Khasiat Daun Sambiloto Bagi Tubuh Serta Cara Pengolahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Khasiat daun sambiloto bagi tubuh dan kesehatan sudah cukup di kenal oleh banyak orang. Sebagai tanaman obat herbal, sambilito sendiri cukup bermanfaat untuk mengatasi berbagai gejala penyakit umum yang sering terjadi dan di alami oleh banyak masyarakat. Seperti demam dan juga batuk pilek. Selain bagian daun, bagian batang dari tanaman ini pun juga sering di gunakan sebagai obat herbal.

Sebenarnya, apa itu sambiloto?

Beberapa dari anda mungkin pernah menjumpai tanaman ini, akan tetapi anda tidak mengetahui namanya. Bahkan beberapa dari anda juga mungkin tidak mengenal tanaman berkhasiat ini sama sekali. Untuk Mengetahui informasinya seputar khasiat daun sambiloto untuk kesehatan, anda dapat menyimak informasi berikut ini.


Sambiloto adalah sejenis tanaman liar yang memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Andapun dapat menemukan tanaman ini di tempat-tempat seperti kebun, tepi sungai, tanah kosong yang lembab dan juga pekarangan. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata (Burm.f.) Wall. Nees ini merupakan tumbuhan yang berasal dari negara-negara selatan seperti India, Sri lanka, Malaysia dan juga termasuk Indonesia. Tanaman ini masih termasuk ke dalam famili Acanthaceae. Adapun nama lain sambiloto di beberapa daerah sangatlah banyak, seperti papaitan, takilo, sandilata, takila, ampadu, san sambilata.

Ciri-ciri tumbuhan sambiloto


Untuk membedakan tumbuhan sambiloto dengan tumbuhan lainnya, anda dapat mengenal ciri-ciri tanaman sambiloto berikut ini.

  • Tumbuhan sambiloto adalah tanaman tegak yang ketinggiannya bisa mencapai 90 cm.
  • Bentuk daun sambiloto: Tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang, bentuk langset, pangkal runcing, tepi rata, permukaan atas hijau tua.
  • Bentuk bunga sambiloto: Perbungaan rasemosa yang bercabang membentuk malai, keluar dari ujung batang atau ketiak daun, bunga berbibibir membantuk tabung dan berwarna putih.
  • Bentuk buah sambiloto: Kapsul berbentuk corong, panjang sekitar 1,5 cm, lebar 0,5 cm, pangkal dan ujung berbentuk tajam.

Kandungan dan khasiat daun sambiloto bagi tubuh

Adapun kandungan daun sambiloto adalah laktone dan juga flavonoid. Laktone sendiri di peroleh dari daun dan cabangnya, yang masing-masing mengandung deoxyandrographolidie, andropraholide (zat pahit). 14-deoxy-n, 12-didehydroandrographolide dan homoandrographolide. Selain itu, juga terdapat kandungan lainnya seperti alkane, keton, aldehid, mineral (kalsium, kalium dan natrium), asam kersik dan damar. Adapun flavonoid sendiri paling banyak terkandung dalam akar, yang diantaranya seperti polimetoksiflavon, andrgrafin, pan ikulin, mono-0-mettilwithin, apigenin-7 dan 4-dimetiler.

Namun dari sekian kandungan yang di milikinya, justru kandungan andrographolide (zat pahit) yang memiliki manfaat begitu banyak. Dan menurut penelitian, kandungan ini mampu melindungi hati dari efek buruk galaktosamin dan parasetamol. Bahkan kandungan ini juga memiliki peranan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Selain dari pada itu, sambilito juga memiliki manfaat sebagai agen pembunuh bakteri, obat penghilang rasa sakit dan juga penurun demam. Kandungan didalamnya merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah termasuk sel darah putih yang memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh.


Karena telah lama di kenal dengan tanaman obat yang memiliki berbagai kandungan yang telah di sampaikan sebelumnya, manfaat dan khasiat daun sambiloto pun sering kali di gunakan menjadi pengobatan beberapa penyakit, seperti:

  • Manfaat daun sambiloto untuk pencernaan: diare, sembelit, gas usus, kolik dan nyeri perut.
  • Manfaat daun sambiloto untuk pernafasan: radang tenggorokan, batuk, bengkaka amandel, bronkitis, dan alergi.
  • Manfaat daun sambiloto untuk liver: pembesaran hati, sakit kuning, keruksakan hati akibat obat.
  • Manfaat daun sambiloto untuk infeksi: kusta, pneumonia, TBC, gonore, sifilis, malaria, kolera, leptospirosis, rabies, sinusitis bahkan higga HIV/AIDS.
  • Manfaat daun sambiloto untuk kulit: luka, bisul, gatal, dan jerawat.
  • Manfaat daun sambiloto untuk diabetes.
  • Manfaat daun sambiloto untuk kanker.

Apakah benar khasiat dan manfaat daun sambiloto sebanyak itu?

Sebenarnya, dari beberapa pernyataan di atas, khasiat dari daun sambiloto ada yang sudah terbukti dan ada pula yang belum cukup terbukti sehingga memerlukan penelitian yang lebih dalam lagi. Adapun khasiat daun sambiloto yang telah terbukti adalah sebagai berikut:

Mengobati influenza (flu)
Beberapa penelitian menunjukkan, bahwasannya ekstrak daun sambiloto jika di padu padankan dengan ginseng siberia (Kan Jang, Swedia Herbal Institute) dapat meringankan gejala flu sejak meminum ramuan ini dalam waktu 72 jam pertama. Bahkan pada beberapa orang gejala bisa membaik hanya dalam waktu 2 hari setelah mengonsumsi ramuan herbal ini. Namun, pada umumnya perlu membutuhkan waktu 4-5 hari pengobatan sampai semua gejala flu menghilang.

Beberapa penelitian lain pun menyebutkan bahwa kombinasi antara sambiloto dan ginseng siberia ini dapat mengurangi gejala flu pada anak-anak, yang lebih baik dari penggunaan echinacea. Bahkan pada penelitian awal mengungkap, bahwa mengonsumsi ekstrak daun sambiloto dapat mengatasi masuk angin dan mencegah penyakit flu.

Menurunkan demam tinggi dan mengurangi sakit tenggorokan akibat tonsitilis
Pada beberapa penelitian menunjukkann jika penggunaan 6 ram daun sambiloto (dosis tinggi) dalam sehari, memiliki khasiat yang sertara dengan acetaminophen (paracetamol) dalam menurunkan demam dan sakit tenggorokan, dalam kurun waktu 3-7 hari masa pengobatan.

Penyakit radang usus ( kolitis ulserativa)
Pada penelitianawal menunjukkan  bahwa ekstrak daun sambiloto setiap hari selama 8 minggu dapat mengurangi gejala penyakit radang usus yag khasiatnya setara dengan obat-obat modern seperti mesalamine.

Diluar itu, khasiat daun sambiloto bagi kesehatan lainnya belum cukup terbukti sepernuhnya, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut  engnai hal itu. Beberapa diantaranya adalah seperti radang sendi, yangmana pada penelitian awal menunjukkan bahwa penggunaan daun sambiloto selama 14 hari dapat mengurangi gejala reumatoid arthritis, Selain itu khasiat yang masih belum terbukti  lainnya adalah alergi, infeksi sinus atau sinusitis, HIV/AIDS, anoreksia, penyakit jantung, penyakit liver, parsit, infeksi, kanker, tifus, tekanana darah tinggi, penyakit kulit dan juga bisul.

Cara pengolahan daun sambiloto yang benar

Cara mengolah daun sambiloto sebagai obat tradisional sangatlah mudah. Diantaranya adalah dengan cara menyiapkan satu genggam atau 30 g daun sambiloto segar yang telah di bersihkan sebelumnya. Kemudian tumbuk hingga menjadi lumat, dan tambahkan air matang setengah cangkir (110 ml), saring kemudian minum sekaligus. Anda juga bisa menggunakan sambilito kering sebanyak 3 g kemudian merebusnya , dan kemudian di minum 2 kali sebelum makan.

Manfaat minum rebusan daun sambilito ini sangat aman di konsumsi dengan tepat dan dalam jangka pendek  baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Namun meski demikian, ada beberapa kemungkinan efek samping daun sambilotot yang kemungkinanan dapat muncul seperti kehilangan nafsu makan, diare, muntah, ruam, sakit kepala, dan juga kelelahan. Sedangkan pada ibu hamil, dan menyusui tidak di anjurkan untuk mengonsumsi ramuan ini. Karena ada kekhawatiran dapat memicu keguguran.

Jadi, khasiat daun sambiloto sagat baik bagi kesehatan apabila anda mengonsumsinya dengan takaran yang pas dan mengetahui informasi dan cara pengolahannya yang benar.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 17 November 2016 11:44:22

Related Post :
Manfaat
Manfaat Konsumsi Sawi Hijau…

Informasi tentang sawi hijau,…

Tips
Cara Totok Wajah Sendiri…

Cara totok wajah sendiri…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Langka Hemofilia…

Meskipun terlihat memesona ketika…

Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan…

Hydrocortisone adalah salah satu…

Daun
Manfaat Daun Belalai Gajah…

Manfaat daun belalai gajah…

Kesehatan
Dampak Negatif Kurang Tidur…

Tidak hanya dapat membuat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Sambang Darah Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sambang…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun mimba…

Kirim Pertanyaan
Top