Gejala dan Pemeriksaan Mata Ikan

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala dan Pemeriksaan Mata Ikan

Clavus atau dikenal dengan mata ikan adalah penebalan pada bagian kulit yang disebabkan karena adanya tekanan atau gesekan secara berulang kali yang biasanya terjadi pada telapak kaki. Misalnya karena pemakaian sepatu yang tidak nyaman dan longgar sehingga menimbulkan gesekan pada permukaan kulit. Clavus atau mata ikan ini pada umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan memiliki bagian tengah yang keras atau dikenal dengan istilah keratin. Dalam hal ini Anda harus bisa membedakan mana yang disebut kapalan dan mata ikan.


Agar dapat mengetahuinya, berikut gejala-gejala mata ikan yang bisa Anda deteksi sendiri. 

  • Adanya area kulit yang mengalami penebalan dan mengeras. Namun, area penebalan tersebut biasanya berukuran lebih kecil jika dibandingkan kapalan. Kapalan cenderung memiliki ukuran yang lebih lebar. 
  • Di bagian tengah area kulit yang mengalami penebalan, muncul benjolan yang keras seperti biji kacang hijau. Namun ada juga yang benjolannya tidak keras, melainkan lunak (berisi cairan bening atau nanah). Pada kapalan tidak terdapat benjolan ditengah atau keratin namun penebalan kulit terjadi secara merata. 
  • Area kulit mengalami pembengkakan dan menimbulkan nyeri, pada kapalan jarang menimbulkan rasa nyeri akibat peradangan hanya terasa menebal saja pada permukaan kulit. 
  • Area kulit menjadi kering bahkan bersisik. Gejala ini hampir sama terjadi pada mata ikan ataupun kapalan, namun pada mata ikan ada juga yang justru kulit menjadi berminyak.

Dengan melihat dari gejala-gejala yang muncul Anda dapat mengetahui apakah yang Anda alami adalah mata ikan atau kapalan. Jika gejala-gejala mata ikan yang muncul, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter. Dalam proses pemeriksaan secara medis biasanya ada yang melakukannya secara fisik namun ada juga yang menggunakan dengan bantuan sinar X. 

Sinar X ini membantu untuk melihat bagaimana kondisi yang sebenarnya terjadi pada area kulit yang mengalami penebalan. Setelah pemeriksaan tersebut, barulah pihak medis dapat menentukan pengobatan apa yang sebaiknya dilakukan pada penderita mata ikan. Jangan pernah menganggap sepele mata ikan, apalagi mencoba mengobati dengan cara sendiri tanpa dikonsultasikan dengan pihakmedis. Jika dibiarkan akan semakin parah. 

Mata ikan yang terjadi pada telapak kaki akan merubah cara berjalan seseorang karena adanya tekanan yang menimbulkan rasa nyeri. Jika kondisinya sudah parah, Anda harus memakai alat bantu untuk berjalan sebagai penyangga pada kaki.

By Ana Rediana - Kulit Sabtu, 19 November 2016 15:34:30

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Jitu Hentikan Bayi…

Ibu tidak perlu khawatir…

Daun
Manfaat Daun Talas Untuk…

Selain di jadikan pakan…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Polip…

Informari tentang jenis-jenis polip…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan…

Penyebab dan gejala gondongan…

Manfaat
Manfaat Toge Selain untuk…

Toge merupakan sebagai salah…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
5 Langkah Sederhana Untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

Terdapat 10 langkah sederhana yang…

Kulit
6 Hal Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

Kebiasan buruk yang harus dihindari…

Kulit
Kirim Pertanyaan
Top