Kenali Tanda Dan Gejala Kanker Prankeas Serta Faktor Resikonya

Share dan Tag Temanmu di :

Kanker selalu menjadi penyakit yang menakutkan. Termasuk salah satunya kanker pankreas. Penyakit ini disebabkan oleh adanya tumor di dalam pankreas. Pankreas itu sendiri adalah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan yang memiliki panjang sekitar 15 cm. Penyakit ini bisa dialami oleh pria maupun wanita, dan biasanya terjadi pada orang-orang berusia lanjut diatas 75 tahun.

Fungsi dari pankreas ini merupakan salah satu bagian tubuh yang memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk menguraikan makanan agar bisa diserap oleh tubuh. Bukan hanya itu saja, pankreas juga berfungsi untuk memproduksi hormon, termasuk insulin yang berguna untuk menjaga kestabilan kadar gula darah di dalam tubuh.


Pada tahap awal, biasanya penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang signifikan, sehingga diagnosis sedari dini agak sulit dilakukan. Tanda dan gejala kanker pankreas di tahap lanjut tergantung dari kelenjar pankreas yang terjangkit, karena pankreas memiliki dua jenis jaringan kelenjar. Pertama, kelenjar eksokrin yaitu kelenjar yang memproduksi enzim pencernaan, sedangkan yang kedua adalah kelenjar endokrin, yaitu kelenjar yang memproduksi hormon.

Kelenjar eksorin ini merupakan kelenjar yang paling ssering terjangkit kanker pankreas, dan gejala umum yang biasa terjadi adalah penyakit kuning, nyeri punggung, nyeri perut, dan kehilangan berat badan tanpa sebab yang pasti. Selain gejala tersebut, ada pula gejala lain dari kanker ini, seperti :

-    Terjadi demam dan menggigil
-    Gatal-gatal
-    Darah mudah menggumpal
-    Diabetes
-    Mual dan muntah
-    Perubahan pola  buang air besar
-    Gangguan pencernaan, dan
-    Hilangnya selera makan

Hingga saat ini penyebab dari kanker pankreas belum diketahui secara pasti, tapi ada beberapa faktor penyebab meningkatnya risiko terjangkit penyakit ini. Faktor tersebut adalah:

  • Bakteri helicobacter pylori , bakteri ini menyebabkan infeksi pada lambung yang diperkirakan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker pankreas.
  • Diabetes juga ternyata mampu meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit ini. Tumor ganas yang tumbuh di pankreas juga bisa menjadi penyebab terjadinya diabetes.
  • Orang berusia diatas 75 tahun.
  • Merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker pankreasi, karena racun dan zat kimia yang terkandung didalamnya bisa menyebabkan jaringan dan organ tubuh mengalami iritasi dan peradangan.
  • Seseorang yang pernah mengalami peradangan pada pankreas atau pankreatis.
  • Memiliki anggota keluarga yang pernah mengalami kanker pankreas.
  • Orang-orang yang tidak memiliki pola makan yang sehat, atau obesitas karena tidak banyak melakukan aktivitas fisik.
  • Minum alkohol atau minuman keras secara berlebihan dan dalam waktu yang lama pun mampu meningkatkan risiko terjadinya kanker pankreas.

Nah itulah beberapa Tanda dan gejala kanker prankeas serta faktor penyebab resikonya. Setelah menyimak artikel ini, semoga anda bisa lebih mewaspadai adanya kanker ini dan dan dapat mencegahnya sedari dini salah satunya yaitu dengan menjalani pola hidup sehat.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 18 November 2016 07:59:07

Related Post :
Kesehatan
Cara Kerja Laser untuk…

Sebelum melakukan perawatan dengan…

Kesehatan
Makanan Untuk Mengatasi Sembelit…

Makanan untuk mengatasi sembelit…

Alami
Obat Infeksi Saluran Kemih…

Obat infeksi saluran kemih…

Tips
Cara Menormalkan Kadar Trigliserida…

Mengubah gaya hidup dan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Cara Alami Menghilangkan Gatal…

Cara alami menghilangkan gatal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Hipogonadisme Sekunder Dan Penanganannya

Hipogonadisme sekunder merupakan kerusakan terjadi…

Penyakit
Gejala-Gejala Kurap Yang Perlu Diketahui

Beberapa gejala yang muncul dari…

Penyakit
Bahaya Sariawan Terus Menerus Bisa Jadi Tanda Penyakit

Bahaya sariawan terus menerus bisa…

Kirim Pertanyaan
Top