Manfaat Berenang Pada Masa Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Berenang Pada Masa Kehamilan 

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentu tidak cukup hanya dengan memberikan asupan yang bergizi pada tubuh. Namun juga harus diimbagin dengan kegiatan olahraga. Olahraga sangat diperlukan oleh setiap orang, tak terkecuali wanita yang sedang hamil. Masa kehamilan adalah masa yang paling mengkhawatirkan dimana sering kali para wanita mengurangi segala macam aktivitasnya dengan tujuan untuk menimimalisir kelelahan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Olahraga terkadang dianggap sebagai aktivitas yang akan banyak menguras energi hingga menimbulkan kelelahan. Tapi ketahuilah, pemikiran seperti itu tidaklah secara mutlak benar. Wanita yang sedang hamil sebaiknya tidak terlalu khawatir asal menyiasatinya dengan cermat. Seperti dengan memilih jenis olahraga yang memiliki resiko cedera yang minim.  Semua jenis latihan aerobik sangat direkomendasikan bagi wanita hamil seperti senam aerobik, jogging, berjalan, dan berenang. Semua jenis olahraga aerobik ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan janin di kandungannya.


Dari beberapa jenis olahraga aerobik tersebut, berenang dianggap sebagai jenis olahraga yang paling cocok bagi wanita yang sedang hamil. Pasalnya, berenang memiliki tingkat resiko cedera yang sangat minim dengan tidak adanya resiko bisa terjatuh yang dapat menghantam perut atau melukai janin. Namun, meski minim resiko tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Selain minim resiko, inilah alasan kenapa berenang sangat direkomendasikan bagi wanita hamil :

1. Olahraga berenang memungkinkan hampir semua anggota tubuh dapat bergerak secara bebas tanpa menekan sendi. Hal ini disebabkan karena adanya daya apung air sehingga badan tidak terasa berat dan tidak merasa terbebani. Dengan demikian tidak akan menimbulkan kelelahan fisik yang berlelebih.

2. Berenang bermanfaat untuk melemaskan otot-otot yang tegang terutama otot yang tegang pada bagian punggung. Pada masa kehamilan, bentuk tubuh seorang wanita mengalami perubahan dimana perut semakin membesar, bahu dan tulang belakang bergerak kedepan, dan panggul berubah dari bentuk idealnya. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya beban pada tulang punggung dan menyebabkan ketegangan. Nah, dengan berenang ketegangan yang terjadi pada otot punggung akan kembali lemas. Selain otot punggung, berenang juga sangat baik untuk otot kaki dan lengan, sehingga dapat meredakan pembengkakan yang terjadi pada kaki dan lengan. 

3. Berenang dapat menjaga berat badan yang ideal. Kenaikan berat badan pada masa kehamilan merupakan sesuatu yang wajar. Namun, meski demikian kenaikan tersebut jangan dibiarkan begitu saja karena jika terlalu berlebih akan sangat beresiko bagi tubuh seorang wanita dan janin yang dikandungnya. 

By Ana Rediana - Ibu Hamil Senin, 21 November 2016 15:29:22

Related Post :
Daun
Mengenal Manfaat Daun Karuk…

Beragam manfaat dan khasiat…

Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak…

Ternyata ini penyebab haid…

Kesehatan
Olahraga untuk Usir Lemak…

Perut buncit atau naiknya…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
7 Makanan Sehat Bagi…

Untuk menghindari gejala naiknya…

Kesehatan
Makanan untuk Penderita Jantung…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Amankah Ibu Hamil Memelihara Kucing?

Amankah ibu hamil memelihara kucing?…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Gatal Perut Selama Kehamilan

Keluhan yang paling umum selama…

Kirim Pertanyaan
Top