7 Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

Share dan Tag Temanmu di :

Pernah merasakan nyeri pada ulu hati hingga terasa sensasi terbakar di bagian dada ? Atau gejala lain seperti mual, muntah, kembung, dan perut panas ? Hati-hati tuh kawan, bisa jadi itu gejala asam ambung. Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esophagus. Jadi, buat kamu-kamu yang gak ingin merasakan gejala-gejala di atas, kamu harus pintar dalam memilih makanan sehat bagi penerita asam lambung. Karena jika salah, siap-siap saja asam lambung Anda kambuh. Gak maukan ? Oke, apa aja ya makanan yang harus dipilih itu? Simakya!



  • Oatmeal

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang mengkonsumsi oatmeal. Oatmeal adalah bubur yang terbuat dari gandum yang biasanya tersedia dalam bentuk instan. Kenapa harus oatmeal ? Karena kandungan serat dalam oatmeal dapat menyerap asam lambung. Selain itu, oatmeal bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Hal tersebut menjadi nilai plus karena penderita asam lambung tidak boleh makan dalam porsi besar.

  • Jahe

Ternyata rempah yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi resiko naiknya asam lambung. Rahasianya terletak pada kandungan anti-inflamasi yang mampu mengatasi masalah pencernaan. Tunggu apa lagi ? Segera pergi ke dapur, potong atau parut jahe, tambahkan sedikit gula atau madu, minuman jahe hangat sudah siap. Mudahkan ?

  • Lidah buaya

Lidah buaya biasanya dijadikan sebagai shampoo karena mengandung protein, mineral, vitamin A, C, dan vitamin E yang dapat mengatasi keluhan rambut rontok dan berketombe. Siapa sangka, ternyata tumbuhan hijau berduri ini bisa mengurangi resiko naiknya asam lambung karena memiliki sifat anti-inflamasi atau meredakan.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau juga mengandung banyak serat. Itulah sebabnya sayuran hijau sangat direkomendasikan untuk mengurangi resiko naiknya asam lambung. Banyak sayuran hijau yang bisa Anda pilih, seperti brokoli, kembang kol, selada, timun, dan buncis. Pilihlah cara penyajian yang benar. Anda bisa memakannya langsung, dijadikan jus, direbus atau dikukus untuk tetap mempertahankan gizi yang terkandung di dalamnya.

  • Daging tanpa lemak

Kita tahu bahwa daging mengandung banyak lemak. Jika Anda adalah penikmat daging, namun enggan mengkonsumsinya karena takut asam lambung naik, salah satu cara alternatifnya adalah dengan mengolah daging tersebut dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

  • Pisang

Penderita asam lambung harus menghindari makanan-makanan asam. Oleh karena itu, kandungan pH sekitar 5,6 yang terkandung dalam pisang menjadikannya aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

  • Roti

Sama seperti oatmeal, roti biasanya dibuat dengan bahan dasar gandum yang mengandung banyak serat. Serat itulah yang dapat mengurangi resiko naiknya asam lambung.


Selain memilih makanan, ada beberapa hal yang harus dihindari agar asam lambung tidak naik .Diantanya tiduran setelah makan, merokok, makan dalam porsi besar hingga kenyang, dan mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman beralkohol.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 14 November 2016 13:59:44

Related Post :
Manfaat
Suka Makan Buah Ciplukan?…

Suka makan buah ciplukan…

diet
Panduan Diet Paleo Yang…

Berikut ini adalah panduan…

Tips
Cara Untuk Mengurangi Risiko…

Mengurangi risiko terjangkitnya suatu…

Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam…

Jangan abaikan dengan garis…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Buah kiwi mempunyai nama…

Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi…

Tips dan cara alami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ketahui 4 Cara Menghilangkan Keloid Secara Medis

Ketahui 4 cara menghilangkan keloid…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita Sakit Tenggorokan

Selain minum obat-obatan, baik obat…

Kesehatan
Makanan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa makanan yang berbahaya…

Kirim Pertanyaan
Top