Tips Cara Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Share dan Tag Temanmu di :

Melahirkan bisa menjadi proses yang menyakitkan bahkan bisa mengancam nyawa. Namun sebenarnya terdapat cara supaya ibu hamil dapat melahirkan dengan normal tanpa sakit. Demi dapat melaluinya, sangat penting untuk mengetahui berbagai macam metode alternatif serta obat-obatan untuk meminimalisir ketidaknyamanan dalam proses melahirkan.


Terdapat berbagai obat dan metode yang bisa dipakai untuk membantu ibu hamil melahirkan dengan normal tanpa rasa sakit. Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan penanganan yang tepat selama menjalani persalinan.

Penggunaan obat-obatan dalam melancarkan persalinan boleh saja dilakukan selama di bawah pengawasan dokter yang bersangkutan. Berikut jenis obat serta metode bersalin yang bisa diterapkan. Obat bius bisa dipakai untuk meredakan rasa sakit. Obat bius disuntikkan ke otot atau pembuluh darah. Rasa sakit memang tidak hilang, hanya saja menjadi berkurang. Tidak hanya untuk persalinan normal, obat bius juga bisa dipakai untuk persalinan Caesar.

Obat bius yang umum dipakai ada tiga macam yaitu obat bius lokal yang berguna meredakan sakit pada vagina maupun sekitar vagina dan biasanya diberikan untuk mengurangi rasa sakit jika daerah vagina harus dijahit. Namun metode tersebut tidak bisa mengurangi rasa nyeri selama persalinan berlangsung.

Obat bius regional bisa dipakai untuk mengurangi sakit ketika bersalin. Obat bius regional atau epidural ini diberikan lewat suntikan pada daerah punggung. Masa aktifnya adalah sekitar 10 sampai 20 menit setelah disuntikkan, namun bisa bekerja selama yang diperlukan karena obat ini bisa diberikan lewat kateter epidural.

Anestesi spinal mempunyai prosedur yang sama dengan obat bius regional. Namun anestesi spinal bisa bekerja lebih cepat serta memerlukan obat yang lebih sedikit dibandingkan dengan epidural. Obat ini disuntikkan kelapisan yang sumsum tulang belakang. Setelah disuntikkan, obat ini bisa bertahan sampai dengan 2,5 jam.

Sedangkan obat bius total akan membuat Anda tertidur selama persalinan. Namun anestesi ini jarang dipakai karena membuat ibu tidak bisa melihat bayinya langsung setelah dilahirkan. Obat bius tersebut hanya dipakai di awal proses persalinan untuk membantu Anda menyimpan energi. Selain itu, ada pula suntikan petidin yakni pereda sakit pada otot paha atau pantat.

Agar melahirkan normal tidak sakit, ada pula persalinan dalam air atau water birth serta hypno birthing, teknik agar ibu tetap tenang serta mempunyai control ketika bersalin dalam situasi seburuk apapun. Selain mengetahui hal-hal tersebut, yang tidak kalah penting adalah mengajak kerabat seperti suami atau ibu untuk menemani Anda selama persalinan.

By Rizka Ardiana - Tips Sabtu, 19 November 2016 08:28:08

Related Post :
Kesehatan
Penyebab dan Cara Mencegah…

Meskipun tidak memiliki riwayat…

Kesehatan
Bahaya Menggunakan Headset Bagi…

Penggunaan headset atau headphone…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Untuk…

Tak hanya air. Sayur,…

Kulit
Wajib Tahu! Bahan Alami…

Apakah Anda sedang mencari…

Penyakit
Mengenali Penyebab Paratifus Serta…

Tahukah anda apa itu…

Ibu Dan Anak
Hati-Hati! Ini Dia Faktor…

Hati-hati! ini dia berbagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Tepat Melakukan Tes HIV/AIDS

Cara tepat melakukan tes HIV/AIDS…

Tips
Tips
Tips Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Kulit berminyak sering tampak mengkilap…

Kirim Pertanyaan
Top