Manfaat Terapi Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Terapi Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Meski hidup di zaman modern, namun sebagian orang masih memilih untuk melakukan metode alternatif tradisional terutama dibidang kesehatan. Metode apakah yang digunakan untuk menjaga kesehatan tersebut? Dengan menggunakan cara dan metode tradisional lebih aman dilakukan karena mempunyai resiko efek samping yang ringan yakni dengan metode terapi bekam.


Terapi bekam salah satu metode tradisional yang masih banyak digemari hingga saat ini. Terapi bekam yaitu terapi yang dilakukan dengan menggunakan tabung bekam diatas permukaan kulit, tabung tersebut dapat menghisap keluar darah kotor yang dianggap sebagai penyebab terjadinya penyakit. 

Ada dua jenis terapi bekam yaitu terapi bekam kering yang dilakukan dengan membekam kulit dengan tabung bekam atau kop bekam hingga tampak merah kehitaman-hitaman kemudian dilakukan pemijatan pada daerah sekitarnya dan terapi bekam basah yang dilakukan dengan menggunakan jarum yang tajam untuk mengeluarkan darah kotor, biasanya jenis bekam basah dilakukan setelah pasien terapi melakukan bekam kering, tapi bagi yang takut melakukan bekam basah pasien diperbolehkan untuk tidak menggunakannya.

Selain itu, ada ratusan lebih titik pada bagian tubuh yang dapat digunakan untuk terapi bekam, tetapi yang lebih sering digunakan hanya 12 titik saja yaitu dibagian punggung, kepala, leher, dada, pinggang, dan kaki. Terapi bekam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai masalah penyakit kulit, stroke, gangguan saraf, penyakit jantung, menurunkan kolesterol, hipertensi, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini penjelesan manfaat terapi bekam untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Melancarkan peredaran darah

Metode terapi bekam berguna untuk melancarkan peredaran darah karena dapat membuang darah kotor atau darah yang terkontaminasi dengan zat berbahaya dan racun.

2. Mengurangi peradangan pada kulit

Apabila dilakukan secara rutin, metode terapi bekam bisa mengurangi peradangan pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih terlihat bersinar dan lebih sehat.

3. Mengembalikan kebugaran tubuh

Metode terapi bekam berguna untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas dan berguna juga untuk mengatasi masuk angin. Darah - darah kotor yang dikeluarkan dapat membuat tubuh menjadi lebih ringan, sehat, segar, dan lebih bugar.

4. Menyehatkan organ jantung

Metode terapi bekam bisa digunakan untuk menyehatkan organ jantung dan organ tubuh lainnya, seperti dapat mengatasi hipertensi, asam urat dan menurunkan kolesterol yang mampu membuat jantung menjadi lebih sehat.

5. Membantu proses regenerasi sel kulit

Jika metode terapi bekam dilakukan pada bagian wajah yang berfungsi untuk membantu proses regenerasi sel kulit, menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan jerawat, dapat membuat wajah lebih segar dan terlihat awet muda.

Meskipun sekilas terlihat metode terapi bekam mengerikan untuk dilakukan, tapi sebenarnya tidak terlalu sakit melakukannya. Sensasi yang dirasakan ketika kulit terhisap oleh kop bekam akan terasa nyeri. Tapi hal tersebut sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

Selain pergi ke tempat yang menyediakan layanan metode terapi bekam, anda juga dapat melakukannya di rumah dengan cara membeli alat yang digunakan untuk terapi bekam dan meminta bantuan orang lain untuk membekam tubuh anda. Namun, pastikan untuk menggunakan metode yang benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan metode terapi bekam boleh saja pada bagian wajah tetapi perhatikan dampak yang ditimbulkan yaitu bekasnya akan hilang dalam waktu beberapa hari sehingga untuk mendapatkan wajah yang halus dan terlihat berseri, pemilik wajah harus rela wajahnya banyak bekas bekam yang terlihat memar berwarna biru kemerahan. Cara mengatasinya, kompres wajah secara rutin dengan menggunakan air bersuhu dingin.

Metode terapi bekam tidak disarankan untuk diterapkan setiap hari karena dapat membuat pori-pori kulit menjadi membesar. Oleh sebab itu, lakukan terapi bekam secara berkala yakni maksimal 4 kali dalam satu bulan. Perlu anda ketahui bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik.

By Ana Rediana - Kesehatan Kamis, 17 November 2016 08:00:59

Related Post :
Penyakit
Jangan Samakan! Ini Perbedaan…

Jangan samakan! Inilah berbagai…

Kesehatan
Catat! Ini Anjuran Makanan…

Harap di catat! Ini…

Manfaat
Tak Disangka! Ini Manfaat…

Selain daging buahnya, bijinya…

Obat Kimia
Manfaat Obat Celecoxib Untuk…

Manfaat obat celecoxib untuk…

Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar…

Pengobatan pada penderita pembengkakan…

Manfaat
Inilah Manfaat Masker Tomat…

Anda suka maskeran? gunakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Anda Penderita Vertigo? Hindari Makanan Dan Minuman Ini

Supaya vertigo tidak semakin parah…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top