Khasiat Manfaat Daun Adas Dan Buahnya Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun adas tentunya sudah tidak asing lagi untuk di dengar bagi sebagian orang. Tanaman adas sendiri merupakan salah satu dari banyaknya tanaman obat herbal yang juga sering kali di gunakan sebagai bumbu masak dan sayuran. Tanaman ini dapat di tanam di halaman rumah dan berfungsi sebagai TOGA (Tanaman obat keluarga), seperti halnya jahe merah, dan TOGA lainnya. Selain dari pada itu, anda juga dapat menjumpainya pada tukang jamu. Mengapa? karena tanaman ini sering kali di racik menjadi jamu dan di percayai memiliki banyak kandungan zat yang sangat baik bagi kesehatan. Dan tak hanya daun, umumnya seluruh dari bagian tanaman ini termasuk buahnya pun sering kali di manfaatkan sebagai pengobatan herbal.


Namun, bagi anda yang belum tahu sama sekali mengenai tanaman adas ini, Anda tak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan informasi menarik seputar khasiat manfaat daun adas dan bijinya secara lengkap dan menyeluruh bagi kesehatan. Disini pula anda bisa mengetahui bagaimana ciri-ciri tanaman adas, yang meliputi batang, daun, bunga dan juga buahnya.

Ciri-ciri tanaman adas

Tanaman adas memiliki nama latin foiniculum vulgare dengan ordo apiales serta masih termasuk familia Apiaceae. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan dan juga Asia. Dan karena di percaya memiliki khasiat yang begitu besar bagi kesehatan, tanaman yang menjadi salah satu bahan baku pembuatan minyak telon ini kemudian banyak di tanam dan di budayakan di berbagai negara seperti India, Argentina, Eropa, Jepang dan termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, tanaman ini sangat cocok di tanam pada daerah dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

Beberapa orang sering kali menyebut tanaman ini dengan sebutan adas pulosari dan juga adas pulowarasa. Sedangkan nama lain adas di beberapa negara termasuk di beberapa daerah di Indonesia adalah: Hsiou hui (China), jintan manis (malaysia) Fennel (inggris), adeh, manih (Aceh), hades (Sunda), adas londa (Jawa) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun dari ciri-ciri tanaman ini adalah sebagai berikut:

Batang: Memiliki 5-4 buah batang, dengan warna batang hijau agak kebiruan. Batang memiliki alur serta berlubang, serta memiliki bau wangi bila memar.


Daun : Letak daun berseling dan mAjemuk, daun menyirip ganda dua dengan posisi sirip-sirip yang letaknya menyempit berbentuk jarum, mempunyai bentuk runcing pada ujung dan pangkalnya. Memiliki panjang kira-kira 30-50 cm, lebar daun 5-7 cm dan berwarna hijau muda.


Bunga: Berbentuk payung majemuk dengan diameter berkisar 5-15 cm, panjang gagang bunga 2-5 mm, kelopak bunga berbentuk tabung berwarna hijau, mahkota bunga berwarna kuning serta tumbuh keluar dari ujung batang.


Buah: Berbentuk biji kering dan lonjong, berusuk dengan panjang 6-10 mm dengan lebat 3-4 mm. Buah adas umumnya berwarna hijau untuk yang muda, dan coklat untuk biuah yang sudah tua. Dan untuk buah yang matang memiliki rasa yang manis dan aroma yang kuat seperti kamfer.


Inilah khasiat manfaat daun adas dan buahnya bagi kesehatan tubuh

Kegunaan dan khasiat daun adas bagi kesehatan sangatlah banyak. Begitu juga dengan buahnya memiliki manfaat yang tak kalah istimewa dengan daunnya.

Manfaat daun adas bagi kesehatan dan tubuh:

  • Mengobati batuk.
  • Mengatasi ganguan perut yang terasa kembung dan kolik.
  • Meningkatkan daya penglihatan.
  • Manfaat daun adas untuk payudara.
  • Memperbesar penis.

Manfaat buah adas bagi kesehatan:

  • Mengobati sakit perut, perut kembung, perasaan penuh pada lambung, mual, ingin muntah dan diare.
  • Mengobati sakit kuning dan meningkatkan nafsu makan.
  • Meningkatkan produksi ASI.
  • Mengatasi masalah susah tidur atau insomnia.
  • Mengobati buah dzakar yang turun.
  • Mengobati batuk berdahak dan mengatasi penyakit sesak napas atau asma.
  • Mengatasi usus turun hinga lipat paha (hernia inguinalis).
  • Meredakan pembengkakan pada saluran sperma.
  • Mengurangi rasa sakit dan menghancurkan batu empedu secara alami.
  • Mengatasi penyakit rematik.

Apa yang melatarbelakangi tanaman adas memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan?

Hal itu di sebabkan karena berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya baik terdapat pada tanaman, daun, bunga maupun buahnya. Adapun kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman adas adalah seperti 50-60% anetol, minyak asiri (oleum foeniculli) 1-6%, 20% fenkon, felandren, metilchavikol. pinen, limonen, dipenten, anisaldehid, asam anisat, Vitamin B6, C dan E, serta 12% minyak lemak. Dan karena tanaman ini memiliki kandungan anetol maka menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang begitu khas yang bersifat karminatif.

Selain itu, masih terdapat kandungan lainnya yang diantaranya adalah bergapten (terkandung dalam akar), stigmasterin atau serposterin (terkandung dalam akar dan biji), serta fennel oil atau minyak adas yang di hasilkan dari adas sendiri.

Sedangkan sifat kimiawi dan efek farmalogi yang di miliki oleh adas adalah sebagai berikut:

  • Kamfeina/tonik (terdapat dalam buah), yang mana dapat merangsang timbulnya kejang.
  • Limonena (terdapat dalam buah ), dapat mengahambat jamur candida albican penyebab keputihan, merangsang peristaltik, menambah daya tahan tubuh, obat flu, anti kholinestrasi.
  • 1,8 sineol (terdapat dalam seluruh bagian tanaman), mengatasi ejakulasi dini, meragsang ereksi, anestesi, merangsang keringat, penguat hepar, perangsang saraf pusat.
  • Argirin (terdapat dalam buah), untuk suntik mencegah mandul, memperkuat daya hidup sperma.
  • B-sitosterol (terdapat dalam buah ), merangsang keluarnya hormon androgen, menghambat keluarnya hormon estrogen, melemahkan potensi sperma, bahan baku steroid.
  • Dianethole (terdapat dalam buah), dapat merangsang keluarnya hormon estrogen.
  • Rutin (terdapat dalam buah), dapat merangsang semangat, mencegah penuaan dini, menghambat keluarnya enzim aldose-deduktase, lipoksi genase.
  • Stigmasterol (terdapat dalam buah), dapat mereangsang hormon estrogen, merangsang terjadinya ovulasi, menjadi bahan baku hormon steroid dan menjadi antihepatotoksit.

Cara meramu dan mengolah adas untuk mengobati berbagai penyakit

Selain mengatahui ciri-ciri tanaman adas dan manfaatnya bagi kesehatan, anda juga dapat mengetahui bagaimana cara mengolah adas secara umum, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara memanfaatkan adas untuk ramuan minum:
- Cara I: Siapkan buah adas sebanyak 3-9 gram. Rebus dan setelah mendidih angkat. Saring dan minum selagi hangat.
- Cara ke II: Giling buah adas hingga halus dan seduh dengan ai panas. Setelah dingin anda dapat meminumnya.
- Cara ketika: Makan daun adas sebagai sayuran atau di rebus lalu airnya minum.

Cara memanfaatkan adas untuk ramuan luar:
- Buah adas  kering di giling hingga halus, kemudian tempelkan pada luka sariawan, gigi yang sakit dan luka.
- Gunakan minyak adas untuk menggosok tubuh anak yang mengalami masuk angin.

Selain itu, anda juga dapat meramu obat tradisional untuk mengobati batuk, sesak napas dan batu empedu dengan dengan menggunakan adas.

Batuk
Siapkan 5 g serbuk buah adas dan seduh dengan 1/2 air panas. Setelah dingin saring dan tambahkan 1 sendok madu, aduk sampai merat dan minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.

Sesak napas
Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes dan seduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

Batu empedu
Siapkan 5 g serbuk adas, seduh menggunakan 1 cangkir air panas. Minum 3 kali sehari.

Menurut Pudjiastuti, Lucie W dan Wien Winarno (1998), yang melalukan uji praklinis seputara tanaman adas menyatakan bahwa pemberian infus adas dengan dosisi 0,3 mg dan 30 mg/10 g BB pada mencit dapat menyebabakan perpanjangan waktu tidur yang di timbulkan oleh fanobarbital (salah satu kandungan adas), dalam arti adas memiliki efek sebagai obat tidur alami. Namun, Anda juga sangat tidak di sarankan memanfaatkan adas dalam dosis yang besar atau melebih dari dosisi yang telah di informasikan sebelumnya karena dapat menybabakan sering kentut dan juga bersendawa.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat manfaat daun adas dan buahnya bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat khususnya dapat menambah wawasan anda seputar tanaman hebal di sekitar anda.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 19 November 2016 14:42:10

Related Post :
Tips
Perut Kembung saat Menstruasi?…

Selain kram perut, perut…

Penyakit Telinga
Mengenal Penyakit Meniere Dan…

Tahukah anda apa penyakit…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Makanan yang tidak boleh…

Kesehatan
Fakta Dan Anggapan Umum…

Meski saat ini makanan…

Kesehatan
Pilihan Sumber Karbohidrat Selain…

Meskipun termasuk makanan pokok…

Kesehatan
4 Jenis Makanan Ini…

Menjaga pola makan merupakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jukut Pendul Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top