Diagnosis Dan Pengobatan Kanker Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Diagnosis dan pengobatan kanker ginjal.

Ginjal manusia berfungsi dalam melakukan proses pengeluaran berupa urine. Jika ginjal bermasalah, tubuh akan merespon dengan gejala seperti nyeri terus-menerus di daerah pinggang hingga kencing yang  disertai darah. Penyebab kanker ginjal sendiri belum di ketahui secara pasti. Namun, untuk memastikan kondisi ginjal, langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan darah dalam urine. Jika gejala yang ditemukan bukan karena infeksi atau penyakit batu ginjal, pemeriksaan lanjutan akan dilakukan untuk mendeteksi adanya kanker ginjal pada anak maupun dewasa. Adapun pemeriksaan atau diagnosis kanker ginjal tersebut meliputi : USG, Biopsi, CT scan (Computerized Axial Tomografi), MRI scan (Magnetic Resonance Imaging), dan Pemeriksaan X-ray.


Jika setelah pemeriksaan ternyata ditemukan adanya kanker ginjal, metode penanganan yang utama yaitu dengan jalan operasi. Terdapat dua macam operasi yang dapat dilakukan, yaitu nefrektomi dan emboliasi. Operasi nefrektomi dilakukan dengan cara menghilangkan sel-sel kanker dengan memotong atau mengangkat sejumlah bagian dari ginjal berdasarkan diameter tumor. Beberapa bagian dari ginjal akan dipotong jika diameter tumor kurang dari 4 cm. Sebaliknya, ginjal harus diangkat jika diameternya sudah lebih dari 4 cm.

Beda halnya dengan operasi nefrektomi, operasi emboliasi dilakukan dengan cara menyuntikkan zat khusus ke dalam vena ginjal. Dengan terputusnya pasokan nutrisi atau oksigen ke dalam ginjal, maka lambat laun tumor akan menyusut.

Penanganan kanker ginjal bisa juga dilakukan dengan terapi khusus, di antaranya:

• Radioterapi
Radioterapi tidak bisa mengobati kanker sepenuhnya. Ia hanya mampu mengurangi rasa nyeri dan merperlambat perkembangan kanker. Penanganan kanker ginjal dengan radioterapi ini memanfaatkan radiasi dari energi radioaktif.

• Ablasi radio frekuensi
Penanganan kanker ginjal dengan ablasi radio frekuensi  dilakukan dengan cara memusnahkan sel-sel kanker melalui panas yang dihasilkan gelombang radio. Penanganan ini biasanya dilakukan jika tingkat keparahan kanker ginjal masih rendah atau jika posisi kanker terlalu dekat dengan usus.

• Krioterapi
Penanganan Krioterapi dilakukan dengan membekukan sel-sel kanker. Penanganan ini dilakukan jika kondisi pasien kurang fit.

Selain operasi dan terapi, saat ini para ahli medis sedang mengembangkan obat-obatan untuk mengobati kanker ginjal, seperti Sunitinib yang bekerja dengan cara menghambat protein kinase (enzim yang membantu pertumbuhan sel kanker), Sorafenib dan Pazopanib yang mampu mencegah sel kanker menumbuhkan pembuluh darah, serta Temsirolimus dan Everolimus yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker.

Perlu diperhatikan, tingkat keberhasilan pengobatan kanker ginjal tergantung pada tingkat keparahan penyakit ketika terdiagnosis. Peluang hidup lebih lama bagi penderita yang masih dalam fase awal akan semakin besar jika dibandingkan dengan penderita yang kankernya telah memasuki fase menengah atau parah. Sedangkan dalam hal operasi, sering kali pengangkatan ginjal menjadikan penderita mampu menjalani hidup sehat meski dengan satu ginjal.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 16 November 2016 08:48:52

Related Post :
Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur…

Bayi prematur merupakan bayi…

Penyakit
Waspada! Mata Panda Ternyata…

Selain mengganggu penampilan terbaik…

Alami
Apa Benar Bawang Hitam…

Bawang hitam atau black…

Alami
Obat Diabetes Alami Bebas…

obat diabetes basah dan…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Radang…

Ketahui diagnosis dan pengobatan…

Manfaat
Manfaat Viostin DS Untuk…

Manfaat viostis DS (Double…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai ! 8 Jenis Kanker Ini Dapat Menyerang Wanita

Selain kanker serviks, ada berbagai…

Penyakit
Penyebab dan Gejala Kondisi Kelainan Albinisme

Kelainan albinisme merupakan kelainan yang…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala Penyakit Bursitis

Berikut adalah informasi terlengkap seputar…

Kirim Pertanyaan
Top