berikut ini beberapa kebiasaan sepele…

Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Penderita asam urat harus menghindari…

Kirim Pertanyaan
Top