Penyebab Kapalan Di Telapak Kaki Dan Telapak Tangan

Share dan Tag Temanmu di :

Kapalan atau yang disebut dengan callus umumnya muncul pada tumit, kaki, jari, dan tangan. Kapalan akan menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman ketika beraktivitas. Kondisi ini merupakan reaksi alami dari tubuh untuk melindungi bagian kulit tertentu. Jika didefinisikan, kapalan merupakan pengerasan atau penebalan kulit karena gesekan dan tekanan berlebihan. Biasanya kulit yang kapalan akan berwarna kekuningan.


Kulit yang kapalan akan membuat bagian kulit menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan. Kapalan biasanya terjadi pada telapak kaki karena bagian tersebut menopang tubuh saat sedang berjalan. Pemilihan model sepatu dan ukuran yang salah pun dapat menjadi penyebab kapalan pada telapak kaki. Tidak hanya itu, telapak tangan pun sering mengalami kapalan dan biasanya terjadi pada penabuh drum, pemain gitar, pemegang raket, pengendara motor, pekerja kasar, dan lain-lain.

Lalu apa saja gejala kapalan? Gejala kulit kapalan umumnya berupa adanya rasa nyeri maupun sakit ketika disentuh pada bagian bawah kulit, terdapat benjolan yang mengeras pada kulit, ada sebagian kulit yang kasar dan menebal, serta kulit berubah menjadi pecah-pecah dan kering.

Kapalan dapat muncul saat berat badan menekan dengan berlebihan salah satu area kulit, akhirnya kulit menjadi menebal untuk melindungi jaringan di bawahnya. Hal tersebut dapat terjadi pada telapak kaki atau telapak tangan. Reaksi alami tubuh tersebut membuat kapalan muncul.

Terdapat beberapa pemicu atau penyebab kapalan muncul:

-Sering memainkan alat musik atau menggunakan peralatan tangan. Menggunakan peralatan tangan, menulis terlalu sering, ataupun memainkan alat musik dapat menjadi penyebab munculnya kapalan.

-Menggunakan sepatu yang kurang nyaman. Sepatu yang kesempitan maupun sepatu hak tinggi dapat menekan sebagian kulit pada kaki. Sebaliknya, saat mengenakan sepatu terlalu longgar, kaki akan bergesekan lebih sering dengan jahitan pada bagian dalam sepatu.

-Tidak menggunakan kaos kaki. Tanpa kaos kaki, gesekan akan terjadi secara langsung pada kulit Anda. Kaos kaki yang ukurannya kurang sesuai pun bisa menjadi penyebab kapalan muncul.

-Tidak memakai sarung tangan. Menggunakan alat kerja terlalu lama tanpa memakai sarung tangan bisa mengakibatkan kulit tangan sering bergesekan dengan alat kerja. Makin lama durasi bergesekan, makin besar risiko kulit terkena kapalan. Kapalan pada tangan juga bisa terjadi pada orang yang sering mengendara motor tanpa sarung tangan.

-Bunion. Kondisi tersebut membuat benolan pada sendi pangkal jempol kaki muncul dan terbentuk dari tulang. Bunion bisa memicu kulit kaki membentuk kapalan.

Jika Anda mengalaminya dan merasa kurang nyaman, segera konsultasikan dengan dokter.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 16 November 2016 08:18:34

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Buah Bit…

Informasi lengkap tentang buah…

Penyakit
Komplikasi Luka Bakar Akut…

Waspadai komplikasi luka bakar…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Penyakit Liver…

Penyakit liver dan hepatitis…

Kesehatan
Waspada Beberapa Gejala Alergi…

Waspada beberapa gejala alergi…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Buah naga memiliki manfaat…

Kesehatan
Begini Cara Kerja Pil…

Penyalahgunaan pil PCC dapat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut adalah pantangan makanan bagi…

Kesehatan
Kebaikan Nutrisi Vitamin E yang Larut Dalam Lemak

Vitamin E merupakan jenis vitamin…

Kesehatan
Salah Posisi Angkat Beban Bisa Memicu Sakit Pinggang

Kebiasaan salah posisi angkat beban…

Kirim Pertanyaan
Top