Kandungan Dan Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun bandotan bagi kesehatan tak kalah luar biasanya dengan manfaat daun dadap dan daun lainnya. Mungkin sebagian dari anda baru mengetahui akan hal ini. Akan tetapi, tanaman liar yang mudah kita temukan ini telah di pergunakan sejak lama oleh masyarakat dahulu sebagai pengobatan tradisional berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit seperti influenza hingga penyakit berat seperti tumor rahim pun dapat di obati dengan ramuan alami ini. Nah, lalu bagaimana cara meramu daun ini sehingga kita dapat memetik manfaat dari daun bandotan ini? Informasi selengkapnya bisa anda simak disini.


Bandotan atau Ageratum conyzoides sering kali di sebut juga dengan daun tombak. Sedangkan orang China menyebutnya dengan Sheng hong ji. Ciri-ciri tanaman bandotan sendiri memiliki batang berbentuk bulat dengan rambut yang menjuntai ke bawah. Dan jika rambut ini ini menyentuh tanah maka akan muncul akar darinya. Bentuk daun bandotan hampir oval dengan pangkal cenderung bulat dan ujungnya lancip. Ciri khas dari daun tanaman ini adalah permukaannya yang kasar. Daun bandotan juga memiliki tangkai yang bersilang dan saling berhadapan satu sama lainnya, sehingga tanaman ini termasuk tanaman komposit. Sedangkan bunga bandotan berwarna putih keungu-unguan, dengan bentuk malay dan muncul dari ujung tangkainya.

Tanaman ini juga mengahsilkan buah berwana hitam  dan bentuknya kecil. Ketinggian tanaman rata-rata dapat mencapai hingga 30-90 cm, dan tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun daratan tinggi. Namun tanaman liar ini sangat cocok hidup di iklim tropis maupun subtropis.

Lalu, apa manfaat daun bandotan dan kandungannya bagi kesehatan tubuh?

Tanaman bandotan  memiliki kandungan yang begitu banyak dan baik bagi kesehatan. Adapun kandungan daun bandotan dan bunganya adalah polifenol, flavonoida dan saponin. Selain itu, beberapa senyawa penting pun terkandung dalam daun  bandotan beberapa di antaranya adalah tannin, asam amino, kumarin, minyak atsiri, organacid, agerato kromin, pectic substance, friedelin, sulfur, stigmasterol, potassium klorida, serta beta sitesterol. Sedangkan bagian akarnya mengandung alkloida, minyak atsiri dan juga kumarin.


Dan perlu anda ketahui, daun bandotan memiliki efek farmakologis seperti stimulan, antitoksik, anti-peradangan, antipireutik, emenagog, hemostatik,  dieureutik,  dan kaiminatit. Selain fungsinya yang sering di gunakan sebagai insektidida alami (zat pembunuh serangga), ternyata kandungan dan efek farmakologis daun bandotan juga memiliki manfaat baik dan aman untuk di jadikan sebagai pengobatan tradisional. Dan berikut kegunaan daun bandotan bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi influenza dan malaria
Bagi anda yang ini tengah menderita flu atau malaria, anda dapat mengobatinya menggunakan daun bandotan. Caranya rebus 60 gram daun bandotan dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum ramuan alami tersebut 2 kali sehari.

2. Mengobati radang telinga
Kini anda dapat mengobati radang telinga secara mudah dan juga alami. Caranya tumbuk daun dan batang bandotan. Setelah lumat, peras dan ambil airnya. Gunakan air perasan daun tombak sebagai obat tetes untuk telinga yang sakit. Caranya cukup dengan menuangkan 2 tetes airnya ke lubang telinga anda, 4 kali dalam sehari. Namun untuk pemula, anda bisa mencobanya 1 kali dalam sehari. Jika tidak ada efek samping yang anda rasakan anda dapat menggunakannya 4 kali dalam sehari.

3. Mengobati penyakit eksim
Manfaat daun bandotan juga dapat menjadi obat alami penyakit eksim. Caranya tumbuk tanaman tombak hingga lumat, dan terapkan pada area kulit yang terkena eksim. Untuk menjaga kesterilannya, anda dapat membalutnya menggunakan perban dan menggantinya 3 kali dalam sehari.

4. Mengatasi memar dan sariawan
Khasiat dan manfaat daun bandotan juga sangat efektif untuk mengatasi sariawan dan juga luka memar. Caranya cukup dengan merebus 15 g daun bandotan dengan 2 gelas air dan biarkan hingga airnya menyusut menjadi satu gelas. Minum airnya setelah dingin 2 kali sehari.

5. Mengatasi bisul dan borok
Anda juga dapat menggunakan ramuan alami dari daun bandotan ini untuk mengatasi bisul dan juga borokan. Caranya cukup sediakan daun bandotan yang segar, sedikit garan, dan juga sekepal nasi basi. Setelah itu, tumbuk semua bahan hingga halus, kemudian terapkan pada bagian kulit yang terkena bisul atau borokan dan balut dengan menggunakan kain kasa.

6. Mengatasi bengkak karena rematik atau keseleo
Untuk mengatasi pembengkakan yang di akibatkan rematik atau keseleo anda dapat membuat ramuan herbal dari daun ini. Caranya sama seperti halnya membuat ramuan untuk bisul dan biarkan selama 2 jam. Setelah itu buka kain kasanya. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari, hingga pembengkakan mereda.

7. Sebagai obat sakit tenggorokan alami
Bagi penderita sakit tenggorokan tentunya kondisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan. Maka dari itu, anda dapat langsung mengatasinya dengan ramuan berikut ini:

  • Cara 1: Tumbuk 40 gram daun bandotan hingga halus. Peras dan saring untuk mengambil airnya. Setelah itu, tambahkan air dan gula batu secukupnya, dan aduk hingga merata. Konsumsi ramuan ini, pagi, siang dan malam secara teratur.
  • Cara 2: Siapkan daun bandotan kering yang telah di jemur di bawah sinar matahari sebelumnya. Giling hingga bubuk. Tiupkan bubuknya, dan kenakan anginnya pada tenggorokan anda.

8. Mengatasi tumor rahim
Berbagai senyawa dan zat aktif yang terdapat di dalam tanaman bandotan ini juga sngat berguna untuk melawan tumor rahim. Caranya, rebus 50 gram tanaman ini bersama 3 gelas ai sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin anda dapat mengonsumsinya secara teratur setiap hari. Anda juga dapat mengonsumsi air dari tumbukan daunnya.

9. Manfaat daun bandotan untuk wasir
Cara penggunaan daun bandotan untuk wasir dapat di lakukan dengan 2 metode:

  • Cara 1 (pengobatan luar): Siapkan 5 lembar daun bandotan yang masih segar. Setelah di cuci bersih, anda dapat menggulungnya dalam ukuran yang kecil dan tempelkan pada anus atau memasukkannya ke lubang anus. Lakukan cara ini secara teratur, dan jangan lupa untuk membersihkan anus sebelumnya untuk menjaga kesterilannya.
  • Cara 2 (pengobatan dari dalam): Rebus daun bandotan dengan air mendidih. Dan setelah dingin anda dapat meminum air ramuan ini secara rutin selama 2 minggu berturut-turut, sehingga penyakit wasir anda dapat sembuh.

10. Manfaat daun bandotan untuk maag atau asam lambung
Untuk mengobati maag dengan daun bandotan caranya cukup sederhana. Persiapkan terlebih dahuklu tanaman bandotan lengkap beserta akar, daun dan bunganya. Setelah di cuci bersih anda dapat merebusnya dengan 6 gelas air. Tunggu hingga medidih dan tersisa hanya menjadi 2 gelas. Setelah dingin, anda dapat mengonsumsinya 2x sehari yaitu pagi dan sore hari.

Hingga kini kami belum menerima laporan adanya efek samping daun bandotan bagi kesehatan. Namun, anda harus tetap bijaksana dalam mengonsumsinya jangan sampai terlalu berlebihan. Karena segala sesuatu hal yang berlebihan tidak akan baik meskipun ini berbahan herbal. Maka dari itu, ikuti cara penggunaan ramuan bandotan di atas agar dosis yang di berikan pas, damn dapat meminimalisir efek samping yang mungkin akan terjadi.

Nah, itulah kandungan dan manfaat daun bandotan bagi kesehatan tubuh yang sangat luar biasa. Kami harap setelah menyimak artikel ini, sekiranya anda bisa mengambil manfaat dari informasi yang telah kami sampaikan, sehingga anda bisa memanfaatkan bahan alami di sekitar anda untuk mengobati berbagai penyakit yang anda atau keluarga derita. Salam sehat alami!

By Nida Saripah - Daun Rabu, 16 November 2016 08:02:28

Related Post :
Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista…

Penyebab dan gejala kista…

Manfaat
Ketahui Manfaat dan Khasiat…

Ketahui manfaat dan khasiat…

Manfaat
Manfaat Mengangkat Kaki Ke…

Manfaat Mengangkat Kaki Ke…

Penyakit
Mengenali Gangguan Delusi Erotomania…

Apakah Anda pernah memiliki…

Alami
Resep Ramuan Alami Untuk…

Resep ramuan alami untuk…

Penyakit
Jenis Penyakit Kulit yang…

Jenis penyakit kulit yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Manfaat Daun Hantap Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun hantap bagi kesehatan…

Daun
Daun
Ini Dia Khasiat Menakjubkan Daun Legundi Untuk Kesehatan

Mengenal daun legundi lengkap dengan…

Kirim Pertanyaan
Top