7 Kebiasaan Sehat Agar Anak Terhindar Dari Kuman Dan Penyakit

Share dan Tag Temanmu di :

Ingin anak terhindar dari penyakit? 7 Kebiasaan sehat ini wajib dicoba.

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih berisiko terjangkit penyakit atau terkena infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sempurna. Untuk mencegahnya, orang tua sering melakukan perlindungan ekstra untuk sang anak. Biasanya, orang tua tidak membiarkan anak bermain di luar. Mereka khawatir anak mereka terjangkit penyakit karena sebagian kuman-kuman yang umum ditemui seperti virus, bakteri, jamur, dan protozoa berubah menjadi semakin kuat dan sulit diobati. Tahukah Anda para orang tua? Hal tersebut tidak boleh dilakukan karena akan membatasi proses sosialisasi anak. Anda hanya perlu memberikan contoh kebiasaan-kebiasaan sehat agar sang anak terbiasa melakukannya.


Berikut beberapa kebiasaan sehat yang mudah dilakukan :

• Mencuci tangan dan mandi secara rutin

Kulit merupakan salah satu alat indra manusia yang berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar. Menjaga kulit agar tetap bersih adalah hal penting untuk menghindari penyebaran bakteri. Bakteri bisa menyebabkan berbagai penyakit, terlebih kepada anak.

Untuk itu, diperlukan langkah ampuh namun mudah dilakukan anak. Salah satu langkah sederhananya yaitu mencuci tangan. Dibandingkan bagian tubuh lain, tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak terpapar kuman dan paling mudah menyebarkan kuman ke bagian tubuh lain. Jadi, mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin akan sangat bermanfaat untuk meminimalisir terinfeksinya kulit oleh kuman.

• Menghindari makanan yang sudah jatuh

“Belum 5 menit”, ucapan tersebut sering dilontarkan masyarakat sebagai tafsiran bahwa sebelum lima menit, makanan yang baru jatuh boleh dikonsumsi. Ternyata anggapan tersebut salah. Sebuah penelitian menekankan, 99% bakteri akan langsung menempel pada makanan sesaat setelah jatuh. Jadi, meskipun jatuh di lantai yang bersih, bakteri salmonela atau kuman berbahaya lain dimungkinkan akan langsung menempel dikarenakan ukurannya yang sangat kecil dan tidak dapat terlihat oleh mata telanjang.

• Memenuhi jadwal vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya. Oleh karena itu, para orang tua harus memenuhi jadwal vaksinasi dengan tepat waktu.

• Menggunakan antibiotik dengan bijak

Meskipun bermanfaat, penggunaan antibiotik yang tidak tepat justru dapat menimbulkan masalah serius. Antibiotik bisa membunuh bakteri baik dalam tubuh yang seharusnya bertugas melawan bakteri merugikan serta membantu dalam proses pencernaan.

• Membersihkan seluruh bagian rumah secara teratur

Rumah yang bersih merupakan langkah awal untuk menjadikan rumah sehat. Bagian rumah atau perabot yang biasanya menjadi sarang kuman di antaranya  karpet, tempat tidur, serta kamar mandi. Bersihkan karpet agar debunya tidak terhisap. Sebaiknya, ganti sprei minimal satu minggu sekali, serta gantilah handuk yang mulai lembab.

• Menjaga kesehatan hewan peliharaan

Selain membersihkan perabot atau bagian rumah, menjaga kesehatan hewan peliharaan tidak kalah pentingnya. Jika hewan peliharaan tersebut sakit, tidak menutup kemungkinan akan menyebarkan kuman kepada jika anak Anda.

• Meminimalisir kontak dengan orang sakit

Membatasi kontak langsung dengan orang sakit sangat dianjurkan. Pasalnya, banyak jenis penyakit yang memang bersifat menular. 

Selain itu, agar kesehatan anak dan keluarga terjaga, lakukan kebiasaan sehat tersebut bersama dengan pola hidup sehat. So, selamat mencoba Mom!

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Kamis, 17 November 2016 07:44:58

Related Post :
Ibu Dan Anak
Anak Sering Berteriak ?…

Berteriak bisa menjadi kebiasaan…

Manfaat
Manfaat Kandungan Gizi Buah…

Manfaat kandungan gizi buah…

Manfaat
Berbagai Manfaat Ikan Tuna…

Informasi tentang kandungan gizi…

Tips
Tips Menghilangkan Bau Mulut…

Cara dan tips menghilangkan…

Kesehatan
Sayur dan Buah Yang…

Sayur dan buah yang…

Kesehatan
Menu Makanan Sehat yang…

Terkadang kita sering merasa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol

Tips ampuh menghilangkan kebiasaan anak…

Ibu Dan Anak
Fakta Tentang Ibu Menyusui Yang Minum Kopi

Ibu yang sedang menyusui ternyata…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top