Cara Meredakan Payudara Saat Nyeri Menyusui

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Meredakan Payudara Saat Nyeri Menyusui

Payudara nyeri merupakan salah satu masalah yang rentan dialami ibu menyusui. Hal tersebut dapat membuat perempuan enggan memberikan ASI secara langsung pada si kecil. Segera atasi supaya momen special Anda dengan si kecil ketika menyusui tidak terganggu dengan rasa sakit. Terdapat beberapa alasan mengapa payudara Anda terasa nyeri. Berikut kami jelaskan.


1.Produksi ASI terlalu banyak. Nyeri pada payudara umumnya menyerang perempuan yang memproduksi ASI terlalu banyak. Tetapi jika bayimu dapat menyusu dengan benar, maka produksi ASI Anda nantinya dapat mengikuti sesuai kebutuhan asupan bayi. 

2.Tongue-tie. Ini merupakan sebuah kelainan bawaan pada organ mulut yang membuat bayi tidak mampu menggerakkan mulut dan lidahnya dengan baik. Hal tersebut dapat membuatnya tidak mampu menyedit ASI dengan maksimal. 

3.Payudara membengkak. Pembengkakan bisa terjadi karena banjirnya ASI di payudara Anda dan derasnya aliran darah ke area tersebut. Tidak hanya pembengkakan, kondisi tersebut juga dapat membuat payudara Anda terasa nyeri, panas, tampak memerah, serta mengkilap. 

4.Eksim atau dermatitis. Nyeri dan gatal pada puting susu bisa jadi karena Anda mengalami eksim atau dermatitis. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan lotion, sabun, krim, maupun terkena kaporit ketika berenang.

5.Infeksi jamur. Infeksi jamur yang paling umum adalah thrush yang juga dapat terjadi pada bayi menyusui. Jika Anda menyusui bayi dalam kondisi ini, infeksi jamur bisa masuk ke saluran susu. Saat saluran tersebut terinfeksi, payudara akan terasa nyeri.

6.Mastitis. Masalah umum yang menimpa ibu menyusui adalah mastitis, peradangan yang terjadi pada jaringan payudara. Peradangan tersebut dapat membuat payudara mengalami bengkak dan nyeri disertai dengan warna kemerahan.

7.Bayi tumbuh gigi. Saat si kecil tumbuh gigi, gusingnya berubah menjadi lunak. Puting Anda pun bisa terasa nyeri karena caranya menyusu akan berubah seperti jadi menggigit puting.

8.Penggunaan bra yang tidak tepat. Menggunakan bra yang terlalu ketat dapat menekan puting Anda. Hal tersebut diperparah jika bantalan pada bra tidak terbuat dari bahan yang bisa membuat kulit bernafas. 

Untuk mengatasi ketidaknyamanan karena payudara nyeri, Anda bisa melakukan beberapa hal diantaranya adalah gunakan bra longgar tanpa kawat dengan bahan katun supaya sirkulasi udara di daerah payudara lancar, pastikan puting Anda kering sebelum menggunakan bra, bersihkan area puting hanya dengan air, jika puting pecah-pecah bisa mengoleskan petroleum jelly, serta mencoba berbagai posisi yang dapat membuat Anda nyaman ketika menyusui. 

By Ana Rediana - Tips Selasa, 15 November 2016 15:44:34

Related Post :
Kesehatan
Jangan Minum Teh Hijau…

Teh hijau telah lama…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Obat Cina
Khasiat Angkak Sebagai Obat…

Angkak atau beras fermentasi…

Kesehatan
Segera Oleskan Bahan Ini…

Selain dengan mengoleskan salep…

Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak…

Daftar makanan pembakar lemak…

Kesehatan
Benarkah Jambu Biji Bisa…

Trombosit turun merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Sederhana untuk Mencegah Hipertensi dengan Mudah

Menjalankan pola hidup sehat dengan…

Tips
Tips Mempersiapkan Diri Untuk Persalinan Secara Normal

Tips mempersiapkan diri untuk persalinan…

Tips
Memiliki Kebiasaan Berbohong? Hentikan Dengan Trik Mudah Ini!

Memiliki kebiasaan berbohong selain berdampak…

Kirim Pertanyaan
Top