Gejala Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit asam urat atau dikenal juga dengan gout merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala pembengkakan, nyeri tak tertahankan, serta adanya sensasi panas dalam persendian. Meski seluruh sendi dapat terkena asam urat, tetapi yang paling sering terkena adalah lutut, sendi jari tangan, jari kaki, dan pergelangan kaki.


Laki-laki umumnya lebih rentan terkena asam urat dibandingkan perempuan, terlebih ketika usianya menginjak di atas 30 tahun. Sedangkan pada kaum perempuan, asam urat berisiko datang setelah menginjak masa menopause.

Orang dengan penyakit asam urat umumnya merasakan berbagai perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam. Rasa sakit dapat berlangsung 3 sampai 10 hari. Pembengkakan yang terjadi tidak hanya di area sendi, tetapi juga bisa di daerah sekitar sendi dan disertai warna kulit memerah. Pada tahap tersebut, penderita tidak mampu bergerak dengan leluasa.

Di Indonesia tidak sedikit orang yang salah kaprah dengan menyamakan asam urat dengan rematik. Padahal rematik merupakan istilah umum untuk menggambarkan sakit pada otot atau persendian yang mengalami peradangan. Sedangkan asam urat hanya salah satu yang menjadi penyebab nyeri pada persendian. Mengenali tanda serta gejala asam urat bisa membantu seseorang dalam membedakan nyeri sendi yang disebabkan hal lain.

Tidak sedikit pula yang mengira jika kadar asam urat dalam darah tinggi, maka akan terkena asam urat. Hal tersebut tidak benar karena hanya 1/3 penderita hiperurisema yang mengalami asam urat atau gout.

Gejala nyeri serta pembengkakan yang terjadi pada penderita asam urat disebabkan tusukan Kristal-kristal tajam di area sendi yang terbentuk dari penumpukan zat asam urat. Orang yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan asam urat tinggi seperti hidangan laut dan jeroan serta orang yang senang mengonsumsi minuman beralkohol akan mempunyai risiko lebih tinggi terkena asam urat. Penyakit ini pun rawan dialami orang yang menderita diabetes, obesitas, hipertensi, maupun penyakit ginjal kronik.

Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mempunyai keluarga penderita penyakit asam urat maka berpotensi lebih besar untuk mendapatkan kondisi serupa. Dengan kata lain, asam urat bersifat genetik. Jika Anda mempunyai gejala asam urat segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan. Dalam mendiagnosis, dokter biasanya melakukan tes atau pemeriksaan dalam memastikan adanya Kristal-kristal natrium urat dalam persendian.

Diagnosis asam urat perlu dilakukan karena terdapat jenis penyakit lain yang dapat menyebabkan gejala yang serupa dengan gejala asam urat. Sebelum tes, dokter umumnya akan bertanya mengenai lokasi sendi yang sering terasa sakit, obat-obatan tertentu yang sedang dikonsumsi, dan riwayat penyakit asam urat di keluarga.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 17 November 2016 07:48:00

Related Post :
Manfaat
Konsumsi Bawang Putih Panggang…

Bawang putih sudah sejak…

Obat Kimia
Obat Penetralisir Asam Lambung…

Obat Penetralisir Asam Lambung…

Tips
Tips Dan Cara Merawat…

Tips dan cara merawat…

Manfaat
Tak Disangka! Ini Manfaat…

Selain daging buahnya, bijinya…

Tips
Cara Mudah Hindari Mabuk…

Bagi Anda yang tengah…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Mengenal gejala, penyebab dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab Psikosis

Mengenal gejala dan penyebab psikosis…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Batu Ginjal

Informasi tentang penyebab batu ginjal,…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Pengobatan Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal yang…

Kirim Pertanyaan
Top