Kesalahan Umum saat Menyikat Gigi yang Harus Dihindari

Share dan Tag Temanmu di :

Menyikat gigi 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur merupakan hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Tidak hanya itu, menyikat gigi juga bertujuan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan serta plak dan juga membuat nafas menjadi lebih segar.


Ternyata meskipun dilakukan secara rutin, masih banyak orang yang melakukannya dengan cara yang salah, sehingga masalah kesehatan pada gigi tetap saja terjadi. Masih ada sejumlah sesalahan umum yang masih banyak dilakukan ketika menyikat gigi.

Berikut ini kami jelaskan mengenai kesalahan umum saat menyikat gigi yang harus dihindari :

Pemilihan sikat gigi

Ada beragam bentuk sikat dan bulu sikat gigi yang bisa Anda pilih. Masing-masing jenis memiliki keunggulan dan manfaatnya tergantung dari kontur gigi dan masalah yang dihadapi. Dari semua itu, pastikan untuk memilih sikat gigi yang lembut atau ultrasoft untuk meminimalkan kerusakan. Jika cara menyikat yang dilakukan salah, sikat gigi yang lembut sekalipun dapat menyebabkan kerusakan, terlebih lagi jika menggunakan sikat gigi yang keras dan kaku.

Pasta gigi salah

Selain memperhatikan sikat gigi yang akan digunakan, Anda juga harus memperhatikan pemilihan pasta gigi yang tepat pula. Setiap pasta gigi memiliki manfaat masing-masing dan tentunya diperuntukkan untuk menghadapi beragam tipe gigi dan masalah yang dialami.

Pasta gigi untuk anak-anak tentu kurang tepat digunakan oleh orang dewasa, begitu juga sebaliknya. Pastikan untuk memilih pasta gigi yang sesuai dengan kesehatan gigi dan mulut Anda.

Menyikat terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras itu berbahaya, karena dapat menyebabkan abstraksi gigi (kerusakan enamel pada bagian leher gigi), resesi gusi, gusi sensitif dan iritasi. Segera ubah kebiasaan ini untuk mendapatkan gigi yang kuat, sehat, serta bersih.

Teknik menyikat yang salah

Ketika Anda menyikat gigi secara terus menerus dengan arah horizontal dari kiri ke kanan atau sebaliknya, maka gigi akan lebih mudah rapuh. Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara meyikat gigi yang tepat, yaitu dari arah gusi ke gigi untuk  bagian depan, gerakan meutas untuk bagian belakang luar, gerakan maju mundur untuk bagian permukaan kunyah gigi, gerakan mencungkil untuk permukaan dalam gigi. Juga pastikan seluruh permukaan tersikat. Jangan lupa untuk menyikat lidah, karena plak juga berkumpul pada area tersebut. Sikatlah gigi minimal selama 2 menit.

Rawat sikat gigi

sikat gigi merupakan tempat yang nyaman bagi kuman. Maka dari itu, Anda harus mengganti sikat gigi secara rutin setiap 3 bulan sekali atau jika bulu terlihat telah usang atau rusak. Bilas sikat dengan air panas setelah digunakan dan biarkan hingga benar-benar kering.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 18 November 2016 14:52:36

Related Post :
Penyakit
Jangan Sampai Terkecoh! Ini…

Mengenal 7 penyakit yang…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Faktor…

Berikut ini merupakan beberapa…

Tips
Cara Alami Menghilangkan Bopeng…

Jerawat di wajah seringkali…

Penyakit
Diagnosis Lyme Disease Serta…

Berikut ini merupakan informasi…

Kesehatan
Hindari Makanan Ini saat…

Ketika mengalami gangguan pencernaan,…

Manfaat
Kebaikan yang Bisa Didapat…

Jeruk merupakan salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Langkah-langkah Pencegahan Kanker Ovarium

Karena penyebab secara pastinya belum…

Kesehatan
Barang-Barang Berikut Bisa Jadi Agen Penyebar Kuman

Berbagai barang-barang bisa menjadi agen…

Kesehatan
Komplikasi dan Cara Mencegah Penyakit Infeksi Paru

Meskipun dapat diobati, namun terdapat…

Kirim Pertanyaan
Top