Tips Cara Memakai Kondom Pria Yang Tepat Dan Benar

Share dan Tag Temanmu di :

Memakai kondom merupakan salah satu cara paling baik untuk menghindari infeksi menular seksual. Supaya cara tersebut efektif, maka penggunaan kondom harus baik dan benar. Tidak hanya itu, memakai kondom ketika berhubungan seksual pun berfungsi untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.


Alat kontrasepsi tersebut adalah penghalang menyemburnya sperma kedalam vagina. Sebagian besar kondom terbuat dari karet lateks atau plastik yang sangat tipis tapi kuat. Sebelum menggunakan kondom yang tepat, Anda sebaiknya mengetahui hal-hal penting terkait penggunaan alat kontrasepsi ini. Berikut kami jelaskan.

  • Anjuran. Gunakan kondom setiap berhubungan intim kecuali jika sedang menjalani program kehamilan. Pakai sebelum berhubungan seksual. Namun sebelum menggunakannya, pastikan Anda membaca terlebih dahulu mengenai aturan pakai dan tanggal kadaluwarsanya. Pastikan juga kondom yang dipakai ada dalam keadaan baik dan tidak berlubang. Penyimpanan kondom yang belum dipakai sebaiknya di tempat kering dan sejuk. Pakai kondom yang terbuat dari bahan yang telah disetujui institusi kesehatan yakni yang berbahan poliuretan dan lateks. Untuk mencegah kerusakan, Anda bisa memilih kondom yang dilengkapi dengan pelumas berbasis air.
  • Larangan. Hindari kondom yang di dalamnya mengandung spermisida karena dapat menyebabkan iritasi. Tidak dianjurkan menggunakan kondom yang berbasis petroleum jelly, minyak lotion, atau minyak bayi karena bisamembuat kondom mudah sobek. Setelah kondom dipakai, segera buang. Tidak dianjurkan pula untuk menyimpannya di dalam dompet karena mudah mengalami  gesekan serta terpapar suhu panas yang dapat merusak kualitasnya.

Supaya penggunaan kondom untuk mencegah penularan penyakit seksual dan mencegah kehamilan berhasil, ikuti cara memakai kondom pria yang tepat dan benar berikut:

1. Pakai jariuntuk mendorong kondom kearah yang berlawanan dari bagian kemasan yang akan disobek. Ini penting untuk menjaga supaya kondom tidak ikut sobek ketika dibuka.

2. Ambil kondom darikemasan dengan jari Anda. Jepit ujung kondom untuk mencegah udara masuk dan terperangkap. Udara yang terperangkap bisa membuat kondom sobek.

3. Sambil memegang ujung bulatan kondom, tempatkan kondom di atas kepala penis dan pastikan penis telah ereksi dengan sempurna ketika kondom dipakaikan.

4. Posisikan kondom sehingga bagian yang akan digulung berada di luar.

5. Buka gulungan dengan lembut kearah bawah penis sampai menutup dengan sempurna. Jika menurunkan gulungan kondom sulit dilakukan, berarti penggunaannya terbalik. Ambil kondom baru jika melakukan kesalahan tersebut.

6. Usai berhubungan dan ejakulasi, segera cabut penis sebelum ereksi hilang. Hal ini berguna untuk mencegah kebocoran kondom dalam vagina.

7. Setelah penis keluar, tarik kondom dari penis dengan perlahan supaya sperma tidak tumpah.

Nah, itulah tips cara memakai kondom pria yang tepat dan benar, yang bisa para suami praktekan sebelum berhubungan intim dengan istri, jika anda dan pasangan ingin menghindari kehamilan dan penularan penyakit seksual.

By Nida Saripah - Tips Selasa, 15 November 2016 08:02:38

Related Post :
Kesehatan
Penyebab Kapalan Di Telapak…

Kapalan atau yang disebut…

Obat Kimia
Obat Pereda Bronkitis Akut…

Obat Pereda Bronkitis Akut…

Kesehatan
Hati-Hati! 8 Kebiasaan Buruk…

Hati-hati!! terdapat setidaknya 8…

Kesehatan
Kenali Tanda dan Gejala…

Kenali tanda dan gejala…

Tips
Cara Mudah Mengatasi Migrain…

Cara mudah mengatasi migrain…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang…

Jenis-jenis penyakit yang menyerang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Pertolongan Pertama Dipatuk Ular Berbisa

Pertolongan Pertama Dipatuk Ular Berbisa…

Tips
Tips Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Ada tiga pada bagian wajah…

Tips
Tips Mengobati Malaria Dengan Ramuan Alami

Tips mengobati malaria dengan ramuan…

Kirim Pertanyaan
Top