Penyebab dan Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika anak demam tinggi, orang tua seringkali dibikin pusing. Demam adalah mekanisme alami dari tubuh yang sedang melawan infeksi. Oleh sebab itu, tidak semua jenis demam yang terjadi pada anak perlu diobati. Hanya saja, demam tinggi seringkali membuat anak merasa tidak nyaman. Tidak hanya itu, suhu panas yang tinggi juga berisiko membuat anak dehidrasi.


Demam yang terjadi pada anak merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuhnya sedang bertugas memerangi flu ataupun infeksi lain. Demam merupakan perintah dari otak untuk meningkatkan suhu tubuh untuk mengarahkan sel-sel darah putih untuk melawan bakteri dan virus yang mengganggu tubuh.

Suhu tubuh yang mencapai lebih dari 37,5 derajat celcius umumnya sudah dianggap demam. Suhu tubuh yang tinggi tersebut secara alami akan menjadikan virus dan bakteri sulit untuk menebarkan infeksi karena bakteri dan virus akan sulit bertahan hidup di suhu tersebut.

Demam tinggi pada anak dapat diakibatkan berbagai macam penyakit diantaranya adalah roseola, flu, radang amandel, infeksi telinga, infeksi ginjal maupun infeksi saluran kemih (ISK), infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), serta penyakit anak seperti batuk rejan dan cacar air. Jika digolongkan berdasarkan kuman penyebarnya, penyebab anak demam tinggi biasanya disebabkan bakteri.

Bakteri dapat menginfeksi tubuh serta menyebabkan anak mengalami demam. Hanya saja, penyakit yang menjadi penyebab munculnya demam yang disebabkan infeksi bakteri lebih jarang ditemui dibandingkan dengan penyakit yang disebabkan virus. Beberapa penyakit tersebut bersifat serius seperti infeksi ginjal, pneumonia, infeksi saluran kemih, meningitis, dan septikemia.

Selain bakteri, ada juga penyakit yang disebabkan virus yang membuat anak mengalami demam tinggi misalnya batuk, diare, dan pilek. Terkadang, infeksi virus ini bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Lalu bagaimana cara mengatasi demam tinggi pada anak?

Dalam mengatasi anak yang sedang demam, sangat penting untuk menyediakan air minum secukupnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar tubuh anak terhidrasi dengan baik. Jika anak yang demam masih bayi, upaya rehidrasi dapat dilakukan dengan memberikan banyak susu formula atau ASI. Pemberian cairan tersebut tidak perlu menunggu anak haus dulu.

Selain untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, anak demam tinggi pun perlu lingkungan yang mendukung. Upayakan suhu ruangan tetap sejuk sehingga anak merasa nyaman. Untuk menciptakan kondisi seperti itu, selimuti anak dengan kain tipis dan buka jendela kamar supaya peredaran udara lebih lancar dan suhu ruangan terasa lebih sejuk.

Meski mereka sedang demam, upayakan agar tetap berpakaian seperti biasa. Membungkus anak dengan pakaian tebal adalah asumsi yang salah. Mengkompres pakai air dingin pun sebaiknya tidak dilakukan. Perbaiki pola makannya dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Jum'at, 18 November 2016 13:39:07

Related Post :
Manfaat
Khasiat dan Manfaat Buah…

harga buah delima yang…

Kesehatan
Jenis Tes Kesehatan Yang…

Jenis tes kesehatan yang…

Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan…

Hydrocortisone adalah salah satu…

Kesehatan
Penyebab Dan Cara Menghilangkan…

Penyebab dan cara menghilangkan…

Obat Kimia
Pilihan Obat Rematik yang…

Pilihan obat rematik yang…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Yogurt…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Benarkah Tisu Basah Berbahaya Bagi Kulit Bayi?

Benarkah tisu basah berbahaya bagi…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit Pada Bayi

Belajar mengenali gejala sakit pada…

Ibu Dan Anak
Penyebab Umum Bayi Menangis dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar orangtua, terutama orangtua…

Kirim Pertanyaan
Top