Beragam Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan baunya yangkhas, buah durian memang kerap kali mencuri perhatian siapapun yang mencium baunya. Buah yang memiliki kulit berduri ini ternyata tiadk hanya enak untuk dikonsumsi. Faktanya, durian ini memiliki kandungan beragam vitamin dan mineral yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.


Ternyata, diam-diam buah yang satu ini juga memilki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C 19.7 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya. Kandungan inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat durian yang baik bagi tubuh.

Dan berikut ini merupakan manfaat buah durian berdasarkan kandungan didalamnya :

  • Serat

Manfaat durian datang dari 3.8 gr serat yang terkandung didalamnya. Adapun jenis serat di dalam durian adalah serat tidak larut dan serat larut. Kedua jenis serat ini dapat membantu sistem pencernaan Anda. Tidak hanya itu, serat yang ada didalam buah durian juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

  • Tinggi antioksidan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah durian ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung. Radikal bebas ini merupakan molekul yang timbul di dalam tubuh ketika Anda merokok, atau ketika tubuh menguraikan makanan yang dikonsumsi.

  • Kalium

Durian ternyata juga memiliki kandungan kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam manfat bagi tubuh. Setidaknya di dalam buah durian ini terkandung 436 mg kalsium. Kalium ini sendiri dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain beberapa manfaat tersebut, buah durian juga dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit kulit dan membantu mengurangi pembengkakan. Cukup dengan mengoleskan daging buah durian pada bagian kulit yang sakit atau mengalami pembengkakan.

Walaupun begitu, untuk mengatasi penyakit kulit disarankan agar tetap berhati-hati dalam menggunakannya dan alangkah baiknya jika Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Tidak hanya itu, durian juga diduga bisa meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, tekanan darah tinggi, malaria, mengobati luka, dan kondsii lainnya. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut, karena belum memiliki bukti ilmiah yang cukup.

Meskipun buah durian memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tingkat konsumsi buah durian juga harus dibatasi. Pasalnya, jika Anda mengonsumsi buah durian secara berlebihan, hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, seperti perut terasa kembung, muntah, dan bahkan diare.

Bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi buah yang satu ini. Sebab buah ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Begitu juga dengan ibu menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi buah durian.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 16 November 2016 14:34:41

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Unta Bagi Kesehatan

Daging unta merupakan salah satu…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah kedondong…

Tambah Pertanyaan
Top